How To

Cara Menggunakan Mouse dan Keyboard di Android

Mouse dan Keyboard merupakan bagian dari perangkat input yang dapat memudahkan Anda dalam mengerjakan tugas tertentu pada PC. Namun tahukah Anda jika...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 7 views
Menggunakan Keyboard Di Android

Mouse dan Keyboard merupakan bagian dari perangkat input yang dapat memudahkan Anda dalam mengerjakan tugas tertentu pada PC. Namun tahukah Anda jika Mouse dan Keyboard juga bisa Anda gunakan untuk menjadi papan ketik ponsel Android Anda? Ini tentunya akan membuat pengalaman ponsel menjadi lebih menyenangkan dari pada Anda harus mengetiknya pada layar ponsel.

Cara Menggunakan Mouse Dan Keyboard Pada Android
Cara Menggunakan Mouse Dan Keyboard Pada Android

Sebagian besar perangkat Android menggunakan jari Anda sebagai metode input utama. Bagi sebagian orang ini adalah kekurangannya; karena menggunakan digit Anda untuk mengontrol perangkat Anda tidak semulus menggunakan mouse dan keyboard layaknya Anda mengoperasikan PC. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan Mouse dan Keyboard ke PS5.

Bukankah lebih bagus jika Anda dapat menggunakan perangkat input komputer tersebut ke ponsel atau tablet Anda? Kabar baiknya adalah Anda bisa melakukannya dengan menggunakan mouse dan keybiard. Nah, berikut ini cara menggunakan mouse dan keyboard pada perangkat Android Anda.

Download DeskDock Untuk Mengontrol Android Anda Dengan Mouse

Anda dapat menggunakan aplikasi bernama DeskDock pada Google Play Store. Dari sini Penulis akan membahas pendekatan lain tentang cara menggunakan keyboard dan mouse untuk Android nanti. Akan tetapi menggunakan DeskDock adalah pendekatan tercepat, termudah, dan paling andal untuk menghubungkan Android, mouse, dan keyboard.

DeskDock menawarkan versi Gratis dan Pro. Versi Pro tersedia sebagai unduhan terpisah dengan pembayaran lebihb dahulu.

Download: DeskDock (Gratis) | DeskDock Pro ($5.49)

Fitur-Fitur Aplikasi DeskDock

DeskDock pada dasarnya merupakan aplikasi yang dapat mengubah layar Android Anda menjadi monitor kedua. Hal ini memungkinkan Anda untuk memindahkan mouse ke perangkat Anda dengan memindahkannya melewati batas layar komputer Anda.

Seperti yang Anda harapkan, fitur lengkapnya lebih banyak tersedia pada versi Pro daripada versi Gratis. Misalnya, versi Gratis hanya menawarkan kemampuan untuk berbagi mouse dengan Android. Jika Anda ingin menggunakan keyboard dan mouse laptop pada Android, Anda harus menggunakan versi Pro.

Jika Anda berencana untuk sering menggunakan aplikasi ini, versi Pro layak untuk Anda gunakan. Namun, sebagai saran untuk menguji versi Gratis terlebih dahulu untuk memastikan bahwa aplikasi ini dapat berjalan lancar pada ponsel Anda.

Beberapa fitur terbaik DeskDock versi Gratis meliputi:

  • Papan klip bersama: Anda dapat dengan mudah menyalin dan menempelkan data antara PC dan perangkat Anda.
  • Dukungan multisentuh: Aplikasi ini menyediakan pintasan yang dapat mensimulasikan gerakan multisentuh pada perangkat Anda, artinya Anda tidak perlu menyentuh ponsel secara fisik saat aplikasi aktif.
  • Dukungan multi-perangkat: Jika Anda memiliki beberapa perangkat Android, Anda dapat menghubungkan semuanya ke satu instance aplikasi dan menggunakannya secara bersamaan.
  • Pengaturan mouse Android yang dapat disesuaikan: Anda dapat memilih tindakan apa yang ingin Anda kaitkan dengan klik kiri atau kanan.

Cara Mengatur DeskDock

Berikut ini cara menginstal DeskDock dan menjalankannya pada perangkat Anda.

Siapkan Server DeskDock: Java dan USB Debugging

Sebelum Anda menginstal aplikasi pada perangkat Anda, Anda harus terlebih dahulu menginstal server. Ini adalah bagian paling rumit dari menghubungkan Android, mouse, dan keyboard Anda. Server membutuhkan Java Runtime Environment 1.7 atau lebih tinggi.

Selanjutnya, Anda perlu mengaktifkan USB debugging pada ponsel atau tablet Anda. Opsi ini tersimpan pada menu opsi Pengembang yang tersembunyi. Untuk mengaktifkan menu opsi Pengembang, buka Pengaturan => Tentang Telepon dan ketuk Build Number 7x.

Setelah perangkat Anda mengonfirmasi bahwa Mode Pengembang telah aktif, buka Pengaturan => Sistem => Opsi pengembang => Debugging => USB debugging dan pastikan sakelar dihidupkan. Ketuk OK saat Anda melihat konfirmasi di layar.

Hubungkan Perangkat Anda

Selanjutnya, Anda harus menghubungkan perangkat Android ke komputer menggunakan kabel USB. Dalam kebanyakan kasus, kabel pengisian daya Anda yang biasa sudah cukup. Saat Anda menghubungkan perangkat Anda melalui USB akan meminta komputer Anda untuk menginstal driver ADB perangkat Anda secara otomatis.

Terakhir, Anda perlu mengunduh perangkat lunak server DeskDock. Pastikan Anda mengunduh versi yang sesuai dengan sistem operasi Anda. Server adalah aplikasi mandiri; Anda tidak perlu menginstal file apa pun pada perangkat Anda untuk menggunakannya.

Jika server berhasil diluncurkan, Anda akan melihat ikon di baki sistem Anda. Klik kanan pada aplikasi untuk menyesuaikan pengaturannya.

Unduh: Server DeskDock (Gratis)

Cara Menggunakan Aplikasi Android DeskDock

Silahkan download aplikasinya melalui Google Play Store untuk menginstal aplikasi Android DeskDock pada perangkat Anda.

Jika Anda mengatur server dengan benar, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyambungkan ponsel ke komputer melalui USB. Aplikasi harus secara otomatis menemukan server dan membuat koneksi dengan sendirinya saat mouse dan keyboard Anda hubungkan.

Jika aplikasi dan server tidak dapat membuat koneksi, kemungkinan Anda tidak menginstal driver yang tepat. Kunjungi kembali bagian sebelumnya dan verifikasi bahwa Anda menjalankan driver ADB perangkat Anda daripada driver MTP.

Bagi Anda yang masih menjalankan Android 8 Oreo atau lebih tinggi, maka Anda harus mengaktifkan DeskDock sebagai Layanan Aksesibilitas (buka Pengaturan => Aksesibilitas => Layanan yang Diunduh => DeskDock dan geser sakelar ke sebelah Gunakan layanan ke posisi Aktif).

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.