How To

Cara Mudah Memainkan Game Android di PC Anda

Memainkan game Android pada PC tidaklah sulit untuk saat ini. Banyak aplikasi Android Emulator yang bisa Anda gunakan untuk membuat Anda lebih...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 2 views
Cara Memainkan Game Android Pada PC

Memainkan game Android pada PC tidaklah sulit untuk saat ini. Banyak aplikasi Android Emulator yang bisa Anda gunakan untuk membuat Anda lebih nyaman bermain game menggunakan layar besar. Karena sudah kita ketahui bahwa game smartphone mungkin jauh dari level konsol game dan PC. Namun segalanya menjadi lebih baik jika Anda bisa menggunakannya pada PC Anda.

Cara Memainkan Game Android Pada PC
Cara Memainkan Game Android Pada PC

image source

Apalagi dengan banyaknya game yang sudah meluncur tahun ini membuat para penikmat game tentunya semakin ketagihan untuk bermain. Justru dengan menggunakan PC, Anda dapat memanfaatkan keyboard dan mouse atau pengontrol sebagai gantinya dari sentuhan layar Anda yang sudah mulai bosan.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Simulator Android. Meskipun pilihannya agak terbatas, ada beberapa pilihan yang tersedia. Nah, oleh karenanya penulis akan memberikan beberapa aplikasi Android Simulator yang bisa Anda gunakan pada PC Anda.

Cara Mudah Memainkan Game Android di PC Anda

#1 Bluestacks 4 atau MSI App Player

Bluestacks adalah salah satu emulator Android yang bisa Anda gunakan pada PC. Beberapa tahun lalu aplikasi ini menjadi yang pertama popular ketimbang aplikasi lain. Dan bisa dibilang, untuk saat ini tetap menjadi salah satu opsi terbaik yang bisa Anda gunakan. Adapaun versi terbaru hadir kembali pada tahun 2018, yakni Bluestacks 4.

Cara Menggunakannya!

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh dan menginstal Bluestacks dari situs resminya. Bluestacks 4 berjalan pada Android 7.0 Nougat. Kabar baiknya adalah Anda tidak akan mengalami masalah dalam menjalankan sebagian besar aplikasi dan game.

Pertama-tama, Anda harus mendaftar dengan akun Google Anda, seperti yang Anda lakukan pada perangkat Android saat pertama kalinya. Kemudian Anda dapat mendownload aplikasi dari Google Play Store dengan membuka bagian “Koleksiku”. Menu “Game Center” dikemas dengan rekomendasi yang sangat baik, dan Anda juga dapat menelusuri berbagai koleksi dan genre untuk menemukan game terbaik.

Bluestacks juga membuat MSI App Player, yang merupakan emulator luar biasa lainnya. Akan tetapi pada dasarnya sama namun dengan tampilan yang berbeda. Antarmukanya jauh lebih bersih, sehingga akan lebih menyenangkan.

Fitur

Tidak mengherankan, Anda mendapatkan fitur yang identik dengan kedua emulator tersebut. Kontrol game dan pemetaan keyboard dapat Anda sesuaikan. Jadi Anda tidak akan kesulitan mereplikasi pengalaman bermain game pada PC Anda. Kabar baiknya adalah pemetaan keyboard cukup solid bahkan tanpa terlalu banyak mengutak-atik. Mode bawaan untuk pemotretan dan MOBA juga sangat membantu dalam hal ini.

Fitur Multi-instance menambahkan aspek baru ke strategi dan game Gacha dengan memungkinkan Anda memainkan game yang sama dengan banyak akun. Anda juga dapat memainkan game yang berbeda dari “contoh” yang berbeda untuk menghindari kebingungan. Emulator juga hadir dengan fitur perekaman dan tombol screenshot built-in dan mudah pengguna akses.

Sejauh pengaturan berjalan, Bluetacks dan MSI App Player memungkinkan Anda menyesuaikan resolusi layar dari qHD ke Quad HD dan mengatur DPI antara 160 dan 320. Jika perangkat Anda mendukungnya, Anda juga dapat mengubah mode grafis dan mengaturnya untuk menggunakan khusus grafis komputer.

Performa

Emulator dimuat dengan cukup cepat, tetapi meluncurkan game membutuhkan waktu beberapa saat. Namun, begitu itu dimulai, itu berjalan hampir sama seperti pada ponsel.

Meskipun keduanya pada dasarnya sama, namun MSI App Player justru lebih mulus dari keduanya. Game cenderung lebih terasa gagap saat memainkannya pada Bluestacks. Itu mungkin karena antarmuka Bluestacks memiliki banyak hal, walaupun sebenarnya mungkin tidak akan memengaruhi kinerja game. Apa pun itu, Bluestacks dan MSI App Player adalah pilihan yang fantastis jika Anda ingin memainkan game Android pada PC Anda.

#2 Nox Player

Nox Player secara luas dianggap sebagai alternatif yang sangat bagus untuk Bluestacks dan hadir dengan kemampuan serupa. Seperti kompetisinya, Nox Player juga menjalankan Android 7.0 Nougat dan memungkinkan Anda mengunduh game dan aplikasi dari Google Play Store.

Cukup download emulator dari situs web Nox Player dan instal untuk mulai bermain game pada PC Anda. Antarmuka Nox Player mirip dengan yang Anda lihat padatablet Android, meskipun sangat masih versi lama. Layar terbuka dengan beberapa aplikasi “pra-instal” dan dilengkapi dengan tombol navigasi (kembali, beranda, dan aplikasi terbaru) yang terselip pada sudut kanan bawah. Anda akan menemukan Google Play Store di folder “Alat” dan dapat mengunduh apa pun setelah masuk dengan akun Google Anda.

Fitur

Nox Player tidak memiliki sejumlah fitur yang ada pada Bluestacks. Muncul dengan versinya sendiri dari multi-instance, atau Multi-drive dalam kasus ini. Pemetaan keyboard juga bisa Anda sesuaikan. Namun, meskipun Bluestacks telah menyiapkan beberapa profil yang termuat sebelumnya.

Aspek lain dari Nox adalah dengan resolusi layar yang dapat Anda setel ke Full HD maksimum. Anda juga dapat memilih mode kinerja untuk memutuskan seberapa intensif grafisnya.

Performa

Saat pertama kali membuka Emulator ini cukup cepat, akan tetapi membuka game membutuhkan waktu yang cukup lama. Saat bermain game, pada dasarnya tampaknya perlu sedikit waktu untuk bersiap.

Misalnya, ketika Anda bermain sphalt 9 dan akan memulai balapan, kelambatannya sangat terlihat. Namun, itu menjadi lebih baik dengan cepat dan semuanya berjalan lancar seperti yang Anda harapkan setelah balapan mulai berjalan.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.