How To

Cara Mudah Membuat Folder Tersembunyi Pada Ponsel Android

Membuat folder tersembunyi memang terkesan aneh pada ponsel Android. Namun tentunya ada beberapa manfaat yang bisa Anda gunakan ketika memiliki folder tersembunyi...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 8 views
Folder Tersembunyi

Membuat folder tersembunyi memang terkesan aneh pada ponsel Android. Namun tentunya ada beberapa manfaat yang bisa Anda gunakan ketika memiliki folder tersembunyi pada ponsel Anda. Folder biasanya berfungsi untuk menampung jenis file yang Anda miliki pada ponsel Anda, baik foto, video ataupun dokumen.

Cara Membuat Folder Tersembunyi
Cara Membuat Folder Tersembunyi

Kehadiran folder dapat mengelola manajemen file Anda menjadi lebih teratur. Sehingga berapapun file yang Anda miliki akan tetap tersusun dengan baik dan mudah Anda temukan ketika mencarinya. Folder tersebut dapat Anda akses melalui file manager pada ponsel Anda. Ada banyak file manager yang bisa Anda gunakan, baik file manager bawaan ponsel maupun file manager yang bisa dengan mudah Anda download melalui Google Play Store.

Pengertian dan Fungsi Folder

Folder merupakan suatu program yang ada pada ponsel dan berguna untuk menyimpan berbagai macam file di dalamnya. Fungsi utama dari folder ialah untuk menyimpan file sekaligus mengelompokkannya menurut jenis file itu sendiri.

Sedangkan fungsi spesifiknya adalah Anda bisa menyimpan file tertentu berdasarkan pengelompokan yang Anda tentukan. Misalnya folder musik yang telah Anda buat yang dikhususkan untuk menyimpan file musik, folder tersebut telah kita beri nama folder Musik. Dan begitulah dengan file-file jenis lainnya, disimpan dalam sebuah folder masing-masing. Maka ketika kita membutuhkan file musik kita tinggal cari saja folder Musik pada ponsel Anda.

Lantas, bagaimana jika Anda ingin membuat folder tersembunyi pada ponsel Anda? Nah, dalam panduan berikut ini penulis akan berbagi cara bagaimana dengan mudah Anda dapat membuat folder tersembunyi pada ponsel Android Anda.

Cara Membuat Folder Tersembunyi

  1. Buka aplikasi pengelola file (file manager) pada ponsel Anda. Lalu cari opsi membuat folder baru (create new folder).
  2. Ketik nama yang ingin Anda gunakan untuk folder tersebut.
  3. Selanjutnya pindahkan berkas penting yang ingin kamu simpan ke folder baru tadi.
  4. Kemudian rename folder tersebut, dan tambahkan titik (.) pada awal sebelum nama folder itu.
  5. Maka folder tersebut beserta isinya kini menjadi tersembunyi dan hilang dari daftar.

Cara Membuka Folder Tersembunyi

Lantas, bagaimana cara Anda membuka ataupun mengakses folder tersembunyi tersebut jika hilang dari daftar file Anda?. Jangan khawatir, berikut ini cara mudah untuk membuka folder tersembunyi tersebut.

  1. Buka aplikasi File Manager pada ponsel Anda, kemudian masuk ke menu setelan (Settings) dalam aplikasi File Manager.
  2. Selanjutnya cari opsi tampilkan folder tersembunyi (Shows hidden folder).

Ingat-ingat jalur (path) di mana Anda membuat folder tersebut. Jika Anda berada pada path yang benar, maka Anda akan mendapati folder tersembunyi yang direpresentasikan sama seperti folder pada umumnya tetapi agak transparan.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Panggilan Grup Di FaceTime

Cara Mudah Membuat Grup di FaceTime

Zack Kamil in How To
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.