How To

Cara Menyembunyikan Nomor Ponsel Anda Pada Aplikasi Telegram

Menyembunyikan nomor ponsel pada Telegram merupakan salah satu cara mengamankan akun Telegram Anda agar tidak mudah dikenal orang. Pasalnya maraknya peretasan berawal...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 4 views
Menyembunyikan Nomor Ponsel Pada Telegram

Menyembunyikan nomor ponsel pada Telegram merupakan salah satu cara mengamankan akun Telegram Anda agar tidak mudah dikenal orang. Pasalnya maraknya peretasan berawal dari orang lain mengetahui nomor ponsel Anda. Karena salah satu cara paling mudah mengetahui akun telegram seseorang, hanya melalui nomor telepon.

Menyembunyikan Nomor Ponsel Pada Telegram
Menyembunyikan Nomor Ponsel Pada Telegram

image source

Nah, dengan menyembunyikan nomor tersebut, secara tidak langsung orang lain tidak bisa menemukan Anda pada Telegram. Dan mereka yang menyimpan nomor telepon Anda pada kontak teleponnya, juga tidak bisa mendapatkan pemberitahuan jika Anda sedang aktif pada aplikasi Telegram. Dengan begitu, orang lain tidak akan pernah menemukan nomor Anda, karena nomor Anda tersembunyi secara private dan hanya Anda sendiri yang dapat melihatnya.

Memang tidak bisa Anda pungkiri, ketika Anda pertama kali menggunakan aplikasi Telegram, Anda mungkin akan mengizinkan untuk mengunggah kontak Anda sehingga Anda dapat menemukan teman, keluarga, dan kolega pada aplikasi Telegram dengan mudah. Namun, jika Anda berubah fikiran untuk menyembunyikannya karena alasan tertentu, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Sehingga orang lain yang akan terhubung dengan Telegram Anda, harus menggunakan ID Telegram jika Anda menetapkannya.

Berikut ini cara menyembunyikan nomor telepon Anda pada Telegram sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melihatnya.

Cara Menyembunyikan Nomor Ponsel Anda Pada Aplikasi Telegram

Anda bisa melakukannya langsung melalui aplikasi Telegram setelah Anda mendaftarnya. Caranya adalah:

  1. Buka aplikasi Telegram. Dan ketuk menu pengaturan pada bagian sudut kiri atas layar (menu hamburger).
  2. Masuk pada Pengaturan. Kemudian pilih Privasi dan Keamanan.
  3. Silahkan pilih Nomor Telepon.
  4. Anda bisa memilih siapa saja yang akan melihat Nomor telepon Anda pada aplikasi Telegram. Beberapa opsi yang bisa Anda pilih adalah Everybody (semua orang yang terhubung dengan aplikasi Telegram), My Contacts (Anda hanya mengizinkan orang yang menyimpan nomor Anda untuk melihatnya), Nobody (tidak seorang pun dapat melihat kontak Anda).
  5. Pilih sesuai dengan yang Anda inginkan, kemudian klik simpan pada tombol centang bagian pojok kanan atas.

Sekarang nomor telepon Anda sudah tersembunyi untuk semua orang termasuk kontak Anda. Seperti yang ditunjukkan langkah-langkah di atas, Anda selalu dapat mengubah ini melalui pengaturan untuk mencegah kontak Anda yang belum memiliki nomor telepon Anda melihatnya, tetapi Anda juga dapat membuatnya menjadi publik sehingga orang lain akan mudah menemukan Anda.

Selain itu, Telegram juga memiliki fitur baru yang masih banyak pengguna ketahui. Yakni mengelompokkan Chat agar lebih mudah terorganisir dengan rapi. Atau secara tidak langsung Chat tersebut dikelompokkan dalam sebuah folder khusus yang bisa Anda atur kapan saja.

Cara Mudah Mengelompokkan Chat pada Telegram

Mengelompokkan Chat atau Obrolan sama halnya dengan membuat folder khusus untuk mengorganisir obrolan. Dengan begitu Anda bisa mengelompokkan obrolan keluarga, teman dekat atau teman kantor. Berikut cara membuatnya.

  1. Buka aplikasi Telegram, kemudian masuk pada Pengaturan melalui menu hamburger pada bagian pojok kiri atas
  2. Masuk pada Pengaturan, kemudian pilih Folder (jika Anda tidak melihat menu Folder, Anda bisa mengupdatenya terlebih dahulu melalui Google Play Store).
  3. Anda bisa membuat folder baru dan memberinya nama sesuai keinginan Anda. Kemudian Anda pilih Tambah Obrolan. Silahkan Anda pilih obrolan mana saja yang akan Anda masukkan dalam folder tersebut.
  4. Setelah semua orang yang Anda inginkan ada masuk dalam folder tersebut, selanjutnya pilih “Simpan” pada pojok kanan atas.
  5. Maka Anda akan melihat folder tersebut pada bagian atas daftar obrolan ketika Anda membuka Telegram.

Folder baru akan terlihat pada layar beranda aplikasi Telegram. Anda dapat memilih dari beberapa opsi prasetel seperti pesan yang belum dibaca atau pesan yang dibisukan, atau membuat folder yang terdiri dari saluran atau bot.

Semoga bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.