How To

Cara Mudah Membuat File ZIP di iPhone atau iPad

Membuat file ZIP secara langsung pada iPhone ataupun iPad bisa menjadi perkara yang sulit jika Anda tidak memahaminya dengan benar. File ZIP...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 8 views
Cara Membuat File ZIP Pada IPhone

Membuat file ZIP secara langsung pada iPhone ataupun iPad bisa menjadi perkara yang sulit jika Anda tidak memahaminya dengan benar. File ZIP ini dengan kata lain mengompres dokumen menjadi file ZIP yang lebih kecil. Hal ini bisa Anda lakukan pada perangkat iPhone atau iPad Anda untuk menghemat ruang.

Cara Membuat File ZIP Pada IPhone
Cara Membuat File ZIP Pada IPhone

image source

Biasanya untuk melakukan tugas ini alias membuat file ZIP dari beberapa file menggunakan PC Windows ataupun macOS. Namun kini menjadi lebih mudah melalui perangkat genggam, yakni menggunakan iPhone ataupun iPad. Namun sebelum masuk lebih jauh, setidaknya Anda perlu memahami tentang apa itu file ZIP dan manfaatnya yang bisa Anda dapatkan.

Secara spesifik mengompresi file dapat membantu Anda menghemat banyak ruang penyimpanan. Ada berbagai cara untuk membuat file ZIP pada iPhone dan iPad Anda. Salah satu metodenya adalah menggunakan fungsionalitas bawaan yang ada dalam iPadOS maupun iOS. Selain itu, Anda juga dapat membuat file ZIP menggunakan aplikasi pihak ketiga jika Anda mau.

Dalam panduan ini, kami akan membahas apa itu file ZIP, cara membuat file ZIP pada iPhone atau iPad, dan menawarkan beberapa aplikasi pihak ketiga yang cocok untuk melakukan tugas yang sama.

Apa itu File ZIP?

Dalam istilah awam, file ZIP adalah arsip yang berisi satu atau beberapa file lainnya. Ini bisa berupa dokumen, gambar, video, dan sebagainya, yang tergabung menjadi satu file tunggal. Salah satu alasan penting untuk zip file adalah untuk menghemat ruang penyimpanan. Alasan lain mengapa Anda mungkin ingin menjadikan file tersebut menjadi ZIP adalah untuk membuatnya mudah ketika membagikan melalui internet.

Meskipun ada berbagai format file terkompresi, ZIP adalah salah satu yang paling umum. Anda akan mengetahui bahwa arsip adalah ZIP jika Anda melihat ekstensi .ZIP.

Cara Membuat File ZIP pada iPhone dan iPad

Anda dapat membuat ZIP file pada iPhone atau iPad menggunakan aplikasi File Manager bawaan perangkat Anda. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka aplikasi File. Apapun namanya baik File Manager, File Explorer ataupun yang lainnya.
  2. Arahkan ke lokasi folder yang berisi file yang ingin Anda zip.
  3. Ketuk menu tiga titik pada kanan atas.
  4. Pilih Select. Ini akan memungkinkan Anda untuk memilih beberapa file sekaligus atau bahkan semua file.
  5. Kemudian ketuk satu atau beberapa file yang telah Anda pilih. Lalu ketuk menu tiga titik pada sudut kanan bawah dan pilih Kompres. File akan segera memulai kompresi.
Membuat File ZIP Di IPhone
Membuat File ZIP Di IPhone

Jika Anda memilih satu file, aplikasi File akan membuat file ZIP dengan nama yang sama dalam folder yang sama. Dan jika Anda memilih beberapa file, arsip baru bernama Archive.zip akan dibuat dalam folder yang sama. Jika Anda ingin mengubah nama arsip, ketuk dan tahan file ZIP, lalu pilih Ganti nama dari pop-up.

Untuk membuka file ZIP, ketuk dan pilih untuk membukanya. Ini akan membuka file ZIP, memperluasnya untuk mengambil jumlah penyimpanan asli lagi. Sayangnya, Anda tidak dapat mengedit atau membuka file ZIP tanpa melakukan UNZIP file terlebih dahulu.

Aplikasi Pihak Ketiga Untuk Membuat File ZIP pada iPhone dan iPad

Sementara aplikasi File menyelesaikan pekerjaan tanpa unduhan tambahan. Namun Anda mungkin juga ingin menggunakan solusi pihak ketiga. Manfaat utama menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah keserbagunaannya. Selain membuat file ZIP, Anda dapat melakukan lebih banyak lagi.

Beberapa aplikasi pihak ketiga terbaik untuk membuat file ZIP pada iPhone termasuk iZip, WinZip, dan Zip & RAR File Extractor. Aplikasi ini memungkinkan integrasi dengan layanan penyimpanan cloud populer, seperti iCloud, Google Drive, One Drive, dan Dropbox. Anda dapat membuka beberapa jenis dokumen menggunakan aplikasi tersebut, dan dengan iZip dan WinZip, Anda juga dapat mengenkripsi file zip saat bepergian.

Buat File ZIP pada iPhone dan iPad untuk Menghemat Ruang Penyimpanan

Mengompresi file mungkin bukan sesuatu yang sering Anda pikirkan. Akan tetapi dapat menghemat ruang penyimpanan Anda pada iPhone atau iCloud Anda. Ini juga berguna jika Anda ingin mengirim banyak file kepada orang lain.

Setelah membuat file ZIP, pastikan untuk menghapus yang asli untuk mengklaim kembali ruang tersebut. File terkompresi hanya akan mengambil sebagian kecil dari ruang aslinya. Kapan pun Anda ingin menggunakan file itu lagi, cukup unzip file terkompresi untuk mendapatkannya.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.