How To

Cara Mudah Melihat Password Jaringan Wi-Fi di Ponsel Android

Apakah Anda tahu bagaimana cara melihat password jaringan Wi-Fi pada ponsel Anda? Mengetahui password jaringan Wi-Fi ini memiliki banyak manfaat yang bisa...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 8 views
Melihat Password WiFi

Apakah Anda tahu bagaimana cara melihat password jaringan Wi-Fi pada ponsel Anda? Mengetahui password jaringan Wi-Fi ini memiliki banyak manfaat yang bisa Anda gunakan untuk menyambungkan ponsel lain ke jaringan yang sudah terhubung ke ponsel Anda. Walaupun sebenarnya sekarang ini sudah banyak ponsel baru yang mendukung fitur penyambungan Wi-Fi secara otomatis melalui QR Kode.

Melihat Password Jaringan Wi Fi
Melihat Password Jaringan Wi Fi

Masalah kecil penulis temui bahwa tidak semua ponsel saat ini mendukung fitur pemindai QR Kode pada jaringan Wi-Finya. Apalagi bagi Anda yang memiliki ponsel Android lebih lama. Namun Anda tidak perlu khawatir, dalam hal ini penulis akan berbagi cara yang bisa Anda lakukan dengan cara mengetahui terlebih dahulu password pada Wi-Fi tersebut melalui ponsel yang telah terhubung.

Cara Melihat Password Jaringan Wi-Fi pada Ponsel Android

Ponsel Anda yang sebelumnya pernah mengakses jaringan Wi-Fi, baik di rumah, sekolah, tempat kerja, gym, kafe, ataupun pada tempat umum lainnya tentunya akan menyimpan history jaringan tersebut. Anda dapat memanfaatkan history atau jaringan tersimpan tersebut untuk kemudian melihat passwordnya.

Melalui jaringan yang tersimpan tersebut, nantinya ponsel akan terhubung secara otomatis jika sudah berada dalam jangkauan Wi-Fi. Maka dari itu, Anda tidak perlu menghapus apapun terhadap jaringan Wi-Fi yang tersimpan pada ponsel Anda.

Ini terjadi, ketika baru pertama kali password dimasukkan pada salah satu jaringan Wi-Fi yang ada pada ponsel Anda, maka secara otomatis perangkat Android akan menyimpannya. Hanya saja Anda tidak dapat melihatnya dengan mudah. Password tersebut otomatis ter-encryp menjadi sebuah kode yang sulit sehingga orang tak akan mudah mengenalinya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa membaca password Wi-Fi tersebut.

Android 10 atau Lebih Tinggi

Metode pertama ini tidak memerlukan root atau bahkan aplikasi tambahan. Namun ponsel Anda harus sudah menggunakan sistem Android 10 atau lebih tiggi. Caranya:

  1. Masuk ke menu Pengaturan atau Setting, lalu cari “Wi-Fi” yang biasanya berada pada pengaturan Jaringan dan Internet. Setiap ponsel memiliki tempat berbeda untuk pengaturan ini.
  2. Pada halaman pengaturan Wi-Fi, gulir ke daftar jaringan hotspot yang tersedia dan pilih opsi Jaringan yang disimpan atau “Saved networks”. Dari sana, Anda akan melihat daftar semua jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung dengan ponsel Anda. Lalu pilihlah satu jaringan.
  3. Selanjutnya pilih opsi “Share” menuju paling atas layar. Anda akan diminta untuk memindai sidik jari atau muka atau masukkan PIN atau password.
  4. Setelah itu, Anda akan melihat QR code yang mewakili password dan SSID hotspot. Scan QR code tersebut menggunakan aplikasi pemindai QR code yang bisa Anda dapatkan melalui Google Play Store. Jika Anda melihat lebih detail, biasanya password sudah terlihat pada bagian atas barcode. Tinggal Anda salin atau tulis pada perangkat lain.

Download: QR & Barcode Scanner

Android 9 atau Lebih Rendah

Jika perangkat Anda masih menjalankan sistem operasi Android 9 Pie atau lebih rendah, satu-satunya cara melihat password Wi-Fi yang tersimpan adalah dengan aplikasi root.

  1. Untuk melakukan root aplikasi, Anda harus sudah menginstal TWRP dan memasang Magisk for root pada ponsel Anda.
  2. Langkah selanjutnya adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Wi-Fi password viewer melalui Play Store. Ada beberapa aplikasi, namun yang terbukti berhasil adalah Wi-Fi Password Viewer dari SimoneDev. Aplikasi ini tersedia gratis.
  3. Bukalah aplikasi Wi-Fi Password Viewer. Anda akan lihat daftar jaringan hotspot beserta password-nya yang telah tersimpan pada ponsel Anda.

Download: Wi-Fi password viewer

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.