How To

Cara Mengatasi Kesalahan “Sayangnya Gboard Telah Berhenti” di Android

Pernahkah Anda mengalami masalah “Sayangnya Gboard Telah Berhenti” pada ponsel Android Anda? Jika Anda mengalami masalah ini sudah pasti Gboard Anda bermasalah....

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 6 views
Mengatasi Gboard

Pernahkah Anda mengalami masalah “Sayangnya Gboard Telah Berhenti” pada ponsel Android Anda? Jika Anda mengalami masalah ini sudah pasti Gboard Anda bermasalah. Dan pop-up ini akan muncul jika Anda memunculkan papan ketik pada ponsel Anda. Misalnya Anda akan mengirim pesan WhatsApp, atau menulis sesuatu lain pada ponsel Anda.

Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti
Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti keyboard atau papan ketik default Anda ke keyboard lain yang ada pada ponsel Anda selain Gboard. Dengan begitu, Anda tidak akan lagi melihat pesan kesalahan yang terjadi setiap Anda membuka papan ketik. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki keyboard lain delain Gboard. Jika demikian situasi yang Anda alami, Anda harus bisa mengatasi agar Gboard terdapat kembali berfungsi normal seperti biasanya.

Keyboard atau papan ketik merupakan bagian penting yang sebagian besar tidak pernah menyebabkan masalah selain koreksi otomatis yang selalu mengganggu. Namun, tidak ada perangkat lunak yang sempurna, dan itu juga berlaku untuk keyboard Google alias Gboard.

Gboard adalah keyboard default yang terpasang pada sebagian besar perangkat Android. Dan bukan tidak mungkin, sesekali bahkan sering kali pesan kesalahan muncul yang menyebabkan Anda tidak bisa mengetik pada ponsel Anda. Untuk itu, mari lihat solusi untuk menghilangkan pesan kesalahan ini agar keyboard bisa berfungsi dengan normal kembali.

Cara Mengatasi Kesalahan “Sayangnya Gboard Telah Berhenti”

Paksa Berhenti dan Mulai Ulang

Alasan paling umum cenderung karena cache yang salah atau bug dalam aplikasi. Ada kemungkinan itu karena kerusakan perangkat. Namun, ini sangat tidak mungkin.

Jika aplikasi Anda berperilaku tidak semestinya, solusi cepatnya adalah menghentikan aplikasi secara paksa. Force stop memungkinkan kita untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan, menghentikannya dari mengakses file cache apa pun.

  1. Buka pengaturan ponsel Anda.
  2. Masuk pada Aplikasi & notifikasi => Lihat semua aplikasi.
  3. Pilih Gboard lalu ketuk Paksa Berhenti.

Jika ini tidak menghilangkan kesalahan, coba mulai ulang perangkat Anda sebelum beralih ke solusi lain. Restart akan mematikan semua proses yang berjalan, jadi jika kesalahan disebabkan oleh konflik apa pun, maka dengan Restart akan bisa mengatasi pesan kesalahan Anda.

Nonaktifkan dan Aktifkan Kembali Gboard Dari Pengaturan Keyboard

Jika Anda menggunakan beberapa keyboard dan sering berpindah-pindah, baik untuk emoji atau bantuan menulis, ini dapat menyebabkan bug yang membuat Gboard bermasalah.

Hal ini terutama terjadi jika ponsel cerdas Anda adalah model lama. Untuk memastikan semua kesalahan teratasi, Anda harus menonaktifkan dan mengaktifkan kembali keyboard Gboard dari pengaturan keyboard.

  1. Masuk ke pengaturan ponsel Anda.
  2. Pilih Sistem => Bahasa => Papan ketik virtual. Kemudian pilih Kelola keyboard.
  3. Nonaktifkan dan aktifkan kembali Gboard.

Bersihkan Cache dan Data

Cache yang salah cenderung menjadi penyebab utama banyak bug. Ini karena aplikasi Anda mengandalkan informasi dalam cache untuk dapat berjalan dengan cepat dan jika mereka tidak dapat mengaksesnya, aplikasi akan menampilkan pesan kesalahan.

Membersihkan cache membantu menghapusnya dan membuat memory cache Anda kosong.

  1. Buka Pengaturan => Aplikasi & pemberitahuan => Lihat semua aplikasi.
  2. Pilih Gboard. Ketuk Force Stop untuk mematikan aplikasi.
  3. Pilih Penyimpanan & cache dan ketuk Hapus cache.

Perbarui Aplikasi Gboard

Jika tidak ada solusi dari beberapa cara tersebut yang berhasil, maka masalahnya bukan dari perangkat Anda. Kemungkinan besar ini adalah bug aplikasi, jadi Anda harus memeriksa pada Google Play Store untuk pembaruan apa pun.

Jika tidak ada pembaruan yang tersedia, maka Anda harus mengirimkan laporan bug dan mencoba mencopot pemasangan pembaruan terbaru dari ponsel Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan keyboard eksternal layaknya Anda menggunakan sebuah PC atau komputer pada ponsel Anda.

Semoga cara ini dapat mengatasi masalah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.