How To

Cara Mudah Membuka Control Panel di Windows 11

Sebagai pengguna Windows 11, ada cara khusus yang dapat Anda lakukan untuk membuka Control Panel. Berbeda dengan Windows 7 sebelumnya, pada Windows...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 15 views
Control Panel

Sebagai pengguna Windows 11, ada cara khusus yang dapat Anda lakukan untuk membuka Control Panel. Berbeda dengan Windows 7 sebelumnya, pada Windows 11 dan 10, opsi Control Panel sedikit tersembunyi sehingga tidak mudah Anda temukan.

Cara Membuka Control Panel Pada Windows 11
Cara Membuka Control Panel Pada Windows 11

Saat Anda ingin mengubah pengaturan pada Windows 11, Anda biasanya membuka aplikasi Pengaturan. Akan tetapi hal itu bukanlah Control Panel yang memiliki peran penting selama banyak tugas konfigurasi pada sistem Windows. Namun begitu Anda tidak perlu khawatir, karena Anda masih tetap bisa mengakses Control Panel dengan beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Nah, berikut ini adalah beberapa cara berbeda yang dapat Anda lakukan untuk meluncurkan Control Panel pada Windows 11.

Fungsi Control Panel pada Windows

Pengertian control panel merupakan bagian dari Microsoft Windows sebagai alat management (management tools). Anda dapat dengan mudah untuk mengelola tugas dan memodifikasi pengaturan pada perangkat keras atau perangkat lunak Anda. Beberapa contoh Control Panel perangkat keras seperti pengaturan display, pengaturan fungsi mouse, keyboard dan printer. Untuk control panel perangkat lunak adalah pengaturan format tanggal dan waktu, menambah dan menghapus program, opsi daya, font serta pengaturan pengguna (user).

Walaupun pada Windows 10 dan 11 opsi ini telah diganti menjadi Pengaturan, namun Control Panel masih memiliki akses yang lebih mudah dalam memodifikasi sistem komputer Anda.

Inilah Beberapa Langkah Membuka Control Panel pada Windows 11

Start Menu

Salah satu cara termudah untuk membuka Control Panel adalah dengan menggunakan menu Start. Pada Windows 7, ketika Anda membuka Start, akan langsung muncul opsi Control Panel pada bagian kanan. Namun Pada Windows 11, klik tombol Start pada bilah tugas Anda dan ketik “control panel.” Klik ikon “Control Panel” yang muncul dari hasil pencarian untuk membukanya.

Menggunakan Run atau Command Prompt

Anda juga dapat membuka Control Panel dari menu Run. Tekan Windows + R pada keyboard Anda, dan ketika jendela Run muncul, ketik “control“, lalu klik “OK” atau tekan Enter. Demikian pula, Anda dapat membuka Control Panel dari Command Prompt atau Terminal Windows dengan mengetik “control” dan menekan Enter.

Sematkan (Pin) ke Taskbar

Setelah Anda membuka Panel Kontrol menggunakan salah satu metode di atas, ikonnya akan muncul pada Taskbar Anda. Jika Anda ingin menyimpannya, sehingga Anda dapat meluncurkannya dari Taskbar dengan lebih cepat nanti, klik kanan ikon Panel Kontrol dan pilih “Pin to Taskbar.” Lain kali Anda ingin meluncurkan Control Panel, klik ikon di taskbar Anda.

Menambahkan Icon ke Desktop

Anda juga dapat menambahkan ikon desktop khusus untuk Control Panel. Untuk melakukannya, tekan Windows+i untuk membuka Pengaturan, lalu arahkan ke Personalisasi => Tema dan klik “Desktop Icon Settings.” Pada jendela Pengaturan Icon Desktop yang terbuka, beri tanda centang pada sebelah “Control Panel“, lalu klik “OK.” Ikon akan muncul pada desktop Anda. Untuk meluncurkan Control Panel, klik dua kali ikon desktop kapan saja.

Jika Anda masih belum menggunakan Windows 11, berikut cara mudah untuk menginstal Windows 11 pada komputer Anda.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.