How To

Cara Menghentikan Chromebook Agar Tidak Membuka Browser Chrome Saat Startup

Menghapus browser Chrome dari startup akan membantu menghentikan Chromebook membukanya saat baru pertama kali menghidupkannya. Hal ini bagi sebagian orang dianggap mengganggu...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 5 views
Menghapus Chrome Dari Startup Chromebook

Menghapus browser Chrome dari startup akan membantu menghentikan Chromebook membukanya saat baru pertama kali menghidupkannya. Hal ini bagi sebagian orang dianggap mengganggu karena browser langsung terbuka saat laptop baru masuk pada layar beranda.

Menghapus Chrome Dari Startup Chromebook
Menghapus Chrome Dari Startup Chromebook

image source

Chromebook Anda tidak sama dengan PC biasa. Laptop Chromebook ini didukung oleh browser Chrome Google dengan memberikan pengalaman online yang cepat, sederhana, dan aman. Jika melihat lebih dalam, semua sistem yang ada pada Chromebook mirip sekali dengan ponsel Android pada umumnya. Bahkan sebagian besar Chromebook saat ini juga memiliki dukungan Google Play Store yang bisa Anda gunakan untuk mendownload dan menginstal aplikasi.

Justru karena alasan inilah browser Chrome akan terbuka secara otomatis setiap kali Anda menghidupkan Chromebook Anda. Hal ini sebagai salah satu cara yang lebih baik untuk menunjukkan kekuatan Chromebook Anda selain dengan menempatkan browser pada bagian depan dan tengah layar utama. Namun, ternyata beberapa orang lebih suka memulai dengan desktop kosong tanpa membuka aplikasi apapun termasuk browser Chrome.

Nah, dengan bantuan tombol tersembunyi yang terdapa pada pembaruan Chrome OS 92 terbaru, Anda dapat menghentikan Chromebook agar tidak membuka browser Chrome saat Anda baru memulainya.

Cara Menghentikan Chromebook Agar Tidak Membuka Browser Chrome Saat Startup

Meskipun Google memberikan nama sistem operasinya ini menurut nama browser, namun laptop Chrome OS Anda adalah perangkat multi yang menjalankan berbagai macam aplikasi desktop dan Android. Faktanya, Google berencana untuk melepaskan ketergantungan sistem operasinya pada browser bersama dengan proyek Lacros yang ambisius. Itu bisa menjadi alasan Google mengembangkan solusi asli untuk memulihkan aplikasi dan tab Anda daripada mengandalkan mekanisme Chrome yang cukup terbatas.

Oleh karenanya, Anda dapat mencegah browser Chrome terbuka otomatis saat boot awal dengan memanfaatkan fitur restore Google yang akan datang melalui pembaruan Chrome OS 92. Anda dapat mengaktifkan fitur dengan menyalin dan menempelkan URL berikut ini ke bilah alamat Chrome, lalu mengaktifkannya melalui menu drop-downnya :

chrome:flags#full-restore

Chrome OS full restore – Chrome OS

Saat memulai ulang Chromebook, Anda akan melihat bahwa Chrome tidak akan terbuka secara otomatis. Anda akan menemukan dialog pada baki sistem yang menawarkan opsi untuk memulihkan aplikasi atau membatalkan. Jika Anda merasa pesan tersebut mengganggu, Anda dapat menghindari pemulihan melalui preferensi sistem. Atau, Anda dapat menyesuaikan fitur pemulihan baru dengan masuk ke preferensi sistem.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.