How To

Cara Memperbaiki Kesalahan ‘Unfortunately the app has stopped’ di Android

Apakah Anda pernah mendapatkan pesan “Unfortunately the app has stopped” saat membuka aplikasi Google atau Play Store? Dalam bahasa lain tulisan tersebut...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 1 view
Cara Mengatasi Unfortunately The App Has Stopped

Apakah Anda pernah mendapatkan pesan “Unfortunately the app has stopped” saat membuka aplikasi Google atau Play Store? Dalam bahasa lain tulisan tersebut berartikan “Sayangnya, Google telah berhenti”. Anda tidak perlu begitu khawatir, aplikasi apa pun dapat mengalami hal yang serupa dan memberikan pesan error tersebut.

Cara Mengatasi Unfortunately The App Has Stopped
Cara Mengatasi Unfortunately The App Has Stopped

image source

Yang perlu Anda lakukan adalah, bagaimana cara untuk mengatasinya. Sehingga jika Anda mendapatkan masalah semacam ini, Anda sudah bisa mengatasinya ataup paling dapat membantu orang lain. Berikut cara memperbaiki masalah “Unfortunately the app has stopped” jika terjadi pada ponsel Anda.

Perlu Anda ketahui, jika suatu aplikasi sudah muncul seperti hal tersebut, maka aplikasi itu tidak akan bisa berjalan dengan normal. Artinya, Anda terkadang hanya bisa membuka aplikasi sampai muncul pop-up kesalahan seperti di atas, setelah itu aplikasi akan menutup dengan sendirinya.

Pada bulan Juni 2021 lalu, ponsel Android di seluruh dunia mengalami masalah besar seperti di atas. Hal ini disebabkan oleh bug yang menyangkut dalam pembaruan aplikasi Google. Ponsel secara terus-menerus menampilkan pesan kesalahan “Google telah berhenti” ketika sedang membuka aplikasi Google, sehingga sebagian besar tidak dapat digunakan. Untungnya banyak cara yang bisa pengguna lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut ini Beberapa Cara Memperbaiki Kesalahan ‘Unfortunately the app has stopped’ pada Android

Hentikan Paksa (Force Stop) Aplikasi Pembaruan Google Play

  1. Buka Pengaturan ponsel Anda dan temukan Aplikasi yang bermasalah, lalu temukan layanan Google Play dan masukkan opsi
    Tekan tombol Paksa berhenti (force stop).
  2. Copot pemasangan Pembaruan aplikasi Google, selanjutnya temukan opsi Uninstall update.

Jika langkah-langkah tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah Anda. Anda bisa mencoba masuk pada langkah selanjutnya dalam artikel ini mungkin bisa membantu.

Mengosongkan Data Aplikasi

Masalah ini sering muncul biasanya pada aplikasi kontak, galeri, dan peluncur. Prosedur untuk memperbaikinya umumnya selalu sama.

  1. Pertama, buka Pengaturan pada perangkat Anda. Cari aplikasi dan pemberitahuan lalu Info aplikasi App
  2. Gulir ke bawah dan cari aplikasi yang menyebabkan masalah dan ketuk pada bagian atasnya. Lalu pada menu berikutnya, tekan Storage
  3. Dari sini Anda akan menemukan opsi Hapus data dan Hapus cache. Hapus cache adalah opsi yang harus Anda mulai. Ini akan menghilangkan data tersimpan yang memungkinkan aplikasi memuat sedikit lebih cepat saat Anda meluncurkannya. Menghapusnya berarti aplikasi akan terbuka sedikit lebih lambat, tetapi ini bisa menyelesaikan masalah utama Anda. Selanjutnya Hapus data akan menghapus semua data aplikasi, termasuk file, setelan, dan akun. Jadi Anda perlu berhati-hati jika akan menghapus data aplikasi.

Periksa Kartu SD

Jika Anda menggunakan kartu SD, cobalah periksa kembali. Anda bisa dengan mudah memeriksanya dengan mencopot lalu memasangkan kembali pada ponsel Anda. Atau Anda bisa mencobanya pada ponsel lain. Namun jika aplikasi yang bermasalah sebelum pernah Anda pindah pada kartu SD, maka cobalah dengan memindahkannya kembali ke penyimpanan internal Anda.

Copot Pemasangan dan Instal Ulang Aplikasi

Jika beberapa langkah di atas belum dapat mengatasi masalah Anda, maka Anda juga dapat mencoba mencopot pemasangannya. Setelah itu, baru menginstalnya kembali dari Google Play Store. Cukup buka aplikasi Play Store, buka bilah menu pada sisi kiri dan ketuk Aplikasi dan game saya. Temukan aplikasi yang Anda maksud dan tekan Uninstall, yang membutuhkan waktu beberapa detik. Setelah itu, Anda dapat menginstalnya kembali.

Matikan dan Hidupkan Lagi

Anda juga dapat mencoba melakukan soft reset, yang berarti memulai ulang perangkat Anda. Ini sangat sederhana dan cukup efektif jika ponsel Anda sudah menyala untuk waktu yang lama. Soft reset akan menghidupkan siklus telepon Anda, mematikannya dan kemudian hidupkan kembali.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.