How To

Cara Mudah Melakukan Customisasi Halaman Utama Safari di Mac

Bagi kamu yang menggunakan Safari browser, tentunya tidak asing lagi dengan adanya latar belakang abu-abu. Tak hanya itu saja, beberapa link juga...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 4 views
Tampilan Awal Safari

Bagi kamu yang menggunakan Safari browser, tentunya tidak asing lagi dengan adanya latar belakang abu-abu. Tak hanya itu saja, beberapa link juga muncul pada halaman awal Safari dengan warna yang cukup hambar.

Nah pada tulisan ini, penulis akan berbagi bagaimana cara melakukan customisasi pada halaman awal Safari. Kamu dapat menambahkan lebih banyak bagian yang akan muncul pada halaman utama Safari. Selain itu, kamu juga dapat mengubah latar belakang sesuai dengan keinginan kamu. Berikut cara melakukan customisasi halaman awal Safari di Mac.

Tampilan Awal Safari
Tampilan Awal Safari

Halaman awal Safari yang dapat disesuaikan tersedia pada Safari 14.0 atau lebih tinggi. Apalagi jika kamu sedang menjalankan versi terbaru macOS Mojave, Catalina, atau Big Sur.

Cara Mudah Melakukan Customisasi Halaman Utama Safari di Mac

Halaman awal di Safari 14 atau lebih tinggi dibagi menjadi beberapa bagian. Secara total, ada enam bagian yang tersedia untuk Anda: Favorit, Sering Dikunjungi, Laporan Privasi, Saran Siri, Daftar Bacaan, dan Tab iCloud.

Pada bagian “Favorit” menampilkan dua baris situs web dan folder yang ada di bilah Favorit. Kamu dapat mengklik tombol “Tampilkan Lebih Banyak” untuk memperluas bagian tersebut. Seperti yang diharapkan, bagian “Sering Dikunjungi” menampilkan beberapa situs web yang sering Anda kunjungi. Untuk menghapus situs web dari sini, klik kanan dan pilih opsi “Hapus”.

Menu Favorit Di Safari
Menu Favorit Di Safari

Laporan Privasi” menunjukkan ikhtisar situs web yang telah Anda kunjungi selama tujuh hari terakhir dan melaporkan berapa banyak pelacak yang telah diblokir untuk membuat profil keberadaan Anda di web. Anda dapat mengklik laporan dan melihat dengan tepat pelacak apa di setiap situs web yang diblokir.

Saran Siri” akan menampilkan tautan yang telah Anda terima di Pesan atau di aplikasi Mail. Fitur “Daftar Bacaan” menunjukkan artikel terbaru dari Daftar Bacaan Anda.

Dan terakhir, bagian “Tab iCloud” menunjukkan tab terbuka dari perangkat Apple Anda yang lain.

Mengubah Latar Belakang Halaman Awal Safari

Kamu dapat mempercantik dengan mengubah gambar latar belakang di Safari. Kamu juga dapat memilih dari beberapa gambar yang disediakan Apple, atau Anda dapat menambahkan gambar Anda sendiri yang sudah kamu download.

Caranya: Klik tombol Menu dari pojok kanan bawah halaman mulai Safari dan klik kotak centang di sebelah opsi “Gambar Latar Belakang” untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Mengubah Gambar Latar Belakang
Mengubah Gambar Latar Belakang

Selanjutnya, gulir secara horizontal untuk melihat semua gambar latar belakang yang tersedia. Klik gambar untuk menjadikannya sebagai latar belakang Anda.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.