Cara Mengatasi VM Can’t Continue, VM Stop Pada Server UNBK 2019 – UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer yang dicanangkan pemerintah yang dalam hal ini kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam beberapa tahun ini. Kalau tidak salah tahun ini sudah memasuki tahun ke empat. Jika tahun-tahun sebelumnya kemdikbud tidak mewajibkan pelaksanaan UNBK bagi semua sekolah, berbeda dengan tahun ini dimana semua Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan serta sekolah sederajat dibawah naungan Kemenag wajib melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

VM Error UNBK 2019
VM Error UNBK 2019

Apa sih yang sebenarnya diperlukan bagi sekolah penyelenggara UNBK?. Pertama adalah hardware, yang meliputi segala perangkat akses UNBK seperti PC Klien yang akan digunakan siswa dan Server sebagai pusat data. Disamping itu sekolah juga harus menyiapkan jaringan lokal (LAN) dan internet. Kedua adalah brainware atau tepatnya petugas pelaksana, yang meliputi proktor dan teknisi. Kedua orang inilah yang akan bekerja sama untuk mengatasi segala hal yang berkenaan dengan pelaksaan UNBK.

Proktor dan teknisi diharapkan merupakan orang-orang yang mengerti komputer, hal ini dikarenakan untuk memudahkan jika nantinya terdapat kendala pada saat pelaksaan UNBK ataupun yang akan membuat jaringan dan setting Server dan Klien.

Bagi sekolah yang sudah melaksanakan ditahun sebelumnya tentu hal ini bukanlah masalah yang berarti, karena mereka sudah memiliki proktor dan teknisi yang sudah memiliki pengalaman menangani permasalahan-permasalahan dan error server UNBK. Namun bagaimana dengan sekolah yang baru melaksanakan tahun ini? Nah, sebenarnya masalah-masalah yang terjadi tidaklah terlalu rumit, jadi jika anda seorang proktor atau teknisi UNBK disekolah, pesan kami adalah tenang saja jangan panik karena tidak ada masalah yang tidak ada pemecahannya.

Beberapa kendala yang sering muncul dalam setting UNBK 2019 adalah VM Can’t Continue, VM Stop.  Dimana hal ini terjadi pada saat kita menjalankan atau START VM dari Exambro Admin. VM  tidak bisa dijalankan, jika biasanya setelah kita klik tombol START VM jika tidak ada kendala maka sistem akan menjalankan VM secara otomatis kemudian akan tampil status  checking… namun jika muncul status VM Can’t Continue, VM Stop, maka VM tidak akan jalan.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk mengatasi VM Can’t Continue, VM Stop pada server UNBK 2019

    • Pertama adalah pada setting VTx di bios. Pastikan anda telah meng-ENABLE setting VTx pada bios. Mungkin kita telah mengaktifkan fitur IVT (jika dalam VM tida terdapat opsi 64-bit).
    • Kedua, adalah memastikan windows ada tidak ada masalah. Seperti yang disarankan dalam aturan bahwasanya sangat dianjurkan untuk menggunakan windows yang fresh (baru install) mengapa?, hal ini dikhawatirkan jika anda menggunakan windows yang tidak fresh ada beberapa fitur yang terhapus atau port yang dibutuhkan oleh VHD UNBK telah digunakan. Nah, jika anda telah terlanjur menginstall VM (Virtual Machine) dan setting VHD dan semuanya sedangkan waktunya sudah mepet, tidak ada salahnya anda mencoba cara dibawah ini.
      1. Tekan tombol start (logo windows) dipojok kirir bawah, ketikkan cmd pada kotak search

        Cmd
        Cmd
      2. Klik kanan pada cmd pilih Run As Administrator.

        Run As Administrator
        Run As Administrator
      3. Ketik sfc/scannow pada jendela Command Prompt, lalu tekan Enter.

        Sfc Scannow
        Sfc Scannow
      4. Biarkan proses berjalan hingga 100%.
      5. Restart Server anda.

Nah setelah itu silahkan anda jalankan lagi Exambro Admin dengan cara klik kanan – Run As Administrator. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.