How To

Cara Menggunakan Dual Akun WhatsApp Dalam Satu Ponsel

Menggunakan dual akun whatsApp dalam satu Ponsel saat ini nampaknya semakin banyak manfaatnya. Misalnya Anda ingin membedakan antara WhatsApp untuk urusan kerja...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 13 views
Cara Mudah Menggunakan Dual Akun WhatsApp

Menggunakan dual akun whatsApp dalam satu Ponsel saat ini nampaknya semakin banyak manfaatnya. Misalnya Anda ingin membedakan antara WhatsApp untuk urusan kerja dengan WhatsApp pribadi. Hal ini menjadi penting karena Anda akan bisa lebih fokus pada target yang ingin Anda capai. Misalnya ketika sedang bekerja, Anda dapat menonaktifkan WhatsApp pribadi dan hanya menghidupkan WhatsApp untuk urusan pekerjaan. Jadi Anda tidak akan mungkin lagi terganggu dengan urusan pribadi saat sedang bekerja.

Cara Mudah Menggunakan Dual Akun WhatsApp
Cara Mudah Menggunakan Dual Akun WhatsApp

image source

WhatsApp bisa terbilang merupakan aplikasi perpesanan paling relevan dan populer saat ini di berbagai penjuru dunia. Sangat populer, hal ini menandakan jika seseorang kadang merasa tidak puas dengan hanya memiliki satu akun saja. Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan dua akun WhatsApp, yakni dengan menambah ponsel lagi.

Namun terlepas dari semua itu, membeli ponsel bukanlah solusi mudah dalam mengatasi masalah ini. Sebagai solusi mudah dan alternatif, Anda bisa memanfaatkan sebuah fitur Dual Aplikasi yang ada pada ponsel Anda. Nah, untuk itu penulis akan membahasa tentang bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan fitur Dual Aplikasi pada ponsel Android.

Cara Menggunakan Dual Akun WhatsApp Dalam Satu Ponsel

Kelihatannya bukan hal yang mengejutkan lagi jika Anda ingin menggunakan dua akun WhatsApp dalam satu ponsel di tahun 2021. Pasalnya banyak pabrikan yang sudah menyertakan fitur bawaan untuk mengkloning aplikasinya saat ini.

Sebagai pengantar mungkin ada beberapa alasan mengapa beberapa orang ingin memiliki dua akun WhatsApp Messenger yang berjalan dalam satu ponsel. Beberapa dari Anda mungkin ingin memisahkan akun WhatsApp pribadi dan profesional Anda, atau mungkin hanya geek dalam diri Anda yang ingin menggunakan dua nomor WhatsApp pada satu telepon.

Pada smartphone Android lama, menjalankan dua aplikasi yang sama selalu mengalami banyak bermasalah. Namun, sebagian besar pembuat smartphone populer sejak itu meluncurkan fitur “dual aplikasi” yang memungkinkan pengguna menginstal aplikasi yang sama dua kali pada satu perangkat. Dan sejauh ini, ini adalah cara termudah untuk menggunakan dua akun WhatsApp pada satu ponsel saja. Fitur ini memiliki beberapa nama berbeda tergantung pada merek ponsel cerdas yang Anda gunakan.

Ponsel Samsung – Fitur Dual Messenger

Semua smartphone Samsung keluaran terbaru memiliki fitur yang bernama ‘Dual Messenger’ yang telah dibuat khusus untuk melakukan hal ini. Untuk mengakses Dual Messenger ikuti langkah-langkah ini.

  1. Buka Pengaturan. Gulir ke bawah ke ‘Fitur lanjutan‘.
  2. Ketuk ‘Dual Messenger‘ dan alihkan sakelar pada sebelah ‘WhatsApp‘ ke aktif.
  3. Aplikasi Anda sekarang akan menginstal salinan WhatsApp kedua pada ponsel Anda.
  4. Selanjutnya Anda tinggal masuk ke WhatsApp kedua seperti biasanya.

Ponsel Xiaomi – Fitur Dual Apps

Pada perangkat Xiaomi yang menjalankan MIUI, Anda dapat menggunakan fitur yang disebut ‘Aplikasi ganda’ untuk menggunakan dua akun WhatsApp pada ponsel Anda. Inilah cara Anda dapat mengakses fitur ini.

  1. Buka Pengaturan dan gulir ke Aplikasi.
  2. Pilih Aplikasi Ganda dan di layar berikutnya, ketuk ‘Buat‘.
  3. Silahkan pilih WhatsApp dari daftar aplikasi dan pastikan sakelar untuk Aplikasi ganda telah Anda aktifkan.
  4. Anda sekarang akan melihat opsi untuk mengaktifkan Aplikasi ganda untuk layanan Google. Nyalakan dan telepon akan membuat iterasi baru WhatsApp. Maka Anda akan melihat dua ikon untuk WhatsApp pada ponsel Anda.
  5. Selanjutnya siapkan akun WhatsApp baru seperti biasa.

Ponsel Oppo/Realme – Fitur App Cloner

Jika Anda memiliki smartphone Oppo atau Realme, Anda dapat memiliki dua instance WhatsApp dalam satu ponsel menggunakan fitur App cloner. Inilah cara Anda dapat menggunakannya.

  1. Buka Pengaturan dan cari ‘App cloner‘.
  2. Pilih WhatsApp dari daftar aplikasi.
  3. Pastikan Anda mengaktifkan sakelar, maka ponsel akan segera membuat iterasi terpisah dari WhatsApp.
  4. Atur secara normal dan Anda siap menggunakan WhatsApp kedua pada ponsel Anda.

OnePlus – Fitur Parallel Apps

Ponsel OnePlus yang menjalankan OxygenOS dapat menjalankan dua instance WhatsApp dengan mengaktifkan fitur yang “Aplikasi paralel”. Inilah cara Anda dapat melakukannya.

  1. Buka Pengaturan dan gulir ke bawah ke Utilitas dan ketuk.
  2. Pilih Aplikasi Paralel dan ketuk sakelar pada sebelah WhatsApp. Maka Instance baru WhatsApp akan segera dibuat.
  3. Anda sekarang akan melihat dua ikon terpisah untuk instance WhatsApp yang terpisah. Lalu masuk ke akun WhatsApp alternatif Anda.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.