How To

Cara Mengatur Otentikasi Dua Faktor Pada Perangkat Fitbit Anda

Mengaktifkan otentikasi dua faktor akan memungkinkan Anda memberikan lapis pengaman pada perangkat maupun akun Anda. Ini berfungsi menjadi lapisan keamanan kedua setelah...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 6 views
Cara Mudah Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor Pada Fitbit

Mengaktifkan otentikasi dua faktor akan memungkinkan Anda memberikan lapis pengaman pada perangkat maupun akun Anda. Ini berfungsi menjadi lapisan keamanan kedua setelah Anda berhasil membuka kunci keamanan awal. Otentikasi dua faktor ini sudah banyak diterapkan pada berbagai macam aplikasi, seperti WhatsApp, Telegram, dan bahkan pada perangkat Fitbit Anda.

Cara Mudah Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor Pada Fitbit
Cara Mudah Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor Pada Fitbit

image source

Fitbit merupakan sebuah perangkat jam tangan pintar dan pelacak kebugaran yang banyak orang gunakan setiap hari. Hal ini tentunya tidak lain hanya untuk dapat memantau kebugaran pada tubuh Anda demi menjaga kesehatan agar lebih stabil. Banyak contoh orang yang selamat dari ancaman penyakit yang berbahaya hanya dengan menggunakan gelang pelacak kebugaran tersebut.

Misalnya Anda dapat mengetahui kondisi jantung Anda secara realtime melalu gelang pelacak kebugaran tersebut. Jadi jika Anda memiliki kelainan pada detak jantung, akan lebih mudah Anda ketahui melalui pemantau kebugaran tersebut. Besar detak jantung yang melebihi ketentuan bisa Anda ketahui lebih awal kemudian memeriksanya pada dokter untuk mengatasi penyakit jantung terjadi.

Dengan pelacak kebugaran tersebut dapat memantau Anda menjadi tetap bugar, membuat Anda tetap pada jalurnya. Selain itu juga dapat membekali Anda dengan lebih baik untuk memahami apa arti semua data kebugaran tersebut. Anda juga dapat menggunakan informasi untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran kita secara keseluruhan. Sayangnya, bagaimanapun, data yang dihasilkan oleh perangkat kebugaran yang Anda kenakan pada pergelangan tangan Anda adalah data yang sangat pribadi yang tidak boleh bocor kepada orang lain.

Untungnya, Fitbit akhirnya memberikan cara kepada pengguna untuk mengamankan informasi akun Anda dengan lebih baik. Melalui artikel ini penulis akan menunjukkan kepada Anda cara mengatur otentikasi dua faktor pada akun Fitbit Anda sehingga data kebugaran pribadi Anda tetap aman pada perangkat Anda.

Cara Mengatur Otentikasi Dua Faktor Pada Perangkat Fitbit Anda

  1. Buka aplikasi Fitbit pada ponsel Anda. Jika ini adalah pertama kalinya menggunakan aplikasi sejak otentikasi dua faktor dirilis, coba ketuk tombol Pelajari lebih lanjut. Kemudian baca informasinya, lalu ketuk Ayo lakukan.
  2. Jika Anda mengabaikan pop-up awal, ketuk profil Anda pada sudut kiri atas aplikasi. Kemudian ketuk Pengaturan Akun => Pilih Otentikasi Dua Faktor.
  3. Tambahkan nomor telepon Anda. Selanjutnya masukkan kode verifikasi yang terkirim melalui SMS ke nomor ponsel yang Anda masukkan.
  4. Ketikkan kata sandi Anda sekali lagi.

Setelah memasukkan kata sandi, Anda akan melihat kode pemulihan otentikasi dua faktor. Ambil tangkapan layar dan/atau tulis pada catatan aman Anda. Anda juga bisa menyimpan pada salah satu aplikasi pengelola kata sandi terbaik. Sayangnya, SMS bukanlah sistem terbaik untuk mengelola otentikasi dua faktor, meskipun banyak yang berpendapat bahwa itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Semoga Fitbit dapat dengan cepat menambahkan metode alternatif seperti Google Authenticator atau Authy sebagai metode otentikasi dua faktor yang lebih aman untuk masa mendatang.

Untuk sementara, penulis masih berpikir bahwa perlu melindungi akun Fitbit Anda dengan cara ini. Sistem otentikasi dua faktor ini untuk akun Anda dan dengan demikian akan berfungsi terlepas dari apakah Anda memiliki pelacak lama dasar atau perangkat Fitbit terbaru dan terbaik.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.