How To

Cara Mengatasi Masalah Layar Berkedip Pada Samsung Galaxy S10 Plus

Mengatasi masalah layar berkedip pada Samsung Galaxy S10 Plus merupakan suatu keharusan. Pasalnya, Galaxy S10 Plus merupakan ponsel yang masuk dalam jajaran...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 4 views
Cara Mengatasi Masalah Layar Berkedip

Mengatasi masalah layar berkedip pada Samsung Galaxy S10 Plus merupakan suatu keharusan. Pasalnya, Galaxy S10 Plus merupakan ponsel yang masuk dalam jajaran perangkat berkelas. Nah, melalui artikel ini Anda akan menemukan solusi cepat untuk dapat mengatasi masalah layar yang berkedip tersebut.

Cara Mengatasi Masalah Layar Berkedip
Cara Mengatasi Masalah Layar Berkedip

image source

Sebelumnya Anda tentu berharap dengan menggunakan perangkat berbasis Android kelas atas dan super cepat akan terhindar dari masalah. Sepertinya tidak, namun Anda tidak perlu khawatir. Penulis akan memberikan beberapa langkah untuk untuk segera mengatasi masalah ini.

Sekarang, layar dapat berkedip bisa saja karena masalah perangkat keras, meskipun itu sangat tidak mungkin. Tentu saja, dalam situasi itu Anda ingin cepat-cepat mengembalikan ponsel Anda ke layanan sesegera mungkin. Pada sisi lain, dalam kebanyakan situasi layar yang berkedip-kedip hanya terkait dengan kesalahan perangkat lunak. Dan, tentu saja, masalah tersebut dapat dengan mudah dan cepat terselesaikan dengan menerapkan solusi pemecahan masalah khusus.

Cara Mudah Mengatasi Masalah Layar Berkedip Pada Samsung Galaxy S10 Plus

Langkah 1: Reboot paksa Ponsel Galaxy S10 Plus Anda

Masalah perangkat lunak kecil serta gangguan firmware kecil dapat teratasi hanya dengan reboot paksa sederhana. Proses itu akan menyegarkan memori virtual dan akan memuat ulang aplikasi bawaan, yang, dalam kasus kami, mungkin menyebabkan layar berkedip. Caranya adalah:

  1. Tekan dan tahan tombol Volume Turun.
  2. Tetap tahan tombol itu dan saat masih melakukannya, tekan dan tahan tombol Daya juga.
  3. Terus tekan kedua tombol selama 10 atau 15 detik hanya sampai proses reboot dimulai.

Langkah 2: Reboot ke Safe Mode

Dalam safe mode Anda dapat mengetahui apakah masalahnya karena aplikasi yang baru saja Anda instal atau tidak. Setelah safe mode ‘Aktif’, aplikasi pihak ketiga dan proses yang terkait dengannya akan non-aktif. Jadi, jika layar tidak berkedip lagi, itu berarti masalah tersebut karena aplikasi pihak ketiga yang ada pada perangkat Anda. Dan dalam situasi itu Anda harus menghapus aplikasi yang baru saja Anda instal satu per satu sampai kerusakan teratasi

Langkah 3: Hapus Cache Sistem

  1. Matikan ponsel Anda dengan menekan dan menahan tombol Daya hingga proses penonaktifan selesai.
  2. Tekan tombol Daya sekali dan pilih ‘matikan‘. Selanjutnya, reboot ke recovery mode pada S10 Plus Anda.
  3. Dalam recovery mode gunakan tombol Volume rocker untuk menggulir antara opsi dan tombol Daya untuk memilih sesuatu.
  4. Pilih “wipe cache partition” bersama dengan “wipe dalvik cache“.
    Setelah selesai, kembali ke menu utama.
  5. Pilih “boot ulang sistem sekarang“.

Langkah 4: Kembali ke Setelan Pabrik

Seperti biasa, hard reset dapat memecahkan masalah terkait perangkat lunak yang lebih kompleks. Selama operasi ini segala sesuatu terhapus secara keseluruhan. Singkatnya, Anda akan berhasil mengembalikan ponsel cerdas Anda ke dalam setelan awal saat baru dari pabriknya.

Itulah mengapa penting untuk mencadangkan data pribadi Anda terlebih dahulu. Jika tidak, Anda akan kehilangan kontak, log panggilan, teks, gambar, video, file audio, aplikasi pasar, dan data pribadi serupa lainnya.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.