How To

Cara Mengubah Negara atau Wilayah pada Google Play Store

Negara atau wilayah tempat Anda tinggal menentukan banyak hal yang dapat Anda akses melalui Google Play Store. Banyak hal tersebut meliputi akses...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 7 views
Google Play Store

Negara atau wilayah tempat Anda tinggal menentukan banyak hal yang dapat Anda akses melalui Google Play Store. Banyak hal tersebut meliputi akses aplikasi, game, film, dan acara TV yang bisa Anda buka dengan mudah.

Cara Mengubah Negara Atau Wilayah Pada Google Play Store
Cara Mengubah Negara Atau Wilayah Pada Google Play Store

Play Store merupakan market resmi khusus untuk aplikasi, games, musik, film, dan buku yang ada pada ponsel Android. Aplikasi ini sudah banyak orang gunakan seluruh dunia dengan total unduhan mencapai jutaan bahkan milyaran pengguna. Selain itu, Play Store ini menjadi aplikasi bawaan semua ponsel Android kecuali ponsel Android Huawei.

Pasalnya perangkat Huawei sudah mulai mandiri dengan menghadirkan market aplikasi miliknya sendiri yang bernama AppGallery. Sebelumnya Huawei juga menggunakan Play Store sebelum akhirnya Google mencabut otoritas aplikasi Play Store pada perangkat Huawei. Hal ini karena perseteruan yang terjadi antara Google dan Huawei yang menyebabkan Google melarang Play Store beroperasi pada perangkat Huawei.

Kembali lagi pada pokok masalah, terkait adanya Negara dan Wilayah yang ada pada Play Store akan memberikan pengaruh pada beberapa aplikasi. Terutama aplikasi yang memiliki batasan akses tertentu dalam sebuah Negara atau Wilayah. Secara default, Negara dan Wilayah akan secara otomatis di atur berdasarkan lokasi yang Anda aktifkan pada ponsel Anda. Namun jika Anda ingin mengubahnya, Anda masih dapat melakukannya.

Misalnya Anda akan mengakses yang aplikasi yang tidak bisa Anda akses di wilayah Anda, maka Anda bisa mengubah Negara dan Wilayah untuk dapat mengakses aplikasi tersebut. Nah, untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Cara Mengubah Negara atau Wilayah pada Google Play Store

Sebelum kita mulai, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Google memungkinkan Anda untuk mengubah lokasi Anda pada Play Store setahun sekali, jadi jangan sia-siakan. Anda juga akan kehilangan saldo Google Play dari lokasi sebelumnya jika Anda memilikinya. Terakhir, Anda juga secara otomatis memerlukan metode pembayaran dari negara baru Anda.

  1. Buka Google Play Store pada perangkat Android Anda dan ketuk ikon profil Anda pada bagian atas. Pilih “Pengaturan” dari menu tersebut.
  2. Selanjutnya, perluas bagian “Umum” dan pilih “Preferensi Akun dan Perangkat.”
  3. Gulir ke bawah ke bagian “Negara dan Profil”. Anda akan melihat negara lama Anda dipilih dan opsi untuk “Beralih ke [Negara] Play Store.” Ketuk itu.
  4. Sebuah pop-up akan menanyakan apakah Anda benar-benar ingin mengubah negara Anda. Ketuk “Lanjutkan” untuk melanjutkannya. Anda akan dipandu melalui proses penambahan metode pembayaran untuk negara tersebut.

Jika Anda tidak melihat opsi untuk menambahkan negara, kemungkinan ada beberapa alasan sehingga Google mencekal Anda untuk mengubah Negara Anda. Salah satu pengaruhnya adalah saat ini Anda tidak berada pada negara baru (berdasarkan alamat IP internet Anda).

Selain itu, Play Store membutuhkan waktu hingga 48 jam untuk mencerminkan perubahan lokasi tersebut. Lokasi lama Anda akan tetap ada pada akun Anda. Akan tetapi sekali lagi, Anda hanya dapat beralih satu kali dalam setahun. Jika Anda telah yakin beralih, nikmati semua konten Play Store baru dalam negara baru Anda!

Masalah lain yang juga sering terjadi adalah sering mengalami download tertunda saat mendownload ataupun memperbarui aplikasi. Anda dapat mengatasinya dengan mudah melalui cara ini.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Panggilan Grup Di FaceTime

Cara Mudah Membuat Grup di FaceTime

Zack Kamil in How To
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.