Cara Mudah dan Cepat Setting IP Address di Windows 11

Bagaimana cara setting IP Address di Windows 11? Windows 11 merupakan versi terbaru sistem operasi milik Microsoft. Dimana secara visual saya pribadi menyukai tampilan Windows 11 yang lebih fresh dan nyaman untuk digunakan. Terlebih lagi beberapa fitur barunya membuat saya lebih leluasa untuk bekerja. Terlepas dari pengalaman saya pribadi. Itulah apa yang bisa saya katakan tentang sistem operasi yang banyak digunakan di tanah air ini.

Tentu, berikut adalah artikel dengan kaidah SEO yang baik mengenai cara mudah dan cepat mengatur alamat IP di Windows 11:

Cara Mudah dan Cepat Setting IP Address di Windows 11

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang menawarkan banyak fitur canggih untuk meningkatkan produktivitas pengguna. Salah satu hal yang mungkin perlu Anda lakukan saat menggunakan Windows 11 adalah mengatur alamat IP Anda. Alamat IP adalah elemen penting dalam koneksi internet Anda, dan dalam artikel ini, kami akan memberi tahu Anda cara melakukan pengaturan ini dengan cepat dan mudah di Windows 11.

Apa Itu Alamat IP?

Sebelum kita masuk ke tutorial, mari kita bahas sedikit tentang apa itu alamat IP. Alamat IP (Internet Protocol Address) adalah identifikasi numerik unik yang diberikan kepada setiap perangkat yang terhubung ke internet. Ini memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain di dalam jaringan. Ada dua jenis alamat IP yang umum digunakan:

  1. Alamat IP Statis (Static IP Address): Alamat IP ini ditetapkan secara manual oleh pengguna dan tidak berubah kecuali diubah secara manual. Mereka biasanya digunakan untuk perangkat yang membutuhkan konsistensi dalam alamat IP, seperti server.
  2. Alamat IP Dinamis (Dynamic IP Address): Alamat IP ini diberikan secara otomatis oleh router atau server DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) dalam jaringan. Mereka lebih umum digunakan untuk perangkat seperti komputer pribadi dan perangkat seluler.

Langkah-langkah Setting IP Address di Windows 11

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengatur alamat IP di Windows 11:

Langkah 1: Buka Pengaturan Jaringan

  1. Klik ikon “Start” di pojok kiri bawah layar Anda.
  2. Ketik “Settings” atau “Pengaturan” dan pilih aplikasi “Settings” yang muncul.
  3. Di jendela Pengaturan, klik “Network & Internet.”

Langkah 2: Buka Pengaturan Jaringan Wi-Fi atau Ethernet

  1. Di panel kiri, pilih “Wi-Fi” jika Anda ingin mengatur alamat IP untuk jaringan nirkabel atau pilih “Ethernet” jika Anda menggunakan koneksi kabel.

Langkah 3: Pilih Jaringan yang Tersambung

  1. Di bawah “Advanced network settings,” klik pada nama jaringan yang sedang Anda gunakan.

Langkah 4: Konfigurasi Alamat IP

  1. Di bawah “IP settings,” Anda akan melihat opsi “Edit” atau “Edit IP settings.”
  2. Pilih “Edit” untuk mulai mengonfigurasi alamat IP Anda.

Langkah 5: Atur IP Address secara Manual

  1. Di jendela baru yang muncul, pilih “Manual” dari daftar opsi.
  2. Anda sekarang dapat mengisi alamat IP, subnet mask, gateway, dan DNS server secara manual sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk mengisi kolom-kolom ini dengan informasi yang sesuai dengan jaringan Anda.

Langkah 6: Simpan Pengaturan Anda

  1. Setelah Anda selesai mengisi informasi, klik “Save” atau “Save settings” untuk menyimpan perubahan Anda.

Langkah 7: Selesaikan Konfigurasi

  1. Klik “Close” atau “Done” untuk menutup jendela konfigurasi IP.

Langkah 8: Restart Jaringan (Opsional)

  1. Jika Anda mengalami masalah koneksi setelah mengubah alamat IP, cobalah untuk me-restart jaringan Anda dengan mematikan dan kemudian menghidupkannya kembali.

Sekarang, alamat IP Anda seharusnya sudah diatur sesuai dengan preferensi Anda. Pastikan untuk mengonfirmasi bahwa Anda memiliki akses internet setelah mengubah pengaturan.

Kesimpulan

Mengatur alamat IP di Windows 11 adalah tugas yang sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah oleh pengguna. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengonfigurasi alamat IP Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingatlah bahwa pengaturan alamat IP yang salah dapat memengaruhi koneksi internet Anda, jadi pastikan untuk memeriksa informasi yang Anda masukkan dengan teliti. Dengan melakukan pengaturan ini, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman internet Anda di Windows 11.

Secara sepintas banyak perubahan dan perbedaan yang kita temui antara Windows 11 dengan Windows 10 (versi sebelumnya). Secara visual Windows 11 tampak lebih stylish, dan layout menu start juga dipindahkan dari posisi pojok kiri bawah – secara default pada versi sebelumnya, kini di posisikan tepat diposisi bawah tengah.

Salah satu hal yang banyak digunakan dari sebuah sistem operasi atau komputer adalah setting IP address. Secara default IP address di setting dalam pengaturan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Dalam setting ini komputer akan mendapatkan IP secara otomatis, dari perangkat DHCP Server, seperti modem atau perangkat sejenis lainnya. Namun terkadang komputer tidak akan mendapatkan IP Address sehingga tidak bisa terhubung ke jaringan lokal ataupun internet. Oleh karena itu kita perlu untuk memberikan IP secara manual lewat pengaturan yang ada dikomputer.

Perbedaan versi sistem operasi memiliki cara yang berbeda, terlebih untuk Windows 11 ini. Namun secara garis besar untuk pengaturan IP Address bisa di lakukan dari berbagai cara. Kali ini kami ingin berbagi cara paling mudah yang bisa dilakukan sendiri oleh anda.

Cara Setting IP Address Melalui Sistem Pengaturan:

  1. Langkah pertama klik menu “Start” (di tengah bawah layar).
    Start
  2. Kemudian klik menu “Setting”.
  3. Selanjutnya klik menu “Network and Internet”.
    Network And Internet
  4.  Lalu klik pada opsi “Ethernet”.
    Ethernet
  5. Klik Tombol “EDIT” untuk mengubah IP Address.
    Edit Ethernet
  6. Selanjutnya, silahkan anda ketikkan IP Address yang anda inginkan, sesuai dengan alamat jaringan di kantor atau rumah anda.
    IP Address
  7. Tekan tombol “Save” untuk menyimpan setting IP yang telah anda buat.

Cara kedua untuk masuk pada pengaturan IP Address adalah dengan cara Klik kanan pada icon jaringan di pojok kanan bawah kemudian klik menu pop up yang muncul “NETWORK AND INTERNET SETTINGS”. dan selanjutnya ikuti pada langkah ke 5 dari cara yang pertama

Network And Internet Setting

Demikian cara mudah untuk setting IP Address di komputer yang menggunakan Windows 11.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *