How To

Cara Menggunakan Google Authenticator untuk Gmail, Facebook, Instagram dan Lainnya

Google Authenticator atau yang biasanya banyak orang sebut sebagai Otentikasi dua faktor adalah autentikator berbasis perangkat lunak oleh Google yang mengimplementasikan layanan...

Written by Zack Kamil · 1 min read > 32 views
Google Authenticator

Google Authenticator atau yang biasanya banyak orang sebut sebagai Otentikasi dua faktor adalah autentikator berbasis perangkat lunak oleh Google yang mengimplementasikan layanan verifikasi dua langkah menggunakan Algoritma Kata Sandi Satu Kali Berbasis Waktu. Hal ini sebagai langkah sederhana untuk mengamankan email, media sosial, dan sebagian besar akun online lainnya.

Cara Menggunakan Google Authenticator
Cara Menggunakan Google Authenticator

Sementara otentikasi dua faktor secara teknis berarti Anda memiliki dua lapisan keamanan yang melindungi akun Anda. Biasanya, satu kata sandi, dan yang kedua biasanya kata sandi satu kali (OTP). Jadi kebanyakan orang yang berbicara tentang otentikasi dua faktor biasanya menggunakan OTP baik melalui SMS ataupun Panggilan Suara.

Setelah Anda mengaktifkan lapisan keamanan tambahan ini pada akun Anda, Anda akan mendapatkan OTP melalui pesan teks atau aplikasi autentikator setiap kali Anda masuk ke akun Anda. Ini berarti jika seseorang mengetahui kata sandi Anda, mereka tidak akan dapat masuk ke akun Anda. Karena mereka tidak akan memiliki akses ke kata sandi satu kali yang di dapat dari Google Authenticator.

Cara Menggunakan Otentikasi Dua Faktor

Tidak semua situs mendukung otentikasi dua faktor. Akan tetapi Anda harus menggunakan fitur keamanan ini pada setiap situs yang mendukungnya. Tentu, ini menambahkan langkah ekstra saat Anda masuk ke akun online Anda, tetapi ingat bahwa itu juga melindungi akun Anda.

Jika Anda tidak ingin menggunakan ini di mana-mana, kami sarankan Anda mengaktifkannya di semua akun email Anda. Selama email Anda tidak disusupi, sebagian besar akun online Anda juga akan aman. Nah, berikut ini Penulis berikan langkah-langkah untuk menggunakan otentikasi dua faktor pada Gmail, Facebook, Instagram dan lainnya.

Instal Aplikasi Google Authenticator

  1. Unduh aplikasi Google Authenticator langsung dari Google Play Store atau App Store.
  2. Buka Google Authenticator pada ponsel Anda
  3. Pada bagian layar bawah ponsel muncul dua pilihan “Scan Barcode” dan “Manual Entry” pilih salah satunya.
  4. Jika Anda memilih “Scan Barcode” maka harus mengunduh terlebih dahulu pemindai QR code dari Google Play Store atau App Store untuk memverifikasi koneksi Google Authenticator dengan akun Anda.
  5. Untuk opsi “Manual Entry” berarti Google akan mengirim Anda kode 16 digit ke e-mail. Anda dapat masukkan kode tersebut untuk menyelesaikan proses verifikasi.
  6. Kemudian aktifkan “Time Based” untuk memastikan kode yang Anda masukkan selaras dengan pembuatan kode sandi terbaru Authenticator.

Selanjutnya, Anda tinggal memilih aplikasi mana saja yang ingin Anda aktifkan verifikasi dua langkah dengan menggunakan Google Authenticator selagi aplikasi tersebut mendukung. Seperti halnya Gmail, Facebook atau Instagram.

Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal masuk ke aplikasi Gmail/Facebook/Instagram pada ponsel, kemudian cari menu Security/Keamanan =>Two-factor authentication, kemudian aktifkan opsi Authentication App. Selesai, kini setiap kali akan masuk ke akun yang telah dihubungkan dengan Google Authenticator maka Anda harus memasukkan kode verifikasi enam digit dari aplikasi Authenticator tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.