How To

Cara Mudah Membuat Rapat di Zoom Menggunakan Ponsel dan Laptop

Ada banyak masalah mengapa Anda tidak bisa membuat rapat pada aplikasi Zoom terutama saat menggunakan ponsel? Sebenarnya tidak ada perbedaan menggunakan Zoom...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 7 views
Cara Membuat Rapat Pada Zoom

Ada banyak masalah mengapa Anda tidak bisa membuat rapat pada aplikasi Zoom terutama saat menggunakan ponsel? Sebenarnya tidak ada perbedaan menggunakan Zoom Meeting pada ponsel maupun pada perangkat lain, seperti PC dan semacamnya.

Membuat Rapat Pada Zoom
Membuat Rapat Pada Zoom

Zoom Meeting merupakan aplikasi video telekonferensi tatap muka virtual yang pertama kalinya populer sejak pandemi bahkan hingga saat ini. Banyak pengguna memanfaatkan Zoom ini untuk mengadakan sebuah kegiatan yang tidak boleh dalam suatu lokasi. Jadi Anda bisa melaksanakannya secara virtual namun dengan tidak mengurangi esensi dari hal yang akan Anda laksanakan. Seperti hal rapat bulanan, rapat kantor bahkan acara kajian ataupun seminar online.

Banyak masalah terjadi saat Anda ingin membuat Rapat pada aplikasi Zoom Meeting. Anda tidak bisa membuat rapat, tidak bisa mengubah ID rapat bahkan tidak masuk sebagai pemilik akun Zoom atau Host. Untuk itu, dalam artikel ini Penulis akan memberikan cara mudah membuat Rapat pada Zoom, baik menggunakan ponsel ataupun PC.

Cara Mudah Membuat Rapat Pada Zoom

Menggunakan Ponsel

Baik menggunakan ponsel Android ataupun iOS, cara ini bisa Anda terapkan pada keduanya.

  1. Pertama, download aplikasi Zoom melalui Google Play Store atau App Store jika Anda pengguna iOS.
  2. Setelah selesai mendownloadnya, buka aplikasi Zoom melalui smartphone Anda (Android/iOS). Pastikan Anda sudah “Sign In” jika sudah memiliki akun Zoom. Apabila belum membuat akun, Anda bisa memilih opsi “Sign Up” terlebih dahulu untuk membuatnya.

Salah satu cara mudah mengetahui, apakah Anda telah login pada Zoom atau tidak melihat beberapa opsi yang tersedia pada halaman utama. Jika Anda login, maka Anda akan melihat menu New Meeting, Join, Schedule, Share Screen.

Sign In Zoom Meeting
Sign In Zoom Meeting

Jika Anda tidak login, maka akan melihat tampilan awal Join a Meeting, Sign Up dan Sign In.

Tidak Sign In
Tidak Sign In

Bagaimana untuk membuat Rapatnya:

  1. Untuk membuat ruang rapat pada Zoom, Anda bisa langsung meng-klik opsi “New Meeting” (ikon video berwarna orange) pada bagian kiri atas layar, yang sejajar dengan opsi “Join”, “Schedule”, dan “Share Screen”.
  2. Selanjutnya, Anda akan menjumpai halaman “Start a Meeting“. Pada opsi ini, Anda bisa menentukkan, apakah ingin memunculkan video saat pertama kali bergabung ke dalam panggilan atau tidak.
  3. Jika Ya, Anda cukup menggeser toggle “Video On” ke arah kanan untuk mengaktifkannya.
  4. Setelah itu, klik tombol “Start a Meeting” untuk membuka ruang rapat.

Untuk mengundang partisipan lainnya, Anda bisa langsung menekan opsi “Participants” yang berada pada bagian samping kanan menu “Share”. Kemudian Anda bisa membagikan detail ruang rapat tersebut kepada kerabat via Messages, Gmail, Outlook, Zoom Contacts, atau lewat sebuah Link.

Menggunakan PC/Laptop

Cara ini kurang lebih sama dengan Anda menggunakannya pada ponsel, hanya saja jika menggunakan PC akan lebih leluasa dalam mengelola rapat Anda.

  1. Pastikan aplikasi Zoom sudah terinstal pada perangkat Anda (PC/Laptop). Selanjutnya, Anda dapat melakukan login ke dalam akun yang Anda miliki.
  2. Kemudian, buka aplikasi Zoom, lalu pilih ikon “New Meeting” yang muncul pada halaman utama.
  3. Untuk mengundang partisipan lainnya, Anda bisa langsung menekan opsi “Participants” pada menu yang tersedia pada bagian bawah.
  4. Anda dapat membagikan detail ruang rapat tersebut kepada kerabat via e-mail atau platform lain dengan cara meng-klik tombol “Invite“.
  5. Selain itu, Anda juga dapat membagikan ruang rapat ini melalui sebuah link.

Untuk mendapatkan hasil video yang lebih jernih saat menggunakan Zoom pada PC, Anda dapat menjadikan Kamera ponsel menjadi Webcam saat melakukan Zoom Meeting.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.