How To

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Secara Offline Dan Online

Disaat pandemi seperti ini, keberadaan media online internet sungguh sangat membantu, karena dari mana saja kita masih bisa menyelesaikan pekerjaan kantor seperti...

Avatar Written by Herman Santoni · 1 min read > 64 views
Cara Mengkompres File PDF

Disaat pandemi seperti ini, keberadaan media online internet sungguh sangat membantu, karena dari mana saja kita masih bisa menyelesaikan pekerjaan kantor seperti program WFH awal bulan Maret lalu. Dan tidak hanya pekerjaan, sekolah dan perkuliahan juga dilakukan secara online atau daring.

Dan tentunya banyak cara mengirim hasil pekerjaan kita secara online. Mungkin beberapa kantor dan perusahaan, mereka sudah memiliki sistem sendiri dan juga memiliki server sendiri untuk memanajemen setiap aktifitas kantor. Dan setiap hasil pekerjaan tentu harus dikirimkan dalam bentuk file, yang dikirim langsung via email atau melalui fitur send file atau attachment via WhatsApp dan aplikasi lainnya.

Cara Mengkompres File PDF 1
Cara Mengkompres File PDF

Tidak hanya pekerjaan, tugas-tugas sekolah dan kuliah tak jarang juga diminta dalam bentuk file untuk dikirimkan ke guru atau dosen. Dan biasanya format file yang paling umum diminta adalah format file PDF.

Namun tidak serta merta kita dapat mengirim file hasil pekerjaan dan tugas-tugas sekolah atau kuliah. Ukuran file yang besar tak jarang menjadi kendala selalu “FAILED” atau GAGAL dalam mengirim file laporan atau tugas kita. Oleh karenanya harus mengecilkan ukuran file pdf tersebut terlebih dahulu agar pengiriman cepat dan tidak selalu gagal.

Selain itu, ukuran file PDF yang kecil juga memungkinkan si penerima dapat mendownload dengan cepat. Keuntungan lainnya adalah dengan ukuran file PDF yang kecil juga dapat menghemat data saat mengirim (meng-unggah) ataupun mendownladnya.

Lantas bagaimana cara mengecilkan ukuran file pdf?. Anda bisa mengecilkan file pdf secara online ataupun secara offline. Jadi sebelum anda kirim file tersebut anda lakukan kompres file pdf. Banyak aplikasi yang bisa anda gunakan dan juga banyak situs-situs online yang bisa anda gunakan untuk mengecilkan ukuran file pdf. Namun kami akan membahas dengan memanfaatkan situs https://smallpdf.com/ sebagai media untuk hal tersebut. Karena selain online situs tersebut juga menyediakan aplikasi untuk versi offlinenya.

Berikut Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Secara Online

  1. Siapkan file pdf yang akan anda kompres atau kecilkan ukurannya.
  2. Buka situs : https://smallpdf.com/
  3. Klik tombol “CHOOSE FILES”. Kemudian browse dimana file pdf yang akan anda kecilkan tersebut, kemudian klik oke (open).
  4. Selanjutnya tunggu proses upload file pdf anda tersebut
  5. Kemudian akan tampil pilihan Basic Compression dan Pro Compression. Perbedaannya adalah Basic Compression file akan dikecilkan hingga 40% dan anda tidak perlu daftar. Sedangkan Pro Compression, file akan dikecilkan hingga 75% namuna anda harus register terlebih dahulu.
  6. Terakhir adalah mendownload hasilnya.

Berikut Langkah-Langkah Mengecilkan Ukuran File PDF Secara Online Dalam Bentuk Gambar

Langkah Pertama

Cara Mngecilkan Ukuran File Pdf Secara Online Step 1
Cara Mngecilkan Ukuran File Pdf Secara Online Step 1

Langkah Kedua

Cara Mngecilkan Ukuran File Pdf Secara Online Step 2
Cara Mngecilkan Ukuran File Pdf Secara Online Step 2

Langkah Ketiga

Cara Mngecilkan Ukuran File Pdf Secara Online Step 3
Cara Mngecilkan Ukuran File Pdf Secara Online Step 3

Berikut Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Secara Online

  1. Siapkan file pdf yang akan kompress
  2. Download dan install aplikasi smallpdf – Kompress File PDF versi trial di https://smallpdf.com/desktop#all-downloads
  3. Setelah anda install, jalankan aplikasi smallpdf.
  4. Tekan menu Compress.
  5. Pilih file yang ingin anda kompress.
  6. Atur folder hasil kompres dengan cara klik menu Save to..
  7. Selanjutnya klik tombol “Compress Files” dipojok bawah.
Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Secara Offline
Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Secara Offline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.