How To

Cara Memblokir Kontak dan Pesan Teks di Ponsel Samsung Galaxy

Memblokir kontak dan Pesan Teks merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membungkam seseorang agar tidak bisa menghubungi Anda. Ada...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 5 views
Cara Memblokir Kontak Dan Pesan Teks

Memblokir kontak dan Pesan Teks merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membungkam seseorang agar tidak bisa menghubungi Anda. Ada banyak penyebab mengapa seseorang perlu Anda blokir dari daftar kontak Anda. Salah satunya karena mereka sering membuat iseng dengan pesan palsu yang dikirimkan kepada Anda.

Blokir Kontak Dan Pesan Teks
Blokir Kontak Dan Pesan Teks

Pesan teks adalah sebuah alat komunikasi yang nyaman sejak dulu hingga sekarang ini jauh sebelum seseorang mengenal WhatsApp. Ini memungkinkan Anda menerima pesan dari seseorang dan institusi, dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi. Anda dapat menggunakan SMS untuk berbicara dengan teman dan keluarga Anda, mendapatkan pembaruan utilitas dan bank, dan bahkan mengamankan akun Anda.

Namun, sekarang ini scammer dan spammer juga dapat menggunakan teknologi ini untuk mencoba mencuri data Anda. Ada juga kasus di mana orang yang tidak diinginkan, seperti pelamar yang ditolak dan teman beracun, menggunakan ini untuk mengganggu Anda setiap saat. Berikut ini 5 cara untuk memblokir pesan teks yang tidak Anda inginkan pada ponsel Samsung Galaxy Anda.

Cara Memblokir Kontak dan Pesan Teks di Ponsel Samsung Galaxy

#1 Simpan Lalu Blokir Kontak

Ini adalah cara yang efektif untuk memblokir kontak atau nomor yang berulang kali mengirimi Anda pesan. Anda dapat menyimpan detail orang atau nomor yang ingin Anda blokir dalam aplikasi Kontak, baru kemudian menggunakan fungsinya untuk menghentikan mereka mengirimi Anda pesan.

Setelah Anda menyimpan detail orang tersebut di ponsel Anda, inilah yang perlu Anda lakukan.

  1. Cari nomor yang telah Anda simpan dalam daftar Kontak Samsung Anda.
  2. Buka kartu kontak. Kemudian ketuk Lainnya pada sudut kanan bawah.
  3. Pilih Blokir kontak. Lalu konfirmasikan bahwa Anda ingin memblokir kontak tersebut.

Setelah Anda melakukan ini, Anda tidak akan lagi menerima panggilan atau pesan apa pun dari kontak itu dan semua nomor yang terkait. Jadi, jika orang atau institusi yang ingin Anda blokir memiliki banyak nomor, Anda dapat menyimpan semuanya dalam satu entri dan menghentikan mereka mengganggu Anda.

#2 Blokir Dari Aplikasi Pesan Teks

Meskipun Anda dapat memblokir nomor yang Anda simpan terlebih dahulu agar tidak mengirim pesan melalui aplikasi Kontak, namun cara ini lebih sulit dilakukan untuk pesan spam yang berasal dari nomor yang tidak dikenal. Namun demikian, Anda masih dapat memblokir nomor-nomor ini agar tidak mengirimi Anda pesan lagi melalui aplikasi Pesan Teks Samsung.

  1. Buka pesan spam dalam aplikasi Pesan Teks.
  2. Jika teks spam hanya memiliki satu pesan, Anda akan melihat opsi Blokir nomor pada bagian atas.
  3. Ketuk pada bagian atasnya, dan jendela konfirmasi akan muncul.
  4. Jika Anda ingin menghapus pesan, pastikan untuk mengetuk opsi Hapus percakapan.
  5. Terakhir, pilih Blokir.

Namun, jika pengirim telah mengirim beberapa SMS ke nomor Anda, Anda harus memblokirnya dari menu pengaturan.

  1. Buka pesan spam pada aplikasi Pesan Teks Anda.
  2. Ketuk ikon Pengaturan pada sudut kanan atas layar.
  3. Pilih Blok Nomor.
  4. Untuk menghapus percakapan, ketuk opsi Hapus percakapan.
  5. Ketuk Blokir.

Setelah Anda melakukan ini, telepon akan mencegat dan memblokir teks yang akan dikirim oleh nomor yang terkait dengan percakapan itu.

Cara Menemukan Pesan yang Diblokir

Meskipun Anda telah memblokir seseorang, mungkin ada saatnya Anda ingin melihat pesan yang mereka kirimkan kepada Anda. Ini terutama jika Anda telah memblokir teman Anda sendiri tetapi harus memeriksa dari waktu ke waktu apakah mereka mengirim pesan yang bermanfaat.

Untuk melakukannya, Anda harus kembali ke aplikasi Pesan.

  1. Pada layar utama, ketuk menu Pengaturan.
  2. Ketuk Pengaturan.
  3. Pilih Blokir nomor dan spam.
  4. Ketuk Pesan yang diblokir.

Semua pesan yang pernah Anda blokir akan muncul semuanya dalam daftar ini.

#3 Memblokir Otomatis Panggilan dan Pesan Spam

Jika Anda tidak ingin mengatasi spam secara manual, Anda dapat menggunakan aplikasi Pesan Samsung untuk melakukannya untuk Anda. Aplikasi ini menggunakan Hiya, mesin perlindungan spam canggih, untuk mengidentifikasi dan memblokir panggilan yang tidak diinginkan. Meskipun diaktifkan secara default untuk mendeteksi pesan dan panggilan yang tidak diinginkan, Anda dapat menggunakan fitur tersebut untuk langsung memblokirnya.

  1. Pada layar utama aplikasi Pesan, ketuk ikon Pengaturan pada sudut kanan atas.
  2. Pilih Pengaturan.
  3. Ketuk Blokir nomor dan spam.
  4. Pilih ID Penelepon dan perlindungan spam.
  5. Pada submenu, ketuk penggeser Blokir panggilan spam dan penipuan.
  6. Anda dapat memilih antara Blokir semua panggilan spam dan penipuan atau Hanya blokir panggilan penipuan berisiko tinggi.

#4 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jjika Anda kurang puas dengan kinerja pemblokir spam dan penipuan, Anda juga dapat menggunakan solusi pihak ketiga lainnya. Ada beberapa opsi yang bisa Anda download pada Google Play Store, termasuk aplikasi yang sudah ada seperti Truecaller, Spam blocker untuk android (sebelumnya Key Messages), atau Call & SMS Blocker (sebelumnya AntiNuisance).

#5 Hubungi Penyedia Layanan Anda

Jika nomor tersebut ternyata masih menemukan cara untuk memasukkan spam ke dalam pesan teks Anda terlepas dari semua perlindungan yang sudah Anda coba, opsi nuklirnya adalah melaporkannya ke operator Anda. Dengan cara ini, mereka dapat memanfaatkan pengamanan jaringan mereka untuk memblokir nomor tersebut secara langsung.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.