How To

Cara Mudah dan Cepat Mengirim Kontak Antar Smartphone Android

Melakukan transfer atau mengirim kontak antar smartphone android memang bisa saja terjadi. Hal ini biasanya terjadi jika kamu sedang mengganti smartphone lama...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 2 views
Cara Mengirim Kontak Antar Android

Melakukan transfer atau mengirim kontak antar smartphone android memang bisa saja terjadi. Hal ini biasanya terjadi jika kamu sedang mengganti smartphone lama ke smartphone baru. Sehingga beberapa data-data penting perlu untuk dipindahkan pada ponsel baru, salah satunya adalah Nomor Kontak.

Penyimpanan Kontak dalam Android memang banyak tempatnya, mulai melalui akun gmail, kartu SIM, dan memori internal. Hal yang paling mudah jika semua kontak kamu simpan dalam akun gmail. Sehingga saat akun gmail kamu disinkronkan pada Smartphone baru, maka secara otomatis kontaknya akan otomatis masuk dalam daftar kontak.

Cara Mengirim Kontak Antar Android
Cara Mengirim Kontak Antar Android – image source

Lantas, bagaimana cara mengirimnya jika ternyata kontak kamu malah tersimpan secara tepisah, sebagian pada memory internal dan sebagian lainnya pada kartu SIM. Untuk itu kami disini berikan langkah paling cepat dan mudah yang akan membuat kontak kamu berpindah dengan sekali kirim.

Cara Mudah dan Cepat Mengirim Kontak Antar Smartphone Android

#1 Jadikan kontak sebagai file .csv

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menjadikan kontak menjadi file .csv. Mau kontak kamu nyampek ribuan atau bahkan jutaan, cukup jadikan dalam 1 file .csv agar lebih mudah dipindahkan pada smartphone yang baru. Caranya adalah:

Buka aplikasi kontak pada Smartphone kamu. Kemudian masuk pada menu kontak, pilih Ekspor ke penyimpanan internal, pilih semua kontak. Klik saja OK tunggu hingga file ekspor selesai. Jika selesai silahkan kamu cek pada File Manager, biasanya akan terdapat file yang berekstensi .csv.

#2 Kirim File .csv pada Smartphone Baru

Selanjutnya jika file .csv sudah jadi, kamu tinggal mengirimkan pada Smartphone baru. Kamu dapat mengirimkannya melalui Bluetooth, Share it, WhatsApp, Gmail, dan yang lainnya.

# Impor File .csv

Pada tahap akhir ini, kamu tinggal mengimpor file .csv yang sudah kamu kirimkan tadi pada kontak, agar semua kontak kamu bisa semuanya masuk hanya dengan sekali ketukan. Caranya adalah:

Buka aplikasi Kontak pilih menu kontak, kemudian masuk Impor VCard file, arahkan pada memori internal ponsel. Selanjutnya kamu pilih file kontak yang berupa .csv tersebut, klik OK. Tunggu beberapa detik saja, maka secara otomatis semua kontak kamu akan masuk dalam smartphone yang baru.

Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi untuk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.