How To

Cara Menjadikan Zoom Sebagai Media Pembelajaran Tatap Muka Daring

Siapa sih yang tidak kenal Zoom sekarang ini. ZOOM merupakan sebuah aplikasi video telekonference yang hadir untuk membantu aktifitas kegiatan dengan jarak...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 39 views
Cara Menjadikan Zoom Sebagai Media Pembelajaran

Siapa sih yang tidak kenal Zoom sekarang ini. ZOOM merupakan sebuah aplikasi video telekonference yang hadir untuk membantu aktifitas kegiatan dengan jarak jauh. Mulai dari seminar online (webinar), Meeting, dan berbagai kegiatan lain yang ingin kamu laksanakan.

Yang paling menarik saat ini adalah ZOOM sebagai media pembelajaran Tatap Muka Daring (dalam jaringan). Mengingat saat ini masih tidak diperbolehkannya mengadakan pembelajaran secara tatap muka ditengah pendemi Covid-19. Sehingga menjadikan para pendidik (guru) mencari solusi dalam mengatasi hal ini.

Cara Menjadikan Zoom Sebagai Media Pembelajaran
Cara Menjadikan Zoom Sebagai Media Pembelajaran – image source

Di era New Normal ini, kita masih tetap di anjurkan untuk selalu menerapkan Social Distancing, Physical Distancing, dan mentaati protokol kesehatan. Oleh karena itu, ZOOM hadir menjawab semua permasalahan ini sebagai Media Pembelajaran Tatap Muka. Pendidik (guru) tetap bisa melaksanakan pembelajaran dengan nyaman dan menyenangkan secara live bersama dengan peserta didiknya.

Nah di bawah ini, penulis akan memberikan langkah-langkah atau cara melaksanakan pembelajaran Tatap Muka Daring dengan sangat mudah dan menyenangkan. Cara ini bisa dilakukan untuk semua tingkat satuan pendidikan, mulai dari Pendidikan Dasar, Menengah, Atas hingga Perguruan Tinggi.

Cara Menjadikan Zoom Sebagai Media Pembelajaran Tatap Muka Daring

#1 Download Aplikasi ZOOM

Sebelum masuk lebih lanjut tentang cara penggunaan aplikasi Zoom, silahkan terlebih dahulu kamu Download Aplikasi Zoom. Kamu bisa mendowloadnya melalui situs resmi zoom.us atau bisa melalui link ini. Bagi pengguna Android, bisa kamu download melalui aplikasi Google Playstore.

#2 Registrasi atau Membuat Akun di ZOOM

Setelah kamu download, lakukan instalasi seperti biasanya. Kemudian setelah selesai akan masuk pada tampilan awal aplikasi Zoom.

Tampilan Awal Aplikasi Zoom
Tampilan Awal Aplikasi Zoom

Silahkan lakukan Sign In agar kamu dapat melakukan pembelajaran dengan peserta didik. Masukkan akun Zoom yang sudah kamu bisa. Jika kamu masih belum punya, silahkan daftar terlebih dahulu, lihat: Panduan Daftar Aplikasi Zoom.

#3 Buat Schedule (Jadwal) pembelajaran

Setelah kamu melakukan Sign In, maka akan masuk pada tampilan awal Zoom, kemudian klik menu Schedule

Membuat Schedule Di Zoom
Membuat Schedule Di Zoom

Silahkan kamu isi poin-poin penting pada menu Schedule ini.

Mengisi Schedule Di Zoom
Mengisi Schedule Di Zoom

1. Topic : Silahkan isi dengan materi pembelajaran yang akan di sampaikan kepada siswa. Misalnya Pembelajaran Matematika kelas X | Materi Limit dan Fungsi

  • Start : Kapan pembelajaran akan dilaksanakan, isikan tanggal dan jam
  • Duration : Maksimal pembelajaran akan dilaksanakan. Untuk akun Basic, zoom memberikan waktu maksimal 40 Menit saja.

2. Meeting ID

Pada Meeting ID terdapat dua pilihan, silahkan kamu pilih yang mana saja sesuai dengan keinginan. Hanya saja pada Personal Meeting merupakan ID yang tidak akan pernah berubah.

3. Password

Silahkan isi password pembelajaran. Mengapa harus ada password? Agar yang bukan peserta didik atau peserta kelas tidak bisa masuk pada kelas pembelajaran yang kita laksanakan.

4. Video

Karena ini sifatnya tatap muka, jadi Video harus di ON semua. Host merupakan Video kita sebagai Pendidik, dan Paticipants adalah peserta didik (siswa).

Calender

Silahkan kamu pilih saja Other Calender agar kamu tidak perlu membuat akun lagi untuk calender tersebut. Pada bagian ini hanya akan menampilkan teks yang berupa undangan yang dapat dikirimkan kepada peserta didik. Kemudian klik Schedule.

#4 Mengirimkan ID dan Password Pembelajaran kepada Siswa

Maka kamu akan menghasilkan tampilan seperti ini. Silahkan kamu klik Copy to Clipboard, kemudian paste pada pada WhatsApp, Gmail atau Group Kelas untuk mengirimkan undangan pembelajaran ini.

Zoom Schdedule Meeting
Zoom Schdedule Meeting

Itulah langkah-langkah membuat pembelajaran tatap muka daring di aplikasi Zoom.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.