How To

Cara Menghentikan Aplikasi Android yang Berjalan di Latar Belakang

Menghentikan aplikasi berjalan pada latar belakang sistem Android merupakan langkah tepat yang perlu Anda lakukan. Jika tidak, ini akan berakibat pada baterai...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 2 views
Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang

Menghentikan aplikasi berjalan pada latar belakang sistem Android merupakan langkah tepat yang perlu Anda lakukan. Jika tidak, ini akan berakibat pada baterai ponsel yang akan terkuras habis. Baterai akan terkuras lebih cepat dari yang Anda harapkan merupakan salah satu masalah terbesar dengan ponsel Android mana pun.

Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang
Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang

image source

Kemudian melakukan pengisian daya dengan segera setelah pengisian penuh semalaman selalu merupakan hal yang kurang baik jika hal itu Anda lakukan secara terus menerus. Jika Anda tidak menginginkan hal ini terjadi, mungkin sudah saatnya Anda melakukan analisa pada ponsel Anda dan yang menjadi penyebab utamanya adalah aplikasi pada latar belakang sistem.

Aplikasi pada latar belakang dapat menguras baterai dan sumber daya ponsel Anda. Akan tetapi mungkin ada beberapa penyebab berbeda untuk masalah Anda. Beberapa aplikasi mungkin tidak dioptimalkan dengan baik, beberapa mungkin malware, atau beberapa lagi karena sistem yang memiliki bug. Nah, yang akan penulis urai sekarang ini adalah mengenai cara menghentikan aplikasi yang berjalan pada latar belakang ponsel Anda.

Periksa Aplikasi yang Menguras Ponsel Anda

Baterai

Karena masa pakai baterai sangat penting, baterai dipantau dengan baik oleh OS Android Anda. Untuk melihat aplikasi yang menghabiskan daya, buka Pengaturan => Baterai => Penggunaan Baterai. Anda akan mendapatkan daftar yang akurat hingga dua titik desimal dari aplikasi yang menguras baterai Anda. Bergantung pada perangkat dan perangkat lunak Anda, biasanya aplikasi akan terbagi menjadi aplikasi sistem atau non-sistem.

Semakin banyak Anda menggunakan aplikasi tertentu, semakin tinggi daftar dari aplikasi tersebut dalam memakai baterai Anda. Cari aplikasi apa pun yang tidak Anda kenal menggunakan lebih dari persentase kecil baterai Anda. Aplikasi apa pun yang menggunakan lebih dari beberapa persen layak untuk Anda lihat

RAM

Menggunakan opsi Pengembang, Anda juga dapat memeriksa aplikasi mana yang mendominasi memori terbatas ponsel Anda. Mungkin aplikasi tidak menggunakan banyak baterai, tetapi ketika Anda hanya bekerja dengan RAM 2GB dan aplikasi yang tidak Anda gunakan menghabiskan beberapa ratus MB, membuat Anda kekurangan memori yang tersedia.

Anda dapat memeriksa ini dengan beberapa cara berbeda, tetapi inilah cara yang pasti yang bekerja pada versi Android baru: Buka Pengaturan => Sistem => Tentang ponsel.

Gulir ke bawah dan temukan “Build number” lalu ketuk tujuh kali. Ini akan mengaktifkan “Opsi pengembang” pada perangkat Anda. Maka Anda akan melihat pemberitahuan bahwa telah masuk pada opsi Developer. Sekarang kembali ke Pengaturan => Sistem, dan Anda akan dapat memilih “Opsi pengembang” dari sana.

Lalu buka Pengaturan => Opsi Pengembang => Proses. Untuk mengetahui aplikasi mana yang banyak menggunakan RAM.

Hentikan Aplikasi atau Hapus Instalan Aplikasi Latar Belakang Anda

Setelah Anda menemukan aplikasi tersebut, Anda harus tahu apa yang harus lakukan selanjutnya. Untungnya, Anda memiliki beberapa opsi untuk Anda pilih jika Anda tidak ingin menghapus aplikasi sepenuhnya.

Menghentikan Aplikasi Melalui Opsi Pengembang

Anda dapat menghentikan aplikasi yang bekerja dengan RAM tinggi apalagi aplikasi tersebut tidak Anda kenal. Sehingga ini wajib untuk Anda lakukan agar tidak menguras RAM ponsel Anda.

Melakukan Force Stop Aplikasi atau Uninstall

Setelah Anda mengidentifikasi aplikasi latar belakang Anda, mungkin ada baiknya memeriksa semua aplikasi yang telah Anda instal. Adapun caranya adalah dengan membuka Pengaturan => Aplikasi & Pemberitahuan => Aplikasi.

Anda akan melihat semua daftar aplikasi Anda dalam urutan abjad. Anda dapat mengeklik aplikasi apa pun dan memutuskan untuk Memaksanya Berhenti atau Mencopotnya. Seperti sebelumnya, Force Stop mungkin menyebabkan crash, tetapi Anda akan baik-baik saja setelah melakukan reboot.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.