How To

Cara Mengubah Smartphone Anda Menjadi Webcam Laptop

Mengubah smartphone jadi Webcam Nirkabel merupakan sebuah kemajuan teknologi saat ini. Anda yang memiliki atau bahkan mengalami masalah dengan Webcam laptopnya tidak...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 10 views
Smartphone Jadi Webcam

Mengubah smartphone jadi Webcam Nirkabel merupakan sebuah kemajuan teknologi saat ini. Anda yang memiliki atau bahkan mengalami masalah dengan Webcam laptopnya tidak perlu khawatir. Sekarang Anda dapat memanfaatkan ponsel Anda menjadi Webcam tentunya dengan kualitas kamera yang lebih baik dari pada Webcam bawaan laptop.

Mengubah Smartphone Jadi Webcam
Mengubah Smartphone Jadi Webcam

Ini akan sangat bermanfaat, apalagi pada masa New Normal. Anda yang masih bekerja dari rumah dan perlu berkomunikasi dengan tim Anda, sedikit obrolan video akan sangat membantu untuk melakukan tatap muka secara virtual. Sementara sebagian besar laptop sudah memiliki webcam internal, tetapi tidak dengan Desktop.

Jika Anda membutuhkan Webcam eksternal sebenarnya bisa pergi dan membeli webcam baru. Akan tetapi jika Anda tidak ingin menghabiskan uang atau tidak membutuhkannya dalam jangka panjang, Anda dapat memanfaatkan ponsel cerdas Anda. Jika Anda ingin mencobanya, Anda dapat mengubah ponsel cerdas menjadi webcam nirkabel untuk PC Anda dan tentunya dengan kualitas kamera yang jauh lebih jernih dan bagus.

Untuk Ponsel Android: DroidCam

Aplikasi Droidcam Versi Desktop
Aplikasi Droidcam Versi Desktop

Pengguna Android dapat mencoba aplikasi gratis bernama DroidCam untuk mengubahnya menjadi webcam nirkabel. Versi gratisnya memiliki semua yang Anda butuhkan untuk memulai, meskipun Anda dapat meningkatkannya dengan membayar 5,49 US Dollar ke DroidCamX. Salah satu fitur berbayarnya adalah menambahkan video 720p/1080p dengan Mode HD, dan juga menghilangkan iklan spanduk kecil.

Untuk memulai, Anda memerlukan dua perangkat lunak. Pertama, aplikasi Android DroidCam untuk ponsel Anda yang bisa Anda download melalui Google Play Store dan klien Windows dari situs Dev47Apps.

Setelah keduanya terinstal pada perangkat Anda, pastikan komputer dan ponsel Anda berada dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama. Buka aplikasi Android DroidCam pada ponsel Anda, maka Anda akan mendapatkan alamat IP, seperti 192.168.1.91. Kemudian Anda masukkan pada aplikasi desktop untuk menghubungkan keduanya.

Pastikan untuk mencentang kotak Audio jika Anda tidak memiliki mikrofon pada PC Anda. Untuk memulai klik tombol Start, dan Anda akan mulai terhubung. Sebagian besar aplikasi obrolan video harus mengenali DroidCam sebagai webcam yang valid, meskipun Anda mungkin perlu memulai ulang aplikasi obrolan video Anda.

Selain itu, Anda dapat menyesuaikan beberapa hal dalam pengaturan, seperti kamera mana yang ingin Anda gunakan (depan atau belakang). Mikrofon mana yang ingin Anda gunakan (kamera atau speakerphone), dan beberapa fitur hemat baterai. Akan tetapi ketahuilah bahwa itu mungkin tidak akan seperti baik sebagai webcam tradisional.

Untuk Pengguna iPhone: EpocCam

Untuk Pengguna IPhone EpocCam
Untuk Pengguna IPhone EpocCam

Jika Anda memiliki iPhone, EpocCam adalah aplikasi rekomendasi untuk mengubahnya menjadi webcam. Namun, versi gratisnya menyertakan iklan yang mengganggu dan sangat sedikit fiturnya. Jadi Anda hampir memerlukan upgrade berbayar 7,99 US Dollar. Dengan peningkatan, Anda mendapatkan dukungan mikrofon, video HD, koneksi USB, dan penyesuaian zoom/fokus.

Untuk menggunakan EpocCam, unduh aplikasi EpocCam ke iPhone Anda dan unduh driver untuk Windows atau macOS. Anda mungkin perlu me-restart komputer Anda setelah menginstal perangkat lunak desktop. Setelah Anda memulai ulang, Anda dapat meluncurkan aplikasi EpocCam Viewer pada komputer Anda untuk melihat apakah aplikasi berfungsi atau tidak.

Selama kedua perangkat berada di jaringan Wi-Fi yang sama, atau terhubung melalui USB, keduanya harus terhubung tanpa langkah tambahan apa pun. EpocCam akan muncul sebagai webcam untuk Zoom, Hangouts, atau aplikasi obrolan video lainnya yang mungkin Anda gunakan.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Panggilan Grup Di FaceTime

Cara Mudah Membuat Grup di FaceTime

Zack Kamil in How To
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.