How To

Cara Mengaktifkan Registration Lock Pada Aplikasi Signal

Mengaktifkan Registration Lock pada aplikasi Signal dapat menjadi tambahan keamanan aplikasi Anda saat membuka. Signal merupakan aplikasi perpesanan gratis, sederhana, dan kuat...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 3 views
Cara Mengaktifkan Registration Lock Pada Signal

Mengaktifkan Registration Lock pada aplikasi Signal dapat menjadi tambahan keamanan aplikasi Anda saat membuka. Signal merupakan aplikasi perpesanan gratis, sederhana, dan kuat yang mirip dengan aplikasi WhatsApp dan Telegram. Aplikasi ini menawarkan privasi dan keamanan yang lebih, dan pengalaman tanpa iklan. Fitur obrolan grup juga memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan kolega.

Cara Mengaktifkan Registration Lock Pada Signal
Cara Mengaktifkan Registration Lock Pada Signal

image source

Terkait privasi, aplikasi Signal tidak mengumpulkan informasi identitas pribadi apa pun tentang Anda. Sehingga hal inilah yang menjadikannya populer untuk kalangan jurnalis dan mereka yang mendambakan privasi dan anonimitas. Tapi pernahkah Anda memikirkan bagaimana melindungi akun Signal Anda dari ponsel Anda sendiri? Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengaktifkan Kunci Registration.

Nah, pada artikel ini, Penulis akan memberikan cara tentang mengatur Kunci Registrasi pada aplikasi Signal di perangkat Android Anda.

Apa Itu Registration Lock?

Fitur ini akan berfungsi saat Anda membuka akun Signal pada ponsel Anda, maka aplikasi akan meminta kode masuk. PIN Anda mengenkripsi informasi yang tersimpan pada aplikasi Signal sehingga hanya Anda yang dapat mengaksesnya. PIN ini juga dapat berfungsi sebagai opsi kunci pengaman kedua aplikasi.

Karena akun Signal Anda terikat dengan nomor ponsel Anda, maka Anda hanya dapat memiliki satu akun per nomor. Jika seseorang mencuri SIM atau telepon Anda, mereka memerlukan PIN Anda untuk mendaftar dan mengakses akun Signal Anda menggunakan perangkat lain. Atau bisa juga fitur ini berfungsi ketika Anda akan membuat akun lain menggunakan nomor telepon Anda.

Jika Anda, atau orang lain, berulang kali memasukkan PIN yang salah, Biasanya Signal akan memblokir akun Anda selama tujuh hari. Setelah itu Anda baru dapat mendaftarkan ulang akun Anda tanpa PIN. Anda dapat menggunakan PIN ini untuk memulihkan profil, pengaturan, kontak, dan siapa yang telah Anda blokir jika Anda kehilangan atau berganti perangkat. Akan tetapi itu tidak dapat membantu Anda memulihkan riwayat obrolan Anda.

Cara Mengaktifkan Kunci Registrasi Pada Signal

Saat ini, Anda hanya dapat mengaktifkan kunci Registrasi melalui aplikasi seluler. Untuk melakukannya:

  1. Buka aplikasi Signal pada ponsel Android Anda.
  2. Ketuk tombol menu tiga titik pada sudut kanan atas.
  3. Dari opsi menu, ketuk Pengaturan.
  4. Lalu ketuk Akun.
  5. Sekarang, nyalakan tombol sakelar Kunci Registrasi. Selain itu, Anda akan menerima pemberitahuan peringatan. Tinjau dan ketuk AKTIFKAN untuk mengatur Kunci Registrasi atau BATAL untuk membatalkannya.

Setelah Anda mengaturnya, Signal akan meminta PIN Anda ketika mendaftarkan nomor telepon Anda lagi. Perhatikan bahwa Signal akan mengunci Anda dari akun Anda selama tujuh hari jika Anda lupa PIN saat melakukan registrasi.

Cara Mematikan Kunci Registrasi

Jika Anda memilih untuk mematikan Kunci Registrasi, berikut langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Buka aplikasi Signal.
  2. Ketuk tombol menu tiga titik pada sudut kanan atas, lalu ketuk Pengaturan atau cukup ketuk gambar profil Anda. Lalu pilih Akun.
  3. Ketuk tombol sakelar Kunci Registrasi untuk mematikannya.
    Ketuk MATIKAN untuk menyelesaikan atau BATAL jika Anda berubah pikiran.

Tindakan Keamanan Lainnya untuk Menjaga Akun Signal Anda
Selain PIN dan kunci registrasi, Anda dapat mengambil tindakan keamanan ekstra seperti menyetel Kunci layar dan Keamanan layar. Kunci layar memblokir akses ke aplikasi melalui kunci layar atau sidik jari. Sementara Keamanan layar memblokir tangkapan layar pada daftar terbaru dan dalam aplikasi.

Untuk mengaktifkan Kunci layar dan Keamanan layar:

  1. Arahkan ke Privasi (Buka Signal => ketuk menu => ketuk Pengaturan => ketuk Privasi)
  2. Kemudian nyalakan Kunci layar dan tombol sakelar Keamanan layar pada bagian bawah Keamanan aplikasi.
  3. Anda dapat mematikannya kapan saja dengan membuka aplikasi Signal, menavigasi ke Privasi, dan mematikan tombol sakelar Kunci layar dan Keamanan layar. Juga, ingatlah untuk melindungi PIN Anda dari pengintaian dan hindari menautkan akun Anda pada komputer umum atau bersama.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.