How To

Cara Membuat Kuesioner di Google Form Dengan Mudah

Awal mulanya kehadiran Google Form merupakan fitur Google Spreadsheet yang dirilis pada tahun 2008. Fitur ini memungkinkan kamu dapat menambahkan formulir ke...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 38 views
Cara Membuat Kuesioner Di Google Form

Awal mulanya kehadiran Google Form merupakan fitur Google Spreadsheet yang dirilis pada tahun 2008. Fitur ini memungkinkan kamu dapat menambahkan formulir ke spreadsheet, membuatnya dalam lembar terpisah, dan melihat tanggapan formulir di lembar lain.

Cara Membuat Kuesioner Di Google Form
Cara Membuat Kuesioner Di Google Form

Namun seiring berjalannya waktu, Google pun menambahkan beragam fitur ke Google Forms mulai dari pembuatan kuisoner, formulir, dan masih banyak lagi. Dengan begitu kamu dapat lebih mudah mendapatkan jawaban dari orang-orang yang berminat untuk mengisi kuesioner tersebut.

Apa itu Kuesioner?

Kuesioner merupakan salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengumpulkan informasi dari orang banyak untuk selanjutnya dianalisis kemudian diambil sebuah kesimpulan untuk menentukan sebuah keputusan.

Nah bagi kamu yang ingin mengetahui cara membuat kuesioner di Google Forms, maka kamu dapat melihat tutorialnya lengkapnya sebagai berikut ini.

Cara Membuat Kuesioner di Google Form

#1 Masuk ke Laman Google Form

Untuk mengakses google form kamu membutuhkan alamat gmail yang masih aktif. Silahkan masuk pada situs docs.google.com/forms. Jika diminta email, silahkan masukkan akun gmail kamu.

Masukkan Akun Gmail
Masukkan Akun Gmail

Setelah masuk pada tampilan google form, kamu akan disediakan template yang bisa kamu gunakan untuk membuat kuesioner, atau kamu bisa abaikan, kemudian kamu bisa membuatnya sendiri dengan mengklik tanda + pada samping kiri untuk membuat formulir baru.

Tampilan Awal Google Form
Tampilan Awal Google Form

#2 Silahkan Isi Formulir

Kamu bisa mengisi formulir sesuai dengan yang kamu inginkan. Disini kamu bisa berkreasi sendiri bentuk dan model kuesioner seperti apa yang ingin kamu buat. Tetapi terlebih dahulu silahkan isikan judul Formulir yang sudah kamu buat tadi.

Isi Judul Pada Google Form
Isi Judul Pada Google Form

#3 Membuat Pertanyaan

Selanjutnya, silahkan kamu isi pertanyaan pada “Pertanyaan tanpa judul” atau “Untitled Question“. Format pertanyaan terserah kita yang akan membuatnya. Misalnya, “Siapa nama lengkap Anda?” atau “Saya sudah belajar web setiap hari di rumah” atau langsung pada isi kuesionernya. Sesuaikan kebutuhan saja.

Isi Pertanyaan
Isi Pertanyaan

Kemudian, kita ingin jawaban yang seperti apa? Ada banyak pilihan yang bisa kamu terapkan disini, diantaranya:

Pilihan Jawaban
Pilihan Jawaban
  • Jawaban singkat
  • Paragraf
  • Pilihan ganda
  • Kotak centang
  • Drop-down

Jika kamu ingin membuat kuesioner, maka kamu bisa memilih Pilihan ganda, kotak centang atau Drop-down.

Pilihan Ganda

Pilihan Ganda
Pilihan Ganda

Kotak centang

Kotak Centang
Kotak Centang

Drop-down

Drop Down
Drop Down

Yang perlu kamu ketahui adalah pada Google Form ini pun memberi cara untuk menghindari responden mengosongkan jawaban. Caranya dengan mengaktifkan “Wajib diisi” atau tanda bintang “*”.

Wajib Diisi
Wajib Diisi

Fitur-Fitur dalam Google Form

Ada beberapa fitur yang wajib kamu tahu pada google form. Di sana ada beberapa ikon yang bisa kita coba. Ikon palet, mata, gerigi, tombol kirim, dan tiga titik.

Fitur Fitur Google Form
Fitur Fitur Google Form
  • Palet : digunakan untuk memilih tema formulir yang akan kamu gunakan.
  • Mata : digunakan untuk melakukan pratinjau formulir. Kamu bisa melihat formulir terlebih dahulu sebelum diberikan kepada responden.
  • Gerigi : digunakan untuk melakukan pengaturan terhadap formulir.
  • Tombol kirim : digunakan untuk mengirim formulir. Bisa langsung dikirim ke email tertentu. Atau kita copy tautan dari Google Form yang kita buat, baru kita sebar kepada responden.
  • Tiga titik : digunakan untuk mengatur lebih lanjut.

Cara copy link kuesioner Google Form untuk diberikan pada responden

Kamu perlu memberikan link kepada responden untuk mengisi kuesioner yang sudah kamu buat, caranya klik tombol kirim, kemudian klik ikon tautan seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Mendapatkan Link Google Form
Cara Mendapatkan Link Google Form

Disini kamu juga bisa memperndek link google form dengan cara centang pada kotak Perpendek URL pada gambar di atas.

Itulah cara mudah membuat kuesioner di google form, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.