How To

Cara Memutus Sambungan Wi-Fi Pada Ponsel Anak dari Jarak Jauh

Memutus sambungan Wi-Fi dari jarak jauh atau tanpa memegang ponsel merupakan hal unik yang bisa coba. Hal ini dapat Anda lakukan misalnya...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 7 views
Memutus Sambungan Wi Fi Ponsel

Memutus sambungan Wi-Fi dari jarak jauh atau tanpa memegang ponsel merupakan hal unik yang bisa coba. Hal ini dapat Anda lakukan misalnya untuk memutus sambungan Wi-Fi ponsel Anak Anda karena terlalu sering bermain ponsel yang tiada henti. Dengan memutus sambungan Wi-Finya, maka anak tidak akan bisa lagi internetan atau sekedar menonton Youtube.

Cara Memutus Sambungan Wi Fi Pada Ponsel
Cara Memutus Sambungan Wi Fi Pada Ponsel

Ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk memberi anak Anda jeda paksa dari memegang ponsel seharian. Lebih dari itu, atau hanya ingin mereka berhenti menggunakan semua bandwidth Anda terutama pada siang hari. Anda dapat melakukannya dengan beberapa pengaturan router yang dapat membantu mewujudkan untuk memutus sambungan koneksi Wi-Fi ponsel Anak Anda.

Berikut ini Cara Memutus Sambungan Wi-Fi Pada Ponsel Anak

Ubah Kata Sandi

Untuk opsi paling cepat, Anda dapat mengubah kata sandi jaringan Wi-Fi Anda. Cara ini tentunya yang akan memulai setiap perangkat yang terhubung dengan Wi-Fi Anda. Memang cara ini tidak ideal jika Anda memiliki komputer, ponsel, TV, dan perangkat rumah pintar Anda sendiri yang ingin Anda tetap terhubung. Akan tetapi cara ini cepat dan mudah, sesekali untuk mengelabuhi anak agar bisa berhenti bermain ponsel.

Jika Anda melakukan cara ini, Anda harus menghubungkan kembali setiap perangkat satu per satu, menggunakan kata sandi baru. Kabar baiknya adalah Anda selalu dapat mengubahnya kembali nanti jika Anda mau. Cara ini hanya untuk memutus sambungan sementara pengguna yang menjadi target Anda.

Untuk melakukannya, Anda harus masuk ke opsi administrator router Anda. Ketik alamat IP router Anda pada alamat browser Anda, dan tekan Enter. Masuk dengan kredensial Anda (jika Anda tidak mengetahuinya, kata sandi default biasanya terletak pada belakang router Anda).

Untuk mengubah kata sandi perute, buka layar pengaturan nirkabel dan ubah kata sandi. Lokasi persis pengaturan ini dapat bervariasi dari satu router ke router lainnya, jadi Anda mungkin perlu sedikit mencarinya.

Ingat setelah Anda mengubahnya, semua perangkat yang terhubung akan terputus dari sambungan Wi-Fi Anda. Jadi Anda perlu menyambungkannya kembali.

Aktifkan Fitur MAC Filter

Jika Anda lebih suka tidak mematikan jaringan Anda sepenuhnya, Anda dapat memblokir perangkat tertentu dengan fitur yang bernama Penyaringan Alamat MAC (MAC Filter).

Sekali lagi, Anda harus mencari-cari pengaturan ini, tetapi pada router Anda, namun biasanya opsi ini berada pada bagian bawah tab Filter MAC Nirkabel. Anda cukup menyalakan filter MAC, dan Anda kemungkinan akan diberi pilihan: Anda dapat mengizinkan perangkat tertentu, memblokir semua perangkat lain, atau memblokir perangkat tertentu dan mengizinkan semua perangkat lainnya.

Pada ponsel, Anda dapat mengetahui MAC perangkat Anda melalui Pengaturan Wi-Fi, kemudian Lanjutan => Alamat MAC. Melalui ponsel Android juga, Anda dapat melihat password Wi-Fi dengan sangat mudah jika Anda mau.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.