How To

Cara Mudah Membagikan Lokasi Anda di Google Maps Android dan iOS

Membagikan lokasi pada Maps merupakan salah satu cara untuk memberi petunjuk jalan kepada orang lain. Dengan membagikan lokasi, orang bisa dengan mudah...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 3 views
Cara Membagikan Lokasi Pada Maps

Membagikan lokasi pada Maps merupakan salah satu cara untuk memberi petunjuk jalan kepada orang lain. Dengan membagikan lokasi, orang bisa dengan mudah untuk menemukan suatu tempat, termasuk salah satunya lokasi Anda sendiri.

Cara Membagikan Lokasi Pada Maps
Cara Membagikan Lokasi Pada Maps

image source

Google Maps merupakan layanan pemetaan web yang milik Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda, atau angkutan umum. Kehadiran Google Maps dapat memberikan kemudahan bagi seseorang untuk menemukan sebuah tempat yang akan dikunjungi.

Sekarang ini Google Maps tetap menjadi salah satu aplikasi navigasi terbaik yang bisa Anda dapatkan pada ponsel Android. Walaupun sudah banyak aplikasi lain yang menyerupai Google Maps seperti waze, zenly dan lainnya belum mampu memberikan pengaruh besar kepada pengguna secara umum. Pengguna masih mempercayai Maps sebagai aplikasi navigasi terbaik saat ini.

Selain itu, aplikasi ini tetapi juga berguna sebagai alat sosial lainnya. Misalnya Anda dapat mengirimkan lokasi Anda kepada seseorang untuk mengoordinasikan pertemuan dengan teman atau meyakinkan keluarga bahwa Anda hampir sampai pada tujuan tertentu.

Namun untungnya, prosesnya mudah dan mencakup kontrol privasi untuk membatasi apa yang akan dilihat orang lain. Dari sini penulis akan menunjukkan bagaimana Anda dapat membagikan lokasi Anda pada Google Maps menggunakan ponsel Android dan maupun iOS.

Cara Mudah Membagikan Lokasi Anda pada Google Maps Android dan iOS

Anda kemungkinan besar ingin berbagi lokasi Anda dengan orang-orang tertentu. Berbagi lokasi Google Maps sengaja dirancang terutama dengan mempertimbangkan hal yang pengguna butuhkan. Ada cukup banyak penyesuaian jika Anda ingin membatasi berbagi pada waktu-waktu tertentu. Berikut cara berbagi lokasi Anda dengan kontak pada Android dan iOS.

  1. Masuk pada Google Maps, kemudian ketuk ikon profil Anda pada pojok kanan atas. Pilih Berbagi Lokasi.
  2. Jika ini pertama kalinya Anda lakukan, biasanya Google Maps akan memberikan pengantar dan memungkinkan Anda memilih kontak (ponsel akan meminta Anda untuk memberikan akses ke kontak Anda). Jika tidak, ketuk Bagikan Baru.
  3. Setelah Anda memilih kontak, ketuk durasi untuk memilih berapa lama Anda membagikan info lokasi tersebut. Anda dapat menambah waktu dalam kelipatan satu jam atau memilih hingga tanpa batas kecuali Anda sendiri yang mematikannya.
  4. Google Maps akan menunjukkan status kontak tersebut mulai Anda membagikannya.
  5. Jika Anda ingin berbagi dengan orang lain klik saja tambahkan, ketuk Berbagi Baru, dan ulangi prosesnya.
  6. Untuk berhenti, ketuk status berbagi lalu ketuk Berhenti.

Cara Mudah Membagikan Lokasi Anda pada Google Maps Android dan iOS Menggunakan Aplikasi atau Tautan

Ada kalanya Anda ingin membagikan lokasi Anda pada Android atau iOS melalui aplikasi tertentu, bahkan sebagai tautan. Anda mungkin ingin membagikannya melalui pesan teks atau menyiarkan posisi Anda melalui jejaring sosial lain. Untungnya, berbagi lokasi Google Maps sangat mudah dengan beberapa langkah serupa. Berikut cara membagikan info lokasi menggunakan aplikasi ataupun tautan.

  1. Masuk pada Google Maps, ketuk ikon profil Anda pada kanan atas. Pilih Berbagi Lokasi.
  2. Jika ini pertama kalinya Anda lakukan, Maps akan menampilkan menu kontak yang sama seperti yang disebutkan dalam petunjuk sebelumnya. Selain itu, juga akan memberi Anda opsi untuk membagikan melalui aplikasi atau tautan baik secara langsung atau dengan mengetuk Opsi Lainnya.
  3. Ketuk aplikasi yang ingin Anda bagikan, atau gulir hingga Anda dapat mengetuk Salin Ke (aplikasi Android atau iOS) untuk mendapatkan tautan yang dapat Anda bagikan.
  4. Dalam kedua kasus tersebut, Anda dapat mengetuk Berbagi melalui Tautan untuk menyesuaikan durasi tautan atau menekan Berhenti untuk mengakhiri berbagi.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.