How To

Cara Mengubah Aplikasi Default Pada Windows 11

Mengubah Aplikasi default pada Windows 11 memiliki cara yang sama dengan Windows 10, namun tidak dengan Windows 7. Aplikasi default berfungsi ketika...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 48 views
Windows 11

Mengubah Aplikasi default pada Windows 11 memiliki cara yang sama dengan Windows 10, namun tidak dengan Windows 7. Aplikasi default berfungsi ketika Anda sedang membuka file atau dokumen yang terdapat dua aplikasi yang sama.

Defaults Apps
Defaults Apps

Misalnya Anda menginstal Google Chrome pada Windows 11. Secara tidak langsung Anda akan memiliki dua browser aktif yang sama-sama berjalan pada perangkat Anda. Windows 11 sendiri memiliki browser bawaan bernama Microsoft Edge yang secara default akan aktif jika Anda belum mengubahnya. Saat Anda membuka file PDF, biasanya akan di arahkan melalui browser Edge, kecuali Anda mengubahnya.

Windows 11 menambahkan pembaruan desain yang apik dan beberapa opsi baru yang hebat ke OS desktop Microsoft. Sekilas melihat tampilannya akan seperti macOS milik Apple, akan tetapi itu tidak membuat segalanya lebih mudah, salah satunya untuk mengubah aplikasi default adalah contoh penting yang harus Anda lakukan.

Sebelumnya Windows 10 memiliki cara yang mudah untuk memilih aplikasi default, seperti Pemutar Musik. Pertama, Anda hanya perlu klik aplikasi yang tercantum pada bagian bawah fungsi (seperti email, penampil foto, atau browser web) pada bagian Aplikasi Default di Pengaturan. Kemudian, pilih aplikasi default baru yang telah Anda instal pada perangkat Anda.

Sedangkan pada Windows 11, prosesnya lebih rumit. Anda perlu menentukan aplikasi default untuk setiap jenis file, bukan hanya untuk grup yang lebih luas. Seperti halnya untuk kategori format pemutar video, seperti halnya AVI, MP4, MOV, MKV, dan WMV dan lainnya. Terlepas dari perubahan ini pada Windows 11, nampaknya masih tidak terlalu sulit untuk mengubah browser web default Anda.

Begini Cara Mengubah Aplikasi Default pada Windows 11

Pada Windows 11, Anda tidak bisa hanya memilih aplikasi untuk memutar semua jenis file video yang saya sebutkan. Anda harus memilih aplikasi untuk membuka masing-masing satu per satu. Begini caranya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan dan ketuk bagian Aplikasi pada menu sebelah kiri. Cari ikon roda gigi abu-abu. Selain itu Anda dapat menyematkan ikon Pengaturan ke menu Start Windows 11 agar lebih mudah Anda akses.
  2. Selanjutnya pilih opsi Aplikasi default. Alih-alih menampilkan jenis aplikasi seperti yang dilakukan Windows 10, Windows 11 mencantumkan setiap aplikasi pada komputer Anda. Anda dapat mencari aplikasi atau jenis file yang ingin Anda tetapkan ke aplikasi.
  3. Klik pada aplikasi yang ingin Anda tetapkan sebagai default untuk jenis file dan Anda akan melihat daftar semua jenis file yang tersedia.

Cara lain untuk mengubah aplikasi default adalah dengan mengklik kanan file apapun pada File Explorer. Selanjutnya klik Open With (yang lebih nyaman dan konsisten sebagai pilihan kedua di menu konteks Windows 11). Lalu pilih opsi Choose another app (jangan lupa klik tanda centang pada bagian bawah opsi aplikasi).

Selain itu, Anda dapat melakukan Customisasi pengaturan Windows 11 melalui Control Panel.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.