How To

Cara Melakukan Transfer File dari Android ke macOS

Android dan macOS memang sistem operasi yang tidak bisa bersatu. Meskipun pengembangan aplikasi Android adalah hal yang mudah untuk OS desktop Apple,...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 5 views
Cara Transfer File Dari Android Ke MacOS

Android dan macOS memang sistem operasi yang tidak bisa bersatu. Meskipun pengembangan aplikasi Android adalah hal yang mudah untuk OS desktop Apple, situasinya jauh berbeda untuk transfer file sederhana.

Ternyata juga terdapat aplikasi Google yang bisa kamu lakukan untuk melakukan transfer dari Android. Akan tetapi program ini benar-benar ketinggalan zaman, rewel, dan rawan macet ketika Anda mentransfer banyak data pada satu waktu. Namun, Anda tidak perlu bergantung pada aplikasi Google tersebut untuk melakukan transfer file. Sekarang ini ada banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu memudahkan pemindahan file antara Android dan macOS dengan jauh lebih baik.

Cara Transfer File Dari Android Ke MacOS
Cara Transfer File Dari Android Ke MacOS

2 Cara Mudah Melakukan Transfer File dari Android ke macOS

#1 Menggunakan Kabel

Dalam hal membuat koneksi kabel dengan komputer, Android mengandalkan MTP (Media Transfer Protocol). Berbeda dengan exFAT, ini tentunya tidak akan memberi kendali penuh atas sistem file perangkat. Secara efektif mencegah Anda merusak partisi sistem dan file penting lainnya. Meskipun Windows dan macOS memiliki dukungan untuk MTP bawaan, hanya yang sebelumnya yang dapat memasang perangkat MTP secara asli. macOS umumnya harus bergantung pada perangkat lunak pihak ketiga untuk melakukannya.

Transfer File Menggunakan Kabel
Transfer File Menggunakan Kabel

Untuk melakukan ini sebaiknya menggunakan kabel yang disertakan dengan telepon Anda untuk memastikan kualitasnya tinggi dan tidak akan terputus selama proses. Saat Anda pertama kali mencolokkan kabel ke desktop dan ponsel Anda, pastikan Anda membuka bayangan pemberitahuan Android, cari pemberitahuan Sistem Android, dan ketuk untuk mengubah mode koneksi ke Transfer file / Android Auto. Bergantung pada ponsel dan versi Android Anda, Anda dapat memilih mode koneksi melalui pop-up saat Anda mencolokkan kabel.

#2 Menggunakan aplikasi OpenMTP

OpenMTP adalah aplikasi yang cukup baru dari pengembang yang frustrasi dengan alat Transfer File Android Google yang kurang jelas, aplikasi ini dirilis pada pertengahan tahun 2019. Ini memberi Anda tampilan dua panel dari file di perangkat Anda dan yang ada di ponsel Android Anda. Program ini mendukung seret dan lepas dan dilengkapi dengan pilihan pintasan keyboard, meskipun sayangnya, beberapa di antaranya tidak identik dengan yang ada di Finder.

Transfer File Menggunakan OpenMTP
Transfer File Menggunakan OpenMTP

Alat ini berfungsi dengan baik pada Google Pixel 3. Akan tetapi sebuah laporan mengungkapkan bahwa OpenMTP tidak mengenali beberapa perangkat sama sekali. Seperti alat transfer file Google, Anda juga tidak dapat menggunakannya untuk melihat atau mengedit file di ponsel Anda. Jadi Anda harus memindahkannya ke Mac terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.