How To

Cara Menghubungkan Ponsel Android ke Jaringan WiFi yang Disembunyikan

Pernahkah Anda mendapatkan sebuah jaringan WiFi yang disembunyikan, dan bisakah Anda menghubungkan ponsel Anda ke Jaringan WiFi tersebut? Kondisi ini banyak terjadi...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 4 views
Cara Mudah Menghubungkan Ponsel Ke Jaringan WiFi Yang Tersembunyi

Pernahkah Anda mendapatkan sebuah jaringan WiFi yang disembunyikan, dan bisakah Anda menghubungkan ponsel Anda ke Jaringan WiFi tersebut? Kondisi ini banyak terjadi pada area sekitar kita, yang mana sinyal WiFi hanya muncul tulisan “Hidden Network“.

Cara Mudah Menghubungkan Ponsel Ke Jaringan WiFi Yang Tersembunyi
Cara Mudah Menghubungkan Ponsel Ke Jaringan WiFi Yang Tersembunyi

image source

Agar Anda dapat terhubung pada jaringan tersebut, sekarang ini Anda berada dalam waktu yang tepat. Pada artikel ini, penulis akan menunjukkan cara menghubungkan ke jaringan WiFi yang tersembunyi pada ponsel Android Anda.

Apa itu Jaringan WiFi Tersembunyi?

Menurut definisi, jaringan tersembunyi adalah jaringan yang tidak mempublish SSID-nya, jadi biasanya akan muncul sebuah sinyal bagus dengan nama Hidden Network. Akibatnya, jaringan WiFi tersembunyi tidak terlihat pada perangkat Anda saat Anda menavigasi ke bagian jaringan yang tersedia pada daftar jaringan WiFi ponsel Anda. Sehingga hal ini berakibat bahwa Anda tidak bisa menghubungkannya seperti yang biasa Anda lakukan.

Saat mendapatkan sebuah jaringan WiFi yang tersembunyi SSID-nya, berarti Anda perlu melakukan beberapa hal agar ponsel Anda dapat mengakses jaringan tersebut. Biasanya, Anda hanya perlu mengetahui kata sandi untuk terhubung ke Wi-Fi. Akan tetapi karena SSID-nya juga tersembunyi, jadi Anda harus mengetahui keduanya, yakni SSID dan juga kata sandinya.

Begini Cara Menghubungkan ke Jaringan yang Tersembunyi di Android

Jika Anda mengalami masalah saat menyambung ke jaringan Wi-Fi tersembunyi, cara berikut akan membantu Anda. Langkah-langkah spesifik mungkin sedikit berbeda pada setiap perangkat, akan tetapi idealnya sama. Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih opsi WiFi.
  2. Ketuk Tambahkan jaringan.
  3. Masukkan SSID jaringan tersembunyi (Anda mungkin perlu mendapatkan info ini dari siapa pun yang memiliki jaringan). Selanjutnya masukkan jenis keamanan, lalu kata sandi (jika ada).
  4. Ketuk Hubungkan.

Perlu Anda ingat, dalam menulis SSID WiFi, harus sama dengan SSID WiFi yang tersedia, baik mulai dari penulisan huruf kecil, besar atau bahkan simbol lainnya. Jika tidak, maka Anda tidak akan pernah bisa untuk terhubung pada jaringan WiFi tersebut.

Mengapa Jaringan SSID WiFi Disembunyikan?

Sebagian orang melakukan ini karena terkait dengan keamanannya. Dengan menyembunyikan WiFi tersebut, maka orang lain tidak akan mudah untuk mengetahui atau bahkan terhubung pada jaringan Anda. Alih-alih orang lain juga tidak akan mengetahui jika dalam area tersebut memiliki koneksi WiFi.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.