How To

Cara Membuka Kunci Smartphone Dari Jarak Jauh

Ada cara unik untuk membuka Kunci Smartphone tanpa perlu menyentuh smartphone tersebut. Jadi Anda bisa membukanya tanpa perlu memasukkan PIN dan melakukannya...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 7 views
Cara Membuka Kunci Smartphone Dengan Jarak Jauh

Ada cara unik untuk membuka Kunci Smartphone tanpa perlu menyentuh smartphone tersebut. Jadi Anda bisa membukanya tanpa perlu memasukkan PIN dan melakukannya dari jarak jauh.

Cara Membuka Kunci Smartphone Dengan Jarak Jauh
Cara Membuka Kunci Smartphone Dengan Jarak Jauh

image source

Hal ini menjadi sangat bermanfaat bagi Anda yang lupa PIN atau kunci pola pada smartphone Android Anda. Kemudian Anda ingin membuka kunci ponsel Anda? Nah, dalam artikel ini, penulis akan berbagi cara yang dapat Anda lakukan jika Anda dalam kondisi seperti ini. Meskipun ada beberapa metode dan alat yang mengklaim dapat membuka kunci ponsel Anda, namun hal tersebut melibatkan kehilangan data.

Lupa kode kunci atau pola pada smartphone merupakan masalah yang cukup umum terjadi. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin dapat mengingat kode atau pola jika Anda mencoba membuka kunci ponsel beberapa jam kemudian. Namun, apa yang akan Anda lakukan jika Anda tidak dapat mengingat kode kunci atau polanya sama sekali?

Bisakah Memulihkan Data Dari Ponsel Android yang Terkunci?

Jawaban sederhana untuk pertanyaan ini adalah TIDAK

Memang ada beberapa langkah yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan ponsel Anda lagi. Namun Anda akan kesulitan jika akan memulihkan data yang tersimpan pada ponsel yang terkunci. Hal ini berlaku untuk semua ponsel yang menjalankan versi Android yang relatif baru termasuk Android 9, Android 10, Android 11, dan Android 12 yang lebih baru.

Pada tahun 2021, Google telah mempersulit proses untuk mendapatkan kembali akses ke perangkat Android yang terkunci. Meskipun hal ini mungkin terlihat sangat membuat Anda frustrasi terutama bagi seseorang yang hanya ingin mendapatkan kembali akses ke ponsel mereka sendiri. Penting untuk Anda catat bahwa semua tindakan ini dilakukan untuk memastikan bahwa data pribadi Anda tetap aman dalam segala keadaan dan tidak mudah untuk diakses oleh orang lain.

Smartphone merupakan gadget yang sangat pribadi dan harta karun paling berharga, yakni berupa data pribadi. Kemungkinan besar, ponsel Anda tidak hanya berisi informasi keuangan saja, tetapi juga mungkin memiliki data yang sangat rahasia. Sehingga tidak boleh bocor ke orang lain, apalagi mereka yang memiliki niat jahat. Dan satu-satunya hal yang dapat mencegah orang lain mengakses data ini adalah memasang keamanan yang ada pada ponsel itu sendiri. Hal ini untuk memastikan hanya pemilik yang sah yang memiliki akses ke ponsel Anda.

Lantas bagaimana cara untuk membuka kunci keamanan ponsel Anda tanpa PIN atau bahkan ketika lupa kode kuncinya. Berikut penulis berikan cara membuka kunci ponsel dengan jarak jauh.

Cara Membuka Kunci Smartphone Dari Jarak Jauh

Menggunakan Fitur Smart Lock

Beberapa tahun yang lalu, Google memperkenalkan fitur yang dikenal sebagai Smart Lock untuk smartphone Android. Mulai tahun 2021, fitur ini masih tersedia pada sebagian besar perangkat Android. Namun, peringatannya adalah agar dapat Anda gunakan untuk membuka kunci ponsel yang terkunci, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Bergantung pada bagaimana fitur Smart Lock diaktifkan pada ponsel Anda. Maka perangkat akan membuka kunci sendiri setelah mendeteksi bahwa ia berada dekat dengan ‘perangkat tepercaya’. Misalnya headphone Bluetooth atau jam tangan pintar Anda.

Misalnya lagi, jika Anda telah menetapkan kantor Anda sebagai area tepercaya menggunakan fitur Smart Lock, maka ponsel akan membuka kuncinya sendiri setelah mendeteksi bahwa ia berada pada ‘area tepercaya’ menggunakan GPS. Cukup bawa ponsel yang terkunci ke area tepercaya, dan ponsel akan terbuka sendiri tanpa Anda harus memasukkan PIN atau menggunakan kunci pola.

Menggunakan Find My Device Tool

Alat lain yang dapat Anda gunakan untuk membuka kunci ponsel Anda (walaupun dengan kehilangan data) adalah Google Find My Device. Pada sebagian besar perangkat Android baru, fitur ‘Find My Device’ secara default aktif saat Anda masuk ke perangkat menggunakan akun Google Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan kembali akses ke telepon dengan PIN/pola yang terlupakan, dan Anda tahu akun Google mana yang Anda gunakan pada ponsel tersebut, maka Anda dapat menggunakan alat Find My Device.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.