How To

Cara Mudah Mematikan Komputer Dengan Menggunakan Timer

Cara mematikan komputer tidak harus selalu dengan menekan tombol shutdown. Terlepas dari itu, Anda bisa mematikan komputer menggunakan timer. Selain itu, Anda...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 3 views
Cara Mematikan Komputer Dengan Timer

Cara mematikan komputer tidak harus selalu dengan menekan tombol shutdown. Terlepas dari itu, Anda bisa mematikan komputer menggunakan timer. Selain itu, Anda juga bisa melakukan penjadwalan kapan komputer akan mati secara otomatis setiap saat. Nah, berikut langkah-langkah jika Anda ingin mematikan komputer tanpa menekan tombol shutdown, yakni dengan menggunaka perintah dan juga menggunakan timer.

Cara Mematikan Komputer Dengan Timer
Cara Mematikan Komputer Dengan Timer

image source

Anda tidak memerlukan aplikasi mewah untuk mematikan komputer Anda pada waktu tertentu. Sebuah langkah cepat, Anda bisa menggunakan Command Prompt untuk membuat sistem mati secara otomatis setelah jangka waktu yang ditentukan telah berlalu. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi tertentu untuk melakukan semua tugas tersebut.

Cara Mudah Mematikan Komputer Dengan Menggunakan Timer

Menggunakan Command Prompt

  1. Untuk memulainya, Anda bisa membuka panel Command Prompt terlebih dengan mengetikkan Windows+R, kemudian ketikkan CMD, lalu Enter.
  2. Ketikkan shutdown -s -t [detik] lalu Enter
  3. Anda dapat mengganti bit [detik] dengan berapa pun detik yang Anda inginkan agar komputer bisa mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang ditentukan. Misalnya jika Anda ingin komputer mati dalam waktu 5 menit, jadi Anda perlu memasukkan 300 detik pada bit tersebut.
    – 30 menit: 1.800 detik
    – 1 jam: 3.600 detik
    – 6 jam: 21.600 detik
  4. Jika Anda salah menghitungnya, atau ternyata Anda tidak lagi membutuhkan penghitung waktu untuk mematikan komputer. Maka Anda dapat membatalkannya dengan mengetik: shutdown -a, lalu Enter.

shutdown -a

Menggunakan Shutdown Timer Classic

Jika Anda salah satu pengguna Windows 10, Anda bisa menggunakan aplikasi tidak selalu mengetikkan perintah pada command prompt. Anda bisa memanfaatkan fitur Shutdown Timer Classic open-source, yang tersedia pada GitHub dan Windows Store. Melalui aplikasi ini, Anda akan mendapatkan UI kecil yang berguna untuk menyetel hitung mundur ketika Anda akan mematikan komputer (dalam jam / menit / detik).

Selain itu, Anda bahkan dapat mengunci pengatur waktu ini dengan sandi. Hal ini jika Anda gunakan sebagai cara yang sangat efektif untuk mengeluarkan anak Anda saat bermain game pada komputer.

Namun, yang paling menarik adalah penghitung waktu mundur aplikasi yang tidak dapat dilewatkan. Anda tidak akan terkejut sama sekali ketika sudah waktunya sistem Anda untuk memulai ulang, tidak seperti metode Command Prompt yang hanya akan menutup sistem Anda dengan cara paksa.

Jika Anda menggunakan rute GitHub untuk Shutdown Timer Classic, Anda dapat memilih antara versi aplikasi mandiri atau berbasis penginstal. Jika Anda menggunakan versi aplikasi mandiri, jadi aplikasi ini hanya bisa dipanggil “saat Anda membutuhkan” sehingga Anda tidak perlu menginstal pada sistem Anda.

Menggunakan Task Scheduler

Anda bisa mengaktifkan penjadwalan secara otomatis untuk membuat komputer mati ketika waktunya tiba. Nah, untuk melakukannya, berikut langkah-langkahnya.

Buka Windows Administrative Tools melalui tombol Start

Pilih Windows Adminitrative Tools
Pilih Windows Adminitrative Tools

Pilih Task Scheduler

Pilih Task Scheduler
Pilih Task Scheduler

Pada jendela Task Scheduler ini, Silahkan klik Create Task

Create Task...
Create Task…

Silahkan Isikan nama misalnya “Shutdown Otomatis“. Selanjutnya pada Tab Triggers, pilih New. Disini anda bisa membuat penjadwalan secara otomatis untuk mematikan komputer

Shutdown Otomatis
Shutdown Otomatis
Tab Trigges
Tab Trigges

Tentukan waktu kapan Task ini akan mulai berjalan.

Menentukan Waktu Task
Menentukan Waktu Task

Selanjutnya masuk pada Tab Action. Pilih New untuk membuat aksi yang akan berjalan pada saat waktu telah tiba.

Tab Action
Tab Action

Pada menu Action => Start a Program, kemudian pada kolom Program/Script silahkan lakukan browse hingga Anda menemukan “Shutdown” pada folder System32.

Browse
Browse

Jika sudah, maka kolom tersebut akan berisikan alamat C:\Windows\System32\shutdown.exe kemudian klik Ok

Klik OK
Klik OK

Terakhir klik OK untuk mengaktifkannya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.