How To

Cara Mudah Membuat Shortcut Mode Tamu Pada Google Chrome atau Microsoft Edge

Membuat shortcut mode tamu pada desktop, akan membuat Anda lebih mudah saat mengaksesnya. Karena biasanya, selama ini banyak pengguna ketika akan mengakses...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 92 views
Cara Membuat Shortcut Mode Tamu

Membuat shortcut mode tamu pada desktop, akan membuat Anda lebih mudah saat mengaksesnya. Karena biasanya, selama ini banyak pengguna ketika akan mengakses mode tamu pada browsernya, harus terlebih dahulu membuka browser dengan profil lain, kemudian baru bisa masuk pada Mode tamu.

Cara Membuat Shortcut Mode Tamu
Cara Membuat Shortcut Mode Tamu

image source

Dalam kesempatan ini, penulis akan memberikan cara yang bisa pengguna lakukan jika akan mengakses mode tamu pada browser Chrome ataupun Edge secara langsung. Jadi saat pertama kali membuka browser akan langsung masuk pada Mode tamu. Chrome dan Edge keduanya memang menawarkan mode tamu yang membuat penjelajahan Anda tetap terisolasi dari profil utama Anda. Nah, untuk menggunakan cara ini, Anda perlu menambahkan pintasannya ke desktop Windows Anda. Sehingga akan membuat Anda ketika membuka mode tamu jauh lebih mudah.

Apa itu Mode Tamu atau Guest Mode Pada Chrome dan Edge?

Mode tamu pada Google Chrome dan Microsoft Edge pada dasarnya adalah profil tamu untuk sesi penjelajahan Anda. Saat Anda menggunakan mode tamu, browser tidak akan memuat profil browser utama Anda (profil yang memiliki riwayat penjelajahan, personalisasi browser, hingga pada daftar bookmark yang pernah Anda simpan sebelumnya).

Kelebihan dari menggunakan Mode ini, ketika Anda keluar dari browser ini, semua penelusuran yang Anda lakukan akan terhapus dari daftar riwayat, jadi secara otomatis, mode tamu ini tidak akan menyimpan riwayat daftar penjelajahan yang Anda lakukan selama Anda menggunakan Mode tamu. Selain itu, daftar file yang Anda unduh juga akan terhapus, meskipun file itu sendiri sebenarnya masih tersimpan pada komputer Anda.

Hal ini juga berfungsi jika ada orang rumah ataupum kantor yang perlu menggunakan browser Anda, jadi Anda dapat menawarkan akses mode tamu kepada mereka sehingga riwayat penjelajahan mereka tidak memengaruhi Anda. Berikut ini cara membuat pintasan/shortcut mode tamu pada Google Chrome dan juga Microsoft Edge.

Cara Membuat Pintasan Mode Tamu Pada Google Chrome

Biasanya, Anda akan mengklik ikon profil Anda pada bilah alat Chrome dan memilih “Tamu” untuk masuk ke mode tamu pada Chrome. Akan tetapi Anda dapat menghilangkan cara ini dengan membuat pintasan desktop yang langsung membuka mode tamu pada browser Chrome.

  1. Untuk menambahkan pintasan ini, buka menu Start Windows dan cari “Google Chrome“. pada bilah pencarian. Kemudian klik kanan browser tersebut pilih “Buka lokasi file“.
  2. Pada jendela File Explorer, klik kanan pada logo Chrome yang dapat dijalankan (chrome.exe) dan pilih Kirim ke => Desktop (buat pintasan).
  3. Klik kanan pintasan “Chrome” yang baru ditambahkan pada desktop Anda dan pilih “Properties“.
  4. Setelah masuk pada jendela Properties, klik tab “Shortcut“. Letakkan kursor Anda setelah semua teks di kolom “Target” dan tekan Spasi. Sekarang ketikkan yang berikut:

–guest

Kemudian klik “Terapkan” dan kemudian “OK” pada bagian bawah untuk menyimpan perubahan Anda. Maka, pintasan mode tamu Anda sekarang sudah siap dan Anda dapat mengganti nama pintasan ini sehingga Anda dapat dengan mudah mengidentifikasinya. Klik kanan pintasan dan pilih “Ganti nama“. Masukkan nama yang bermakna seperti “Mode Tamu Chrome“, lalu tekan “Enter“.

Membuat Pintasan Mode Tamu Pada Chrome
Membuat Pintasan Mode Tamu Pada Chrome

Cara Membuat Pintasan Mode Tamu Pada Microsoft Edge

Proses untuk membuat pintasan mode tamu pada Microsoft Edge hampir sama seperti untuk Chrome.

  1. Untuk memulai, buka menu Start dan cari “Microsoft Edge“. Klik kanan browser tersebut dan pilih “Buka lokasi file“.
  2. Sekarang Anda akan melihat pintasan Edge pada jendela File Explorer. Klik kanan pintasan ini dan pilih “Buka lokasi file” lagi.
  3. Ketika Anda menemukan “msedge.exe“, klik kanan dan pilih Kirim ke => Desktop (buat pintasan). Ini menambahkan pintasan Edge ke desktop Anda.
  4. Selanjutnya buka desktop Anda, klik kanan pintasan “Edge“, dan pilih “Properties“.
  5. Masuk pada pilihan tab “shortcut” pada jendela Properties. Tempatkan kursor Anda setelah teks di kolom “Target” dan tekan Spasi. Tambahkan teks berikut setelah spasi:

–guest

Klik “Apply,” dan kemudian klik “OK” untuk menyimpan perubahan Anda. Anda sudah siap.

Membuat Pintasan Mode Tamu Pada Edge
Membuat Pintasan Mode Tamu Pada Edge

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk Anda.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.