How To

Cara Mengatasi “Download Tertunda” di Google Play Store

Sebagai pengguna Android, Anda tentunya sering mengalami masalah “Download Tertunda” ketika sedang mendownload ataupun memperbarui sebuah aplikasi. Masalah ini juga sering penulis...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 14 views
Cara Mengatasi Download Tertunda Pada Google Play Store

Sebagai pengguna Android, Anda tentunya sering mengalami masalah “Download Tertunda” ketika sedang mendownload ataupun memperbarui sebuah aplikasi. Masalah ini juga sering penulis temui sendiri ketika sedang mendownload aplikasi pada Google Play Store.

Cara Mengatasi Download Tertunda Pada Google Play Store
Cara Mengatasi Download Tertunda Pada Google Play Store

image source

Perlu Anda ketahui dan sadari bahwa setiap aplikasi memiliki masalahnya sendiri-sendiri, tak terkecuali pada Google Play Store. Masalah pending download (Download Tertunda) merupakan masalah yang banyak dikeluhkan oleh pengguna terutama ketika mereka mendownload aplikasi yang sifatnya urgen dan penting saat itu juga.

Namun setelah penulis coba teliti ternyata masalahnya hanya pada koneksi jaringan saja. Jika menggunakan jaringan seluler, biasanya akan sering muncul Download Tertunda untuk memastikan bahwa Anda yakin untuk menggunakan jaringan seluler Anda. Setelah Anda menyetujuinya, maka download pun menjadi lancar tanpa masalah.

Lebih dari itu, dalam kesempatan ini penulis akan memberikan secara terperinci langkah-langkah untuk mengatasi masalah Download Tertunda pada Play Store.

Cara Memperbaiki Kesalahan “Unduhan Tertunda” Pada Google Play Store

Periksa Unduhan dan Pembaruan Saat ini

Lebih sering daripada tidak, penyebab kesalahan unduhan tertunda pada Google Play Store adalah pembaruan aplikasi saat yang bersamaan. Anda juga akan mengalami masalah jika Anda mengunduh beberapa aplikasi secara bersamaan apalagi aplikasi yang sifatnya besar.

Sebagai solusinya, Anda perlu menghentikan semua proses pembaruan aplikasi yang tengah berjalan, atau menghentikan proses download yang sedang tertunda tersebut.

  1. Buka Google Play Store => pilih Profil pada bagian atas, lalu masuk pada Kelola Aplikasi & Perangkat => Kelola.
  2. Anda akan melihat aplikasi mana yang sedang dalam proses pembaruan atau sedang Anda Download.
  3. Cukup tekan X pada sebelah nama aplikasi untuk membatalkan unduhan dan lanjutkan dengan mendapatkan aplikasi yang sangat Anda butuhkan.

Cara lain adalah Anda setidaknya harus mematikan pembaruan otomatis untuk mencegah aplikasi diperbarui tanpa persetujuan. Untuk mematikannya cukup masuk pada Google Play Store => Pengaturan => Hilangkan centang pada pembaruan aplikasi otomatis.

Periksa Koneksi Anda

Hal ini mungkin terdengar sepele, apalagi selama Anda masih bisa membuka Google Play Store, berarti koneksi jaringan Anda normal. Akan tetapi ini harus selalu menjadi salah satu langkah pertama yang Anda ambil untuk mengatasi masalah ini. Jika Anda menggunakan Wi-Fi, coba buka situs web pada PC Anda atau uji kecepatan internet Anda. Jika berfungsi, namun lambat, mulai ulang modem Anda atau hubungi ISP Anda. Akan tetapi jika berfungsi normal, namun Google Play masih tidak mengunduh aplikasi atau game Anda, alihkan ke data seluler untuk sementara.

Namun sebelum itu, pastikan Anda telah mengaktifkan unduhan data terlebih dahulu. Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Buka Google Play Store lalu ketuk tombol menu pada sudut kiri atas (tiga garis).
  2. Lalu buka Pengaturan => Preferensi unduhan aplikasi => Melalui jaringan apa pun.

Jika Anda sebelumnya tengah menggunakan jaringan seluler, maka sebagai solusi terbaiknya adalah dengan mengalihkan jaringan seluler ke mode pesawat terlebih dahulu. Kemudian baru mencoba mendownload aplikasinya kembali.

Periksa Penyimpanan Internal Anda

Penyebab umum masalah Google Play adalah kurangnya penyimpanan pada ponsel Anda. Biasanya, Anda akan menerima pemberitahuan jika penyimpanan Anda hampir habis saat mencoba mengunduh. Namun, jika Anda masih ingin memastikan bahwa penyimpanan bukan penyebab unduhan tertunda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

  1. Periksa berapa banyak penyimpanan yang Anda miliki secara manual dengan membuka Pengaturan => Penyimpanan.
  2. Kosongkan sebagian ruang dengan mencopot pemasangan aplikasi yang tidak Anda gunakan atau menghapus foto dan video lama yang telah Anda cadangkan.
  3. Coba mulai unduhan Anda sekali lagi.

Mulai Ulang Perangkat Anda (Restart)

Jika Anda masih tidak dapat mengunduh apa pun dan koneksi Anda baik-baik saja, tetapi unduhan Anda masih tertunda, cobalah dengan memulai ulang perangkat Anda. Ini mungkin merupakan langkah mudah lainnya, tetapi ini adalah langkah yang sangat efektif. Cukup tekan dan tahan tombol daya pada perangkat Anda, lalu ketuk Mulai Ulang (Restart).

Semoga bisa membantu mengatasi masalah Anda di Google Play Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.