How To

Cara Mengubah Ponsel Jadi Webcam Saat Zoom Meeting di Laptop

Anda dapat mengubah ponsel Anda menjadi webcam terutama saat melakukan Zoom Meeting menggunakan PC/laptop. Karena sekarang ini, banyak ponsel yang sudah memiliki...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 8 views
Mengubah Ponsel Jadi Webcam

Anda dapat mengubah ponsel Anda menjadi webcam terutama saat melakukan Zoom Meeting menggunakan PC/laptop. Karena sekarang ini, banyak ponsel yang sudah memiliki kamera jauh lebih baik ketimbang menggunakan kamera webcam bawaan laptop itu sendiri.

Mengubah Ponsel Jadi Webcam
Mengubah Ponsel Jadi Webcam

Tidak jarang untuk memperoleh hasil video yang bagus saat melakukan Zoom Meeting, banyak orang membeli kamera khusus. Namun sejatinya, Anda bisa memanfaatkan ponsel cerdas Anda untuk keperluan tersebut. Kehadiran ponsel cerdas tidak hanya sebagai media komunikasi dan internetan saja. Dengan mengusung embel-embel kata “cerdas” tentunya banyak hal penting lainnya yang dapat Anda gunakan dengan ponsel Anda.

Salah satu yang menjadi pambahasan dalam hal ini adalah membuat webcam dengan kamera ponsel. Dengan dukungan kamera yang bagus, tentunya sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkannya sebagai webcam terutama ketika Anda sedang melakukan acara live Zoom Meeting. Jika Anda mengandalkan webcam bawaan, tentunya akan memberikan hasil yang memuaskan. Maka dari itu, gunakan ponsel cerdas Anda, apalagi ponsel dengan kamera tinggi yang akan membuat acara Zoom Meeting Anda menjadi lebih nyaman dan berkesan.

#1 Menjadikan Kamera Ponsel Menjadi Webcam

Pertama, sebelum masuk ke aplikasi Zoom Meeting, pastikan Anda untuk mengatur ponsel Anda terlebih dahulu menjadi Webcam PC/Laptop Anda. Dengan ini, maka Anda akan mendapatkan kualitas gambar yang lebih jernih dan bagus saat melakukan video telekonferensi.

#2 Mengatur Kamera Ponsel Menjadi Kamera Saat Zoom Meeting

Setelah Anda memastikan bahwa ponsel Anda telah terhubung ke PC Anda, maka selanjutnya Anda perlu mengatur kamera ponsel Anda pada Zoom Meeting. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka Aplikasi Zoom Meeting Pada PC/Laptop Anda, kemudian login untuk membuat Meeting, atau masukkan ID Meeting jika ingin bergabung dengan acara Meeting lainnya.
  2. Setelah Anda berhasil masuk ke ruang Meeting Anda pada Zoom, maka pada bagian pojok kiri bawah akan menemukan logo video tepat pada bagian samping Microphone.
  3. Ketuk tanda panah kecil yang berada dekat dengan logo Video tersebut, kemudian pilih ponsel Anda. Apakah Anda menggunakan aplikasi bantu pihak ketiga ataupun lainnya, maka nama aplikasi akan muncul dalam opsi tersebut.
  4. Sekarang Anda sudah dapat menggunakan Webcam Anda langsung melalui kamera ponsel Anda.
Mengatur Kamera Zoom Meeting
Mengatur Kamera Zoom Meeting

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.