How To

Cara Mudah Mematikan Notifikasi WhatsApp Tanpa Menghapus Aplikasi

Sebagian pengguna memiliki keinginan untuk mematikan notifikasi WhatsApp, namun tidak menghapus aplikasi. Hal ini karena merasa terganggu dengan sering masuknya notifikasi yang...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 5 views
Cara Mudah Mematikan Notifikasi WhatsApp

Sebagian pengguna memiliki keinginan untuk mematikan notifikasi WhatsApp, namun tidak menghapus aplikasi. Hal ini karena merasa terganggu dengan sering masuknya notifikasi yang masuk pada aplikasi perpesanan tersebut. Mulai dari Grup, Percakapan Pribadi dan lainnya.

Cara Mudah Mematikan Notifikasi WhatsApp
Cara Mudah Mematikan Notifikasi WhatsApp

image source

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan instan yang paling populer dan mudah untuk digunakan. Namun hanya saja yang terkadang berlebihan terkait soal notifikasinya yang terlalu sering berbunyi. Sehingga kemudian Anda ingin menghentikannya sejenak dari munculnya notifikasi aplikasi tersebut. Karena, tidak mudah bagi Anda untuk menghindar dari mengangkat ponsel ketika nada notifikasi WhatsApp yang sudah dikenal berdengung.

Cara termudah untuk diam-diam adalah dengan mematikan koneksi internet untuk membungkam notifikasi WhatsApp sehingga tidak ada yang menarik perhatian Anda. Namun, Anda berisiko kehilangan pembaruan dari aplikasi penting lainnya, seperti Gmail, Facebook dan lainnya. Nah, pada artikel penulis akan berbagi beberapa opsi untuk mematikan notifikasi WhatsApp sepenuhnya tanpa harus mencopot pemasangan aplikasi.

Ada aplikasi pihak ketiga tertentu yang dapat membatasi akses internet ke beberapa aplikasi seperti WhatsApp pada ponsel Anda. Sehingga tidak ada notifikasi dari aplikasi tersebut yang mengganggu Anda. Misalnya, Google Digital Wellbeing memungkinkan pengguna mengontrol notifikasi dari aplikasi dan membantu mereka membatasi penggunaan aplikasi media sosial. Namun Anda juga perlu berhati-hati, karena beberapa aplikasi pihak ketiga juga dapat menimbulkan risiko keamanan dan data.

Atau, Anda dapat menonaktifkan WhatsApp dengan mengutak-atik pengaturan ponsel Anda.

Cara Mematikan Notifikasi WhatsApp

Matikan Semua Jenis Notifikasi Pada Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama adalah menonaktifkan peringatan notifikasi untuk WhatsApp. Untuk ini, Anda perlu membuka WhatsApp => Pengaturan => Pemberitahuan => dan pilih ‘Tidak Ada‘ di menu Nada pemberitahuan untuk Pesan. Selanjutnya, Anda harus mematikan getaran, pilih “Tidak Ada” pada bagian bawah opsi “Cahaya”, dan matikan Gunakan pemberitahuan prioritas tinggi“. Hal yang sama dapat Anda lakukan untuk pengaturan Grup tepat pada bawah bagian Pesan.

Nonaktifkan Notifikasi dari Pengaturan Android

Sistem Android juga mengirimkan pemberitahuan untuk aplikasi. Jadi untuk benar-benar terputus dari notifikasi aplikasi WhatsApp, Anda perlu mematikan notifikasinya. Caranya adalah masuk ke Pengaturan => Aplikasi dan Pemberitahuan => Aplikasi => Pilih WhatsApp => Pemberitahuan => Matikan “Semua Pemberitahuan WhatsApp” pada perangkat Android Anda.

Cabut Izin dan Nonaktifkan Penggunaan Data Seluler pada Latar Belakang

Langkah ketiga adalah melumpuhkan aplikasi lebih lanjut. Buka Pengaturan => Aplikasi dan Pemberitahuan => Aplikasi => Pilih WhatsApp. Pada bagian bawah Izin, cabut semua izin yang memungkinkan WhatsApp mengakses kamera, mikrofon, dan file pada ponsel cerdas Anda. Ketuk Data Seluler dan nonaktifkan penggunaan data seluler pada latar belakang.

‘Paksa Berhenti’ WhatsApp

Setelah mencabut semua izin dan menonaktifkan penggunaan data seluler pada latar belakang, buka layar sebelumnya, dan ‘Paksa Berhenti‘ aplikasi. Dengan melakukan ini, aplikasi tidak akan berfungsi dan Anda tidak akan mendapatkan notifikasi apa pun. Namun, jika Anda perlu memeriksa pesan pada aplikasi, Anda cukup membuka WhatsApp kembali pada perangkat Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat menghindari notifikasi yang berlebihan pada aplikasi WhatsApp tanpa menghapus aplikasi atau mematikan koneksi internet Anda. Selanjutnya, Anda akan tetap hampir ‘tidak terlihat’ oleh kontak Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.