How To

Cara Mengatasi Jika Anda Tidak Dapat Mengaktifkan Fitur Co-Host di Zoom Meeting

Fitur Co-host pada Zoom memungkinkan Anda untuk membantu kerja host dalam mengendalikan sebuah kegiatan virtual. Cara kerjanya, Co-host dan Host memiliki kesamaan,...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 75 views
Fitur Co Host Pada Zoom

Fitur Co-host pada Zoom memungkinkan Anda untuk membantu kerja host dalam mengendalikan sebuah kegiatan virtual. Cara kerjanya, Co-host dan Host memiliki kesamaan, yakni sama-sama dapat mengendalikan acara, hanya saja seorang co-host tidak dapat menunjuk seseorang menjadi host ataupun co-host lain.

Fitur Co Host Pada Zoom
Fitur Co Host Pada Zoom

image source

Sejak mulai pandemi beberapa tahun lalu, Zoom tetap menjadi semakin populer hingga sekarang ini sebagai aplikasi video telekonferensi. Banyak fitur Zoom yang cukup menarik dan membuat banyak pengguna menyukainya. Sehingga tidak jarang dalam berbagai kegiatan atau acara virtual, selalu menggunakan aplikasi video telekonferensi Zoom. Selain pengoperasiannya yang mudah, juga tidak memerlukan keahlian khusus untuk menjadi seorang Host atau penyelenggara kegiatan virtual tersebut.

Dalam pengoperasiannya, Anda hanya akan disajikan oleh beberapa fitur yang dapat Anda gunakan ketika sedang menyelenggarakan kegiatan virtual. Diantaranya adalah membisukan semua peserta (mute participants), memberikan akses peserta untuk membuka microfonnya dan mengubah namanya sendiri. Selain itu juga mengaktifkan ruang tunggu (waiting room) dan mengunci kegiatan agar peserta lain tidak bisa masuk (lock meeting).

Mengaktifkan Fitur Co-Host Pada Zoom Meeting

  1. Fitur co-host ini tidak aktif secara default pada Zoom Anda. Jadi Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui website resmi zoom.us.
  2. Silahkan Sign in dengan akun Zoom yang Anda gunakan, kemudian masuk pada opsi Personal pilih Settings. Pada In Meeting (Basic) aktifkan Co-host dengan menggeser slide pada samping kanan.
  3. Nah, sekarang Anda sudah bisa mengatur co-host pada peserta yang ada dalam kegiatan virtual Anda.

Terkadang masalahnya muncul ketika Anda masuk pada website Zoom. Anda tidak menemukan opsi co-host dalam cara tersebut. Oleh karenanya, penulis berikan penyebab dan solusi bagaimana mengatasi jika Anda tidak bisa mengaktifkan fitur Co-host pada Zoom.

Cara Mengatasi Jika Anda Tidak Dapat Mengaktifkan Fitur Co-Host di Zoom Meeting

Perlu Anda ketahui, fitur Co-host hanya akan bisa Anda aktifkan jika Anda termasuk salah satu pengguna berbayar. Namun, jika sebagai pengguna free, maka Anda tidak dapat menikmati fitur tersebut. Nah, berikut ini perbedaan Zoom (free) dengan Zoom (Berbayar).

Zoom Meeting (Free)

  1. Durasi waktu hanya 40 menit
  2. Anda tidak memiliki opsi untuk mengaktifkan Co-host
  3. Peserta hanya dapat menampung maksimal 100 orang

Zoom Meeting (Berbayar)

  1. Durasi waktu tak terbatas
  2. Dapat mengaktifkan fitur Co-host
  3. Peserta dapat menampung hingga 1000 orang atau lebih

Biaya Langganan Zoom Meeting

Beberapa paket yang Zoom tawarkan untuk berlangganan adalah sebagai berikut.

  1. PRO : Anda dapat mendapatkan harganya mulai $14.99
  2. BUSINESS : Harga yang ditawarkan mulai $19.99
  3. ENTERPRISE : Harganya adalah $19.99

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat mengunjungi situs zoom.us/pricing.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.