How To

Cara Mudah Membuat File PDF dari Dokumen Microsoft Word

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat file dengan jenis PDF, salah satunya dengan menggunakan Microsoft Word secara langsung. PDF...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 3 views
Membuat File PDF

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat file dengan jenis PDF, salah satunya dengan menggunakan Microsoft Word secara langsung. PDF atau Portable Document Format merupakan sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993. Hal ini untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang lebih mudah.

Cara Mudah Membuat File PDF
Cara Mudah Membuat File PDF

Format PDF bisanya banyak orang menggunakannya ketika akan melakukan presentasi dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Sebagai kelebihan Anda menggunakan file PDF adalah tidak bisa diedit. Jadi file yang telah Anda rubah formatnya menjadi jenis file ini akan lebih aman terutama ketika Anda mengirimkannya kepada orang lain.

Fungsi dan Kemudahan Menggunakan File PDF

PDF merupakan format yang sering digunakan dalam membuat dokumen penting yang sifatnya rahasia. Namun, secara umum PDF memiliki beberapa fungsi yakni:

  1. Menyimpan dokumen teks;
  2. Membuat dan menyimpan sebuah dokumen yang berisi teks, gambar, dan link;
  3. Mengirim dokumen yang sudah jadi atau dalam bentuk baku (tidak dapat diubah).

Lalu bagaimana cara Anda membuat dokumen PDF tersebut? Nah, dalam kesempatan yang baik ini, penulis akan berbagi cara bagaimana membuat PDF secara langsung dengan menggunakan Microsoft Word atau tanpa bantuan aplikasi konverter lain.

Cara Mudah Membuat File PDF dari Dokumen Microsoft Word

Microsoft Word merupakan jenis program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office. Program ini berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata meliputi membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Perangkat lunak pengolah kata atau word processing adalah program yang berguna untuk mengolah dokumen berupa teks misalnya surat, kertas kerja, brosur, kartu nama, buku, jurnal, dan lain-lain.

Lantas, bagaimana cara Anda mengkonversi jenis file Ms. Word menjadi PDF secara langsung dari lembar kerja Ms. Word Anda? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Buka lembar kerja Microsoft Word dari perangkat Anda (Anda harus menggunakan Ms. Word 2010 atau yang lebih tinggi). Jika Anda masih menggunakan Ms. Word 2007 atau yang lebih rendah, maka Anda tidak bisa melakukannya.
  2. Untuk membuat dokumen tersebut menjadi Format PDF, maka klik opsi File pada pojok kiri atas lembar kerja Ms. Word, lalu Export.
  3. Selanjutnya Anda dapat memilih Create PDF/XPS untuk membuat dokumen Anda berubah menjadi format PDF. Perlu Anda ingat bahwa, jenis dokumen yang sudah Anda buat dengan format PDF, maka tidak bisa mengeditnya.
  4. Masukkan nama file PDF Anda, lalu klik Simpan.

Nah, sekarang file Anda sudah berubah menjadi file PDF dan Anda bisa mengirimkannya kepada rekan kerja atau orang lain.

Kendati begitu, meskipun jenis dokumen PDF tidak bisa di edit, namun orang lain masih dapat melakukan copy/paste isi dokumen Anda. Nah, Anda bisa juga mengunci file PDF Anda agar isinya tidak dapat orang copy/paste.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.