How To

Cara Membatasi Aplikasi Bekerja di Android

Pernahkah Anda berfikir untuk membatasi Aplikasi bekerja pada ponsel Android Anda? Misalnya saat malam hari Anda memberikan batasan aplikasi WhatsApp berjalan, sehingga...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 3 views
Membatasi Akses Aplikasi

Pernahkah Anda berfikir untuk membatasi Aplikasi bekerja pada ponsel Android Anda? Misalnya saat malam hari Anda memberikan batasan aplikasi WhatsApp berjalan, sehingga tidak membuat tidur terganganggu. Apalagi dengan adanya notifikasi yang tidak penting. Selain itu, Anda juga dapat mengaplikasikan pada semua aplikasi yang ada pada ponsel Anda.

Membatasi Aplikasi Bekerja Di Android
Membatasi Aplikasi Bekerja Di Android

Tak hanya itu saja, ini merupakan cara terbaik untuk mengurangi waktu Anda menggunakan ponsel. Nah, dengan membatasi penggunaan Anda dengan membatasi aplikasi tertentu berjalan pada ponsel. Plus, jika Anda sebagai orang tua, Anda tidak ingin anak-anak Anda bermain aplikasi sepanjang hari atau mengakses aplikasi sensitif. Seperti halnya perbankan atau media sosial dengan konten yang mengejutkan.

Untungnya, Anda dapat mengubah kebiasaan kurang baik ini pada ponsel cerdas Anda dengan bantuan aplikasi lain yang dapat bekerja secara otomatis sesuai dengan waktu yang Anda tentukan. Nah, berikut ini cara membatasi aplikasi Android yang bisa Anda lakukan baik untuk meningkatkan produktivitas bekerja atau melindungi diri sendiri, orang lain, atau anak-anak dari penggunaan aplikasi yang berlebihan.

Cara Membatasi Aplikasi Bekerja Pada Android Anda

Ada beberapa skenario yang bisa membatasi aplikasi pada ponsel Anda. Selain itu, memblokir diri Anda dari menggunakan aplikasi adiktif seperti Instagram dapat membantu Anda mengekang kecanduan ponsel cerdas Anda. Anda dapat terus mengatasi keinginan Anda (atau anak Anda) untuk bermain game seluler tanpa perlu menghapus aplikasi sepenuhnya dari ponsel Anda.

Selain itu, Anda bisa membatasi aplikasi tertentu atau memilih periode waktu saat Anda tidak dapat menggunakan ponsel. Anda dapat mulai mempelajari tentang aplikasi bawaan dan cara mencegah aplikasi menggunakan data pada Android dengan bantuan mereka. Untuk memulainya, Anda dapat mengatur peringatan dan batasan data melalui pengaturan Jaringan & Internet Anda.

Untuk kontrol yang lebih baik dan alat yang lebih praktis, kenali cara lain ini untuk menjaga penggunaan aplikasi Anda tetap terkendali.

1. Digital Wellbeing (Kesehatan Digital)

Bermulai sejak Android 9 Pie, ponsel yang menjalankan Android memiliki utilitas bawaan yang mencatat penggunaan perangkat harian Anda dan memberi tahu Anda dengan tepat apa yang menghabiskan waktu Anda. Anda dapat memeriksanya melalui Pengaturan => Kesehatan Digital & kontrol orang tua. Jika Anda tidak dapat menemukannya, Anda harus mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store.

Dengan Kesehatan Digital, Anda dapat mengatur batas penggunaan aplikasi sesuai kebutuhan Anda. Saat batas waktu aplikasi kedaluwarsa untuk hari itu, ikonnya akan tampak berwarna abu-abu dan Anda tidak dapat membukanya lagi. Android juga akan memblokir notifikasi aplikasi sehingga Anda tidak tergoda untuk membukanya setelah batas penggunaan habis.

Untuk mengonfigurasi batas aplikasi, buka Kesehatan Digital mellaui Pengaturan. Ketuk Dasbor, lalu pilih aplikasi yang ingin Anda batasi. Sentuh opsi Pengatur Waktu Aplikasi dan tentukan harian Anda. Terakhir, tekan tombol OK.

Download: Digital Wellbeing (Gratis)

2. ActionDash

Jika ponsel Anda belum secara resmi mendukung opsi Digital Wellbeing, maka Anda dapat menggunakan alternatif pihak ketiga. Kami merekomendasikan untuk melihat ActionDash dan cara membatasi aplikasi pada perangkat Android.

ActionDash memiliki semua fitur yang ada pada Digital Wellbeing dan banyak lagi. Ini juga menawarkan wawasan lengkap tentang waktu layar Anda, tema gelap, batas aplikasi, dan sejumlah opsi penyesuaian lainnya. Tidak seperti Digital Wellbeing, ActionDash berfungsi pada ponsel apa pun yang menjalankan Android 5 Lollipop atau ke atasnya.

Download: ActionDash (Gratis, tersedia versi premium)

3. AppBlock

AppBlock melakukan aplikasi sama seperti Digital Wellbeing dan ActionDash, hanya saja ia melangkah lebih jauh dengan memungkinkan Anda memblokir situs web dan bahkan kata kunci agar tidak muncul pada layar Anda.

Anda dapat melacak aplikasi apa yang Anda gunakan dan berapa banyak waktu yang Anda habiskan dengan aplikasi tersebut. Ada juga opsi untuk mengatur profil yang berbeda dengan batasannya sendiri. Misalnya, satu untuk bekerja, satu lagi untuk istirahat Anda, dan yang ketiga untuk waktu tidur Anda.

Download: AppBlock (Gratis, tersedia versi premium)

4. Google Family Link

Selain memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi, Google Family Link memiliki opsi untuk menyetel batas aplikasi, yang fungsinya mirip dengan Kesehatan Digital atau Digital Wellbeing. Oleh karena itu, setelah pengguna menghabiskan batas hariannya, mereka tidak akan dapat menggunakan aplikasi itu hingga hari berikutnya. Perbedaannya adalah bahwa hanya orang tua yang memiliki kemampuan untuk mengontrol dan menyesuaikan batasan tersebut.

Download: Google Family Link (Gratis)

5. Google Play Store Restrictions

Terakhir, orang tua juga dapat memanfaatkan kontrol orang tua yang ada pada Google Play Store untuk menetapkan batasan unduhan aplikasi. Anda memiliki pilihan untuk menyetel rating konten untuk aplikasi, game, film, dan musik. Bersamaan dengan ini, Play Store meminta Anda untuk mengonfigurasi kunci PIN sehingga seorang anak tidak dapat begitu saja mengubah batasan dari pengaturan.

Anda dapat menemukan kontrol orang tua di Google Play Store => Ikon Profil => Setelan => Keluarga.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.