How To

Cara Memainkan Game PC di Perangkat Android Menggunakan Aplikasi Parsec

Melalui aplikasi Parsec, Anda sekarang dapat memainkan Game PC di Android dengan mudah tanpa ribet. Karena tidak menutup kemungkinan seringkali Anda merasa...

Avatar Written by Zack Kamil · 3 min read > 23 views
Cara Memainkan Game PC Di Android

Melalui aplikasi Parsec, Anda sekarang dapat memainkan Game PC di Android dengan mudah tanpa ribet. Karena tidak menutup kemungkinan seringkali Anda merasa bosan jika harus selalu bermain game menggunakan PC. Salah satu hal yang menurut penulis kurang nyaman adalah harus selalu duduk di depan PC atau komputer Anda.

Cara Memainkan Game PC Di Android
Cara Memainkan Game PC Di Android

Sekarang Anda bisa, berkat Parsec memainkan game pada PC Anda secara langsung melalui ponsel Android. Cara ini sama saja dengan melakukan streaming game dari PC atau laptop ke perangkat Android Anda. Sehingga Anda lebih mudah dalam memainkan tanpa perlu duduk fokus pada depan komputer Anda yang membosankan.

Nah, dalam artikel ini penulis akan menjelaskan cara memainkan game PC melalui ponsel Android dengan menggunakan aplikasi Parsec. Namun sebelum itu, ada hal-hal penting yang perlu Anda lakukan untuk bisa menyambungkan antara PC dengan ponsel Android Anda.

Game PC Cenderung Lebih Baik Dari Game Ponsel Android

Dengan pilihan game yang lebih banyak dan lebih menarik, dan judul AAA terbaru, game PC nampaknya tetap selalu eksis hingga sekarang ini. Sebagus apapun bermain game ponsel Android, nampaknya tidak sebanding dengan bermain game melalui PC, baik pada Windows, macOS, dan bahkan Linux.

Kami sebelumnya telah melihat bagaimana Anda dapat bermain game menggunakan ponsel Android menggunakan aplikasi Steam Link. Namun, solusi itu terbatas pada game Steam saja. Lantas Bagaimana jika Anda menggunakan layanan distribusi digital alternatif, atau memiliki game yang telah Anda instal dari disk PC Anda?

Jawabannya adalah melakukan streaming game dari PC ke Android Anda dengan memanfaatkan aplikasi Parsec. Nah, sebelum Anda memulai, kunjungi situs web Parsec untuk mengunduh aplikasi server PC. Ini tersedia untuk Windows, macOS, dan Linux.

Cara Mengatur Parsec untuk Memainkan Game PC Pada Ponsel Android

Menyiapkan Parsec pada perangkat Android dan PC Anda tentunya sangatlah mudah. Dan bahkan Anda dapat melakukan streaming game pada 60 FPS. Akan tetapi, Anda perlu menyiapkan perangkat Android, PC, dan jaringan Anda sebelum memulai hal tersebut.

Anda Dapat Menggunakan Gamepad (Controller) yang Kompatibel dengan Android Anda

Untuk hasil terbaik bermain game PC pada perangkat Android, Anda memerlukan pengontrol game yang kompatibel dengan perangkat Anda. Beberapa perangkat tersebut tersedia banyak di pasaran. Namun, penulis menemukan hasil terbaik untuk beberapa pengguna dengan pengontrol USB menggunakan koneksi USB OTG pada ponsel Android.

Melakukan Konfigurasi Jaringan

Meskipun nyaman, menjalankan game PC pada ponsel Android tidak dapat Anda lakukan hanya melalui Wi-Fi. Sebagai gantinya, Anda harus memastikan PC Anda terhubung ke router melalui Ethernet. Ini mungkin tidak langsung praktis tetapi akan memastikan koneksi yang handal.

Jika tidak ada cara untuk melakukannya, maka alternatifnya adalah menggunakan pita 5GHz pada router Anda. Namun, jika kedua perangkat terhubung pada 5GHz, maka PC dan perangkat Android harus tetap berada dalam ruangan yang sama (atau dekat) dengan router. Dinding melemahkan sinyal 5GHz.

Buat Akun Parsec

Tahap selanjutnya adalah membuat akun Parsec Anda terlebih dahulu. Anda akan mendapatkan opsi untuk melakukan ini saat pertama kali membuka aplikasi Parsec server pada PC Anda. Akun ini memungkinkan Anda mengelola perangkat apa pun yang telah Anda instal Parsec, mengubah pengaturan, dan bahkan menyelenggarakan pesta game multipemain jarak jauh.

Simpan detailnya, karena Anda akan membutuhkannya untuk masuk ke Parsec melalui ponsel Android Anda.

Menyiapkan Parsec Pada Ponsel Android

Selanjutnya, Download dan Instal aplikasi Parsec dari Play Store. Setelah menginstal, buka aplikasi dan masuk. Sebelum melanjutkan, pastikan perangkat Android Anda terhubung ke jaringan yang sama dengan PC Anda.

Download: Parsec untuk Android (Gratis)

Sebagian besar konfigurasi untuk Parsec dapat Anda lakukan pada PC Anda. Namun, Anda dapat mengubah pengaturan Klien dan Jaringan pada klien Android. Akses ini dengan mengetuk tombol menu hamburger, lalu logo roda Pengaturan.

Konfigurasi Aplikasi Parsec
Konfigurasi Aplikasi Parsec

Pada Klien, Anda dapat mengaktifkan apakah tombol Parsec Overlay ditampilkan atau tidak. Ini memberi Anda akses cepat ke klien Parsec saat terhubung ke PC Anda. Pada tab Jaringan, sementara itu, Anda dapat menentukan Port Klien (biarkan kosong untuk membiarkan Parsec memilihnya sendiri). Gunakan UPnP untuk mengkonfigurasi router dan mengarahkan lalu lintas ke Parsec pada perangkat Android Anda.

Konfigurasikan Parsec untuk Gaming

Pada PC Anda, buka aplikasi server Parsec dan pilih Pengaturan => Host untuk mengonfigurasi pengaturan dasar. Dari sini, Anda akan menemukan opsi untuk Bandwidth dan Resolution, keduanya berguna untuk meningkatkan kualitas streaming. Ini juga dapat Anda sesuaikan pada aplikasi Android Anda selama streaming.

Juga, buka tampilan Klien untuk memeriksa opsi Mode Renderer, Vsync, dan Decoder. Untuk hasil terbaik, setel Vsync ke On, dan jika Anda menggunakan Windows, setel Renderer ke DirectX. Decoder harus Dipercepat (atau kartu grafis diskrit Anda) untuk mengurangi latensi. Perhatikan bahwa PC lama tidak akan mendukung opsi ini.

Perhatikan bahwa Parsec tidak hanya memfasilitasi bermain game PC pada Android. Itu juga dapat mengatur PC Anda sebagai tuan rumah pesta jaringan, memungkinkan Anda menghubungkan teman-teman Anda untuk kesenangan multipemain.

Jika Anda tertarik, Anda dapat melakukannya melalui Pengaturan => Hosting => Aktifkan Hosting lalu opsi Buat Pesta atau Main dengan orang lain. Ikuti penyiapan hingga selesai.

Mainkan Game PC Apa Saja Menggunakan Ponsel Android

Memainkan game PC pada ponsel atau tablet Android Anda sangatlah mudah. Cukup luncurkan game pada PC Anda, lalu buka aplikasi Parsec pada ponsel Android dan klik Play. Pengontrol Android yang terhubung akan mengambil alih kendali permainan. Anda sekarang akan dapat bermain game PC menggunakan perangkat Android Anda!

Selain itu, Anda juga dapat membaca bagaimana cara memainkan Game Android menggunakan PC.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.