How To

Cara Menghapus 15 Menit Terakhir Riwayat Pencarian di Chrome Android

Menghapus riwayat pencarian pada Google Chrome merupakan langkah untuk menghilangkan jejak Anda saat berselancar di Chrome. Menghilangkan riwayat dapat menjaga keamanan data...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 1 view
Cara Mudah Menghapus Riwayat Pencarian 15 Menit Terakhir

Menghapus riwayat pencarian pada Google Chrome merupakan langkah untuk menghilangkan jejak Anda saat berselancar di Chrome. Menghilangkan riwayat dapat menjaga keamanan data atau situs yang Anda kunjungi melalui Google Chrome. Hal ini paling baik jika Anda sedang menggunakan perangkat bukan milik Anda untuk berselancar dalam dunia internet.

Cara Mudah Menghapus Riwayat Pencarian 15 Menit Terakhir
Cara Mudah Menghapus Riwayat Pencarian 15 Menit Terakhir

image source

Jadi setelah Anda melakukannya, Anda bisa dengan mudah langsung menghapus jejak-jejak yang pernah Anda kunjungi. Biasanya menghapus riwayat ini paling sedikitnya yang bisa Anda hapus adalah 30 menit menit, jadi jika kurang Anda tidak akan bisa menghapus riwayat yang pernah Anda kunjungi. Namun melalui artikel ini, penulis akan memberikan langkah bagaimana jika Anda ingin menghapus riwayat pencarian ini setidaknya 15 menit terakhir sejak Anda menggunakannya.

Secara tidak langsung Google akan menyinkronkan apa yang Anda lakukan antar perangkat. Jika Anda menggunakannya melalui Desktop, maka riwayat tersebut juga akan muncul pada perangkat lain yang satu akun dengan Anda. Misalnya ponsel Android Anda. Ada manfaat yang jelas dari ini, yakni Anda dapat memeriksa silang dengan hasil relevan sebelumnya. Selain itu juga melanjutkan dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan. Namun, ada juga kelemahannya, yaitu hasil yang mungkin tidak Anda inginkan dalam riwayat pencarian Anda sebelumnya. Maka dari itulah sebabnya Google menawarkan beberapa solusi terkait cara menghapus riwayat pencariannya.

Cara Mudah Menghapus Riwayat Pencarian Chrome 15 Menit Terakhir

Secara default, Google menawarkan fitur “Hapus Otomatis”, yang akan terus menghapus data aktivitas pengguna setelah 18 bulan. Fitur ini dapat Anda nonaktifkan dari Akun Google Anda. Selain itu, Anda bahkan dapat menyetel untuk jangka waktu yang lebih lama (hingga 36 bulan) atau lebih pendek (hingga 3 bulan).

Selain itu, dari pengaturan browser Chrome atau Akun Google Anda, Anda juga dapat menghapus seluruh atau satu per satu riwayat penjelajahan Anda.

Namun, akan menyulitkan jika Anda menghapus data aktivitas pada seluruh riwayat pencarian. Karena hal itu Google membatasi pengalaman pada layanan Google lainnya seperti YouTube dan Maps. Sebagai solusinya, Google mengumumkan pada bulan Mei dalam Google I/O kemampuan untuk melakukan penghapusan cepat hasil pencarian Anda. Anda memungkinkan untuk menghapus 15 menit terakhir dari riwayat pencarian Anda dengan satu ketukan pada gambar profil Akun Google Anda.

  1. Buka aplikasi Google Chrome melalui Android ataupun iOS.
  2. Ketuk foto profil akun Google Anda untuk mengakses menu.
  3. Pilih “Hapus 15 menit terakhir“.

Bagaimana jika Anda tidak menemukan opsi ini? Sebagai solusinya, silahkan lakukan update terlebih dahulu aplikasi Google Chrome Anda melalui Google Play Store ataupun App Store untuk iOS.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.