Cara Menambahkan Font Baru di Windows 11

Menambahkan font baru tentu sering kita lakukan. Apalagi jika kita seorang designer yang sering main-main dengan Adobe Photoshop atau Corel Draw. Font merupakan nyawa bagi seorang designer. Sama halnya jika anda bekerja di percetakan banner dan poster tentu akan sangat membantu usaha anda. Karena font dapat mempercantik hasil desain yang anda kerjakan.

Font bawaan Windows terkadang tidak dapat memuaskan kita saat mendesain, oleh karenanya kita mesti menginstall atau menambahkan font-font baru. Jika anda sudah memiliki koleksi font, anda bisa langsung menambahkannya. Namun jika tidak anda bisa mencari dan mendownload font-font yang anda inginkan. Ada beberapa website yang menyediakan font-font untuk digunakan secara gratis, diataranya Google Fonts, Da Fonts, FontSpace, FontFabric, dan masih banyak situs-situs online yang yang menyediakn font secara gratis.

Sebenarnya Windows 11 sudah memiliki koleksi font yang bagus. Namun karena kita tidak hafal nama-nama font tersebut sehingga kita tidak pernah menggunakannya. Oleh karena itu cobalah melihat koleksi Font Windows 11, anda bisa melihat contoh desainnya langsung dan mengingat nama font tersebut untuk di aplikasikan saat anda membuat desain di Photoshop, Corel, atau saat membuat tulisan di aplikasi lainnya.

Untuk dapat menambahkan font baru ke library Windows 11, pastikan ekstensi file font adalah OTF atau TTF. Namun ada 2 (dua) cara menambahkan font baru ke dalam Windows 11. Karena kesalahan dalam menambahkan atau menginstall font akan menyebabkan Font tidak muncul dalam pilihan jenis font di aplikasi-aplikasi saat anda ingin menggunakannya.

Berikut cara menambahkan Font baru di Windows 11

Cara Pertama

  1. Buka file font yang sudah anda miliki, atau anda dapat mendownloadnya terlebih dahulu dari situs-situs yang kami sebutkan diatas.
  2. Setelah download silahkan anda extract dengan menggunakan Winrar atau 7zip.
  3. Langkah selanjutnya klik kanan file dengan ekstensi .TTF atau .OTF kemudian pilih Install.

Cara ini dilakukan satu persatu pada tiap font yang ingin anda tambahkan. Anda akan sedikit membutuhkan waktu lama jika anda memiliki koleksi Font yang banyak yang ingin anda tambahkan atau install semuanya. Untuk lebih mudahnya anda lakukan cara kedua jika anda ingin menambahkan banyak font kedalam library Windows 11.

Cara Menambahkan banyak font kedalam Windows 11

  1. Langkah pertama pastikan semua font sudah anda Ekstrak ke dalam satu folder dan pastikan hanya file dengan ektensi .TTF dan .OTF yang terdapat di folder tersebut. Hal ini untuk menghindari kesalahan sehingga beberapa font tidak dapat ditambahkan.
  2. Klik tombol Start.
    Setting
  3. Klik menu Pengaturan / Setting.
    Setting Windows
  4. Selanjutnya klik menu Personalization.
    2 Personalization
  5. Langkah selanjutnya klik menu Font di panel kanan.
  6. Silahkan perhatikan dilayar akan tampil jendela font yang ada di Windows 11.
    3 Font Window
  7. Buka folder dimana anda menyimpan semua koleksi font.
  8. Anda Select semua dengan cara klik CTRL+A, kemudian Klik, DRAG dan DROP pada kotak yang disediakan, seperti gambar dibawah ini.4 Drag And Drop Font
  9. Tunggu proses selesai.

Demikian cara mudah untuk menginstall satu persatu Font atau menambahkan semua koleksi Font anda ke dalam Font Library Windows 11. Semoga bermanfaat!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.