How To

Cara Mematikan Google Assistant Saat Menekan Tombol Power di Android

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mematikan Google Assistant pada ponsel Android. Namun dalam kesempatan ini penulis akan memberikan cara untuk...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 4 views
Cara Mudah Mematikan Google Assistant

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mematikan Google Assistant pada ponsel Android. Namun dalam kesempatan ini penulis akan memberikan cara untuk menonaktifkan Google Assistant saat Anda sedang menekan tombol power.

Cara Mudah Mematikan Google Assistant
Cara Mudah Mematikan Google Assistant

image source

Sebelumnya Anda juga mungkin sudah tau atau malah sudah pernah merasakan saat menekan tombol power lebih lama akan membuka Google Assistant. Hal ini terjadi karena kemungkinan secara default ponsel Anda sudah mengatur tombol power sebagai salah satu cara untuk membuka Google Assistant. Namun Anda tidak perlu khawatir, jika Anda menganggap ini sebagai suatu masalah, maka Anda perlu mematikannya.

Pada artikel ini, penulis akan membahas tentang bagaimana cara Anda untuk mematikan atau menonaktifkan tombol power / daya sebagai tombol default Assistant.

Mematikan Fungsi Tombol Assistant

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka Asisten pada ponsel cerdas Pixel dan perangkat Android. Daftar opsi mulai meningkat dengan seiring dengan rilis Android 12 yang saat ini sudah masuk Beta 3. Alih-alih menekan lama tombol Samping untuk membuka menu daya, ponsel Pixel default untuk meluncurkan Google Assistant. Untungnya, Anda dapat menonaktifkan fitur ini agar tidak membuat Anda terganggu.

Seperti Apple dan Samsung, perubahan yang hadir pada Android 12 adalah menambahkan opsi Anda untuk meluncurkan Google Assistant, setidaknya pada ponsel Pixel, Anda cukup menekan lama tombol daya fisik pada sisi samping. Namun juga perlu Anda ketahui menekan lama tombol daya adalah cara Anda me-restart telepon. Untungnya, mudah untuk membalikkan fungsi ini dan mendapatkan kembali tindakan lama.

Cara Mematikan Google Assistant Saat Menekan Tombol Power di Android

  1. Pertama, geser ke bawah (sekali atau dua kali tergantung pada OEM perangkat Anda) dari atas layar untuk membuka Pengaturan Cepat. Ketuk ikon roda gigi untuk membuka aplikasi Pengaturan.
  2. Pada menu Pengaturan, navigasikan ke bagian “Sistem“. Selanjutnya, buka “Gerakan.”
  3. Pilih opsi “Menu Daya” pada bagian bawah daftar.
  4. Terakhir, yang perlu Anda lakukan adalah mematikan sakelar untuk “Tahan untuk Asisten.”

Ketika Anda menekan Tombol daya, maka akan memunculkan opsi “Matikan” dan “Mulai Ulang” tradisional yang biasa Anda gunakan. Perubahan kecil seperti ini bisa membuat frustasi, jadi bagus bahwa setidaknya bisa dinonaktifkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.