How To

Cara Melakukan Konfigurasi Sharing Printer Melalui Jaringan di Windows

Biasanya sharing printer atau berbagi printer ini sering kamu temukan dalam sebuah perkantoran, dari beberapa komputer yang ada, cuma terdapat satu printer...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 16 views
Cara Mudah Melakukan Sharing Printer

Biasanya sharing printer atau berbagi printer ini sering kamu temukan dalam sebuah perkantoran, dari beberapa komputer yang ada, cuma terdapat satu printer saja, akan tetapi semua perangkat komputer tersebut bisa mengakses printer.

Cara Mudah Melakukan Sharing Printer
Cara Mudah Melakukan Sharing Printer

Hal ini juga bisa karena untuk lebih menghemat biaya. Bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika satu komputer harus memiliki printer masing-masing, sedangkan penggunaan komputer di kantor bisa mencapai puluhan dan bahkan ratusan untuk perusahaan besar. Jadi untuk lebih hematnya, kamu bisa gunakan fitur share printer ini untuk agar memudahkan dalam mengakses printer.

Pada artikel ini, kami berbagi cara share printer dengan menggunakan nirkabel, yakni memanfaatkan jaringan internet yang ada dalam kantor atau ruangan tersebut.

Tahapan Konfigurasi Sharing Printer Melalui Jaringan di Windows

#Tahapan Pertama

Untuk membuat konfigurasi sharing Printer adalah dengan melakukan setting pada pengaturan WiFi terlebih dahulu pada komputer yang terhubung langsung pada printer. Kamu perlu mengatur IP Address secara manual. Boleh saja kamu gunakan IP Address kelas C, misal 192.168.1.1 atau 192.168.1.xxx

Setting IP Address
Setting IP Address

Klik icon jaringan pada pojok kanan bawah => Open Network And Sharing Center. Kemudian pilih Change Adapter Settings => Klik kanan pada Wireless Network Connection.

#Tahapan Kedua

Masuk pada konfigurasi Printer. klik tombol Start => Devices and Printers. Pilih type Printer yang akan kamu sharing dengan user lain dengan cara Klik kanan pilih Printer Properties => Pilih pada tab Sharing, kemudian beri tanda centang pada Share this printer => OK.

Share This Printer
Share This Printer

#Troubleshooting

Bagaimana jika kamu menemukan Share this printer tersebut tidak bisa dicentang alias Disable, seperti pada gambar ini.

Troubleshooting Share Printer
Troubleshooting Share Printer

Silahkan kamu klik Change Sharing Options, jika muncul pop-up klik saja Yes, maka kamu akan bisa melakukan centang pada Share this printer tersebut.

Selamat mencoba, semoga berhasil ya!

2 Replies to “Cara Melakukan Konfigurasi Sharing Printer Melalui Jaringan di Windows”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.