How To

Cara Mudah Melakukan Factory Reset Pada Ponsel Android Anda

Factory Reset adalah salah satu cara mengembalikan semua setelan ponsel ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik. Artinya, semua data yang tersimpan pada...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 4 views
Cara Melakukan Factory Reset Pada Ponsel Anda

Factory Reset adalah salah satu cara mengembalikan semua setelan ponsel ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik. Artinya, semua data yang tersimpan pada ponsel termasuk akun, aplikasi, musik, gambar, lagu, serta berbagai file lainnya akan terhapus. Jadi ponsel Anda akan terasa seperti baru lagi, mulai dari sistem, data dan juga semua yang telah Anda atur akan kembali ke setelan saat Anda baru pertama kali membuka dari kotaknya.

Cara Melakukan Factory Reset Pada Ponsel Anda
Cara Melakukan Factory Reset Pada Ponsel Anda

image source

Factory reset juga biasanya Anda lakukan untuk mengatasi masalah kerusakan pada ponsel Android yang berkaitan dengan software atau sistem operasi. Dengan melakukan factory reset, seluruh file yang sudah terhapus tidak dapat Anda pulihkan. Jadi Anda harus lebih berhai-hati ketika ingin melakukan langkah ini karena akan menyebabkan kehilangan semua data Anda.

Namun tidak perlu khawatir, kehilangan data dan kerusakan ponsel sama-sama hal penting. Jadi Anda tetap bisa untuk memiliki semuanya, yakni tidak kehilangan data dan ponsel kembali normal. Oleh karenanya, ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebelum melakukan Factory Reset pada ponsel Anda.

Hal yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Factory Reset

Ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan pada ponsel Anda sebelum melangkah kesini. Ini akan membuat Anda bisa menyelematkan data pada ponsel Anda setelah Factory Reset selesai.

Periksa Status Sinkronisasi

Anda perlu memeriksa kembali status sinkronisasi ponsel Anda pada akun yang tertaut dalam ponsel Anda. Jangan sampai Anda kehilangan akses ini setelah Anda melakukan Factory Reset. Karena jika Anda sampai kehilangan akses pada akun tersebut, dapat dipastikan Anda akan mengalami masalah besar ketika akan masuk ke perangkat yang sudah Anda reset. Ponsel akan meminta verifikasi sebelum Anda menggunakannya.

Nah, untuk menghilangkan proses verifikasi ini adalah setelah Sinkronisasi selesai, pastikan Anda menghapus akun Google yang tertaut terlebih dahulu pada ponsel Anda. Caranya masuk pada Pengaturan => Akun => Hapus semua akun Google yang Anda.

Backup File Penting Anda

Jika Anda menganggap Media adalah file penting dan tidak ingin terhapus, maka silahkan Anda membackupnya terlebih dahulu. Anda bisa mencadangkannya pada perangkat lain, misalnya komputer/PC, kartu SD ataupun USD Flash Drive. Selain itu Anda juga bisa mencadangkan Media menggunakan akun Google Anda.

Selain itu, File penting lainnya adalah kontak. Namun jika Anda sudah menyingkronkan kontak Anda dengan akun Google Anda. Maka tidak perlu khawatir, Anda tidak perlu lagi melakukan backup, karena kontak akan otomatis kembali ke ponsel Anda seteah Anda memasukkan akun Google.

Cara Mudah Melakukan Factory Reset Pada Ponsel Android Anda

Apakah Anda siap untuk masuk pada proses Factory Reset ini? Mungkin ponsel Anda tidak berfungsi dengan baik, atau Anda hanya perlu membuat sistem pada ponsel Anda kembali fresh. Apa pun masalahnya, terkadang pilihan terbaik Anda adalah mengembalikan Android ke setelan pabrik untuk mengembalikannya seperti pertama kali Anda menyalakannya. Berikut bebeapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengambalikan ponsel Anda ke Setelan Pabrik atau Factory Reset.

Cara Factory Reset Android Menggunakan Pengaturan

Jika Anda telah memutuskan untuk mengatur ulang pabrik ponsel Android Anda. Cara yang paling mudah bagi Anda untuk melakukannya adalah melalui aplikasi Pengaturan.

  1. Pastikan perangkat Anda memiliki baterai yang cukup untuk melalui proses reset. Setidaknya paling sedikitnya memiliki baterai di atas 30% dalam kondisi normal
  2. Buka aplikasi Pengaturan. Pilih Sistem. Kemudian perluas menu dengan menekan opsi Lanjutan.
  3. Masuk ke opsi Reset. Tekan Hapus semua data (reset pabrik). Lalu ketuk Hapus semua data.
  4. Anda akan diminta masukkan PIN Anda sekaligus memverifikasi bahwa yang melakukannya adalah Anda sendiri.
  5. Pilih Hapus semua data dan biarkan ponsel menyelesaikannya.

Cara Factory Reset Android Menggunakan Recovery Mode

Beberapa pengguna mungkin tidak dapat mengakses setelan mereka. Ini bisa jadi karena telepon atau perangkat lunak tidak berfungsi. Untungnya, ada cara untuk melakukannya tanpa mengakses UI ponsel Anda.

  1. Pastikan telepon dalam kondisi mati.
  2. Tekan dan tahan tombol Daya + Volume Down secara bersamaan. Lanjutkan menekannya hingga layar mulai.
  3. Layar dengan kata “Mulai” menunjuk ke tombol daya, teks, dan petunjuk navigasi akan muncul. Anda sekarang dapat menggunakan tombol Daya untuk membuat pilihan dan tombol Volume untuk menavigasi atas dan ke bawah.
  4. Tekan tombol Volume Turun hingga Anda melihat Recovery Mode. Lalu tekan tombol Daya untuk memilihnya. Maka Ponsel akan restart dan menampilkan robot Android tidur.
  5. Setelah masuk pada Recovery Mode, navigasi menggunakan tombol Volumen ke opsi Wipe data/factory reset.
  6. Tekan tombol Daya untuk memilih opsi. Konfirmasikan dengan memilih Ya dan biarkan telepon melakukan tugasnya.
  7. Setelah selesai, pilih Reboot system now.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.