Cara Memaksimalkan RAM dan Memori Internal Perangkat Android

Memaksimalkan Memori Internal dan kerja RAM perangkat android perlu dilakukan. Meski saat ini smartphone android dibekali dengan RAM besar dan penyimpanan internal yang juga besar seakan tidak cukup. Karena aplikasi saat ini juga membutuhkan space yang besar. Ditambah lagi perangkat android saat ini dibekali dengan kamera yang memiliki resolusi yang besar sehingga hasil jepretan kamera dan video juga besar.

Salah satu hal yang sering dilakukan untuk mempertahankan space penyimpanan internal adalah dengan menghapus file-file yang sudah tidak kita perlukan, seperti video, file unduhan, history chat WA, foto-foto yang sudah kita cetak, dan menghapus beberapa aplikasi yang tidak kita pernah buka lagi.

Namun cara ini memerlukan waktu yang lama, karena kita harus memilah dan memilih satu persatu file yang ingin kita buang. Kalo ada yang mudah mengapa harus menggunakan cara yang sulit, begitu kira-kira kalimat yang pas untuk saya katakan.

Cara yang mudah untuk dilakukan untuk membersihkan, menambah space memory internal, dan meningkatkan kinerja RAM adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kali ini kami merekomendasikan aplikasi CCleaner. Aplikasi ini sebenarnya bukan aplikasi baru. Bagi yang pernah otak-atik komputer pasti mengenal aplikasi ini.

Apa yang bisa dilakukan dengan CCleaner?

Anda bisa melakukan pembersihan memory internal dengan cepat sehingga kinerja perangkat android anda lebih wuzz, dan juga media penyimpanan internal akan lebih meningkat. Selain itu, anda dapat mematikan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan dibackground yang akan membuat perangkat android anda tidak lemot lagi.

Cara Menggunakan CCleaner

Untuk menggunakan aplikasi ini tidaklah sulit, silahkan download aplikasinya Google Playstore. Anda tingga pilih apa yang ingin anda lakukan, membersihkan storage atau RAM. Anda tinggal tap pada opsi “STORAGE” atau “RAM”. Ikut langkah-langkah dibawah ini:

Cara Membersihkan Storage dengan CCleaner

CCleaner
  1. Download dan install aplikasi CCleaner, klik disini.
  2. Setelah install, silahkan jalankan aplikasinya.
  3. Tap pada menu “STORAGE”.
  4. Dilayar akan tampil beberapa opsi untuk membersihkan STORAGE, diantaranya: Applications, Pictures, Video, Audio, dan Files. Silahkan anda tap untuk membersihkan file-file yang tidak dibutuhkan

Cara Meningkatkan Kinerja RAM dengan CCleaner

CCleaner 03
  1. Jalankan aplikasi CCleaner.
  2. Tap pada menu “RAM“.
  3. Dilayar akan tampil aplikasi apa saja yang sedang jalan (menggunakan RAM).
  4. Tap menu “KILL xx APPS” untuk membersihkan RAM.

Nah demikian cara mudah untuk meningkatkan kinerja smartphone atau perangkat android anda yang sudah mulai lemot, apalagi selalu muncul ruang penyimpanan hampir penuh, tentu sangat membosankan. Semoga bermanfaat!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.