How To

Cara Menghilangkan Tombol “Apps” Pada Bookmarks Google Chrome

Jika Anda sebagai salah satu pengguna browser Google Chrome, tentunya Anda akan melihat tombol Apps pada bagian kiri, untungnya Anda juga dapat...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 3 views
Menghilangkan Tombol Apps Pada Google Chrome

Jika Anda sebagai salah satu pengguna browser Google Chrome, tentunya Anda akan melihat tombol Apps pada bagian kiri, untungnya Anda juga dapat menghilangkan tombol Apps tersebut. Tombol ini merupakan pintasan yang sengaja Google buat untuk memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi favorit Anda. Bagi sebagian orang adanya pintasan tombol Apps ini dapat mengganggu kenyamanan ketika sedang memiliki bookmark yang banyak.

Menghilangkan Tombol Apps Pada Google Chrome
Menghilangkan Tombol Apps Pada Google Chrome

image source

Google Chrome merupakan browser favorit yang sering digunakan oleh banyak orang saat berselancar dalam dunia maya. Tampilan Chrome yang sederhana dan ringan membuat banyak orang jatuh hati dan betah menggunakanya. Selain itu, fitur-fiturnya yang terbilang cukup lengkap jika dibandingkan dengan browser lainnya. Tak hanya itu, Google Chrome menyediakan game saat kondisi perangkat sedang offline.

Game tersebut bernama Dinosaurus yang akan muncul secara otomatis saat membuka laman web dan koneksinya tiba-tiba terputus. Maka Anda akan mendapatkan tampilan sosok T-Rex ini. Akan tetapi, ada pengguna yang tidak mengetahui alur untuk bisa main game bergenre endless runner dengan T-Rex ini. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menekan tombol spasi (space bar) untuk dapat memainkannya.

Nah, pada kesempatan ini penulis akan membahas cara meng

Cara Menghilangkan Tombol “Apps” Pada Bookmarks Google Chrome

Tombol “Apps” merupakan bagian default dari Bookmark Chrome. Jika Anda mengkliknya, maka Anda akan masuk pada chrome://apps/page, yang merupakan pintasan untuk aplikasi web yang terpasang dari Toko Web Chrome. Perlu Anda perhatikan bahwa tombol “Apps” Chrome tidak sama dengan “Ekstensi” Chrome, yang dengan mudah Anda akses melalui menu Ekstensi pada bagian pojok kanan atas browser. Namun, anda bisa menghilangkan tombol tersebut dengan cara:

  1. Pertama, buka Browser Google Chrome pada komputer Anda. Baik menggunakan Windows, Mac, ataupun Linux.
  2. Selanjutnya, klik kanan pada bagian Bilah Bookmark. Maka Anda akan ditampilkan beberapa menu tepatnya pada bagian bawah. “Show apps shortcut” dan “Show bookmarks bar“.
  3. Jika Anda menghilangkan centang pada “Show apps shortcut” Maka tombol “Apps” akan hilang dari Bilah Bookmark Anda.

Memang disadari atau tidak, tombol “Apps” bukanlah masalah besar. Akan tetapi jika Anda tidak menggunakannya. Biasanya ini akan mulai menjadi masalah jika Anda memiliki banyak bookmark. Maka dari itu, bisa saja Anda ingin menghilangkan tombol Apps tersebut untuk kemudian diganti dengan Bookmarks pilihan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menghilangkan Bookmarks bar jika tidak digunakan agar tampilan Chrome Anda menjadi lebih bersih. Bookmark adalah tautan (link) ke website yang tersimpan pada browser yang Anda gunakan. Anda dapat mengakses website berulang kali hanya dengan mengklik bookmark tersebut, tidak perlu lagi mengetik url website.

Secara default, bookmark diwakili oleh favicon (favorite icon) dan deskripsi singkat dari website. Bookmark sangat membantu ketika Anda sering kali mengunjungi halaman website tertentu, namun telah lupa url-nya. Membuat atau menambahkan bookmark pada hampir semua browser tidak sulit, namun hanya lebih simple dan mudah jika membuatnya melalui Google Chrome. Berikut ini adalah cara membuat atau menambahkan bookmark pada browser Chrome Anda:

Cara Menambahkan Bookmarks Pada Google Chrome

  1. Bukalan browser Google Chrome dan buka website yang ingin Anda kunjungi dengan mengetik url pada address bar browser Google Chrome. Misalnya https://jauhari.net
  2. Selanjutnya klik ikon bookmark berupa gambar bintang warna putih, kemudian rubah teks default yang ada pada kotak teks Name. Bila browser Google Chrome telah ada folder untuk mengelompokkan bookmark, Anda juga dapat menentukan folder dari bookmark yang sedang Anda buat.
  3. Sekarang, Anda dapat melihat bookmark website jauhari.net telah ditambahkan menjadi bookmark bar.
  4. Selanjutnya untuk mengakses website tersebut, Anda hanya tingga klik pada bookmark bar sesuai dengan nama website tersebut.

Setelah Anda banyak membuat bookmarks pada Google Chrome, Anda juga dapat menyimpannya pada perangkat Anda. Jadi saat Google Chrome Anda hilang atau error, maka Anda masih memiliki file backup bookmarks yang ada pada perangkat. Begini cara menyimpan bookmark pada perangkat Anda.

Cara Ekspor dan Impor Bookmarks

Cara Ekspor Bookmarks

  1. Pada halaman browser, klik kanan pada area bookmarks, kemudian pilih Bookmark manager
  2. Anda akan melihat titik tiga vertikal pada bagian kanan atas, kemudian klik pada titik tiga tersebut, pilih Eksport Bookmarks.
  3. Sekarang tentukan lokasi penyimpanan bookmarks Anda, kemudian klik Simpan.

Cara Impor Bookmarks

Sebelum Anda melakukan impor bookmarks pada browser Chrome Anda, pastikan terlebih dahulu Anda memiliki file backup bookmark yang berbentuk html. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka bookmark manager, kemudian pada titik tiga vertikal pilih Import bookmarks.
  2. Selanjutnya carilah file html yang berisi bookmarks yang tersimpan pada perangkat Anda.
  3. Kemudian pilih file tersebut, lalu Open untuk memulai proses import bookmarks.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.