How To

Cara Mudah Membuka File ZIP di Ponsel Android

Banyak pengguna merasa kesulitan dalam membuka file ZIP menggunakan ponsel Android. Hal ini karena mereka (pengguna) belum memiliki aplikasi yang mendukung untuk...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 11 views
Cara Mudah Membuka File ZIP Pada Android

Banyak pengguna merasa kesulitan dalam membuka file ZIP menggunakan ponsel Android. Hal ini karena mereka (pengguna) belum memiliki aplikasi yang mendukung untuk file ZIP tersebut. Sebagian besar ponsel Android yang lebih lama memang tidak mendukung secara default untuk membuka file ZIP, kecuali mereka menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Cara Mudah Membuka File ZIP Pada Android
Cara Mudah Membuka File ZIP Pada Android – source

Mengubah format file menjadi ZIP memiliki banyak manfaat. Berkat keunggulan yang diberikan format ZIP, kompresi file menjadi hal yang umum, terutama jika melibatkan ukuran file yang besar. Dari waktu ke waktu, Anda mungkin perlu mengunduh aplikasinya untuk membuka file ZIP pada ponsel Android Anda. Nah, untuk bisa membaca isinya, Anda harus meng-unzip file tersebut terlebih dahulu.

Berikut Cara Membuka File ZIP Pada Ponsel Android

File ZIP adalah arsip yang berisi lebih dari satu file yang sudah dikompresi bersama menggunakan algoritma kompresi. Format ZIP adalah salah satu dari banyak jenis format file terkompresi dan salah satu bentuk file terkompresi paling umum yang Anda lihat. Format file terkompresi umum lainnya termasuk RAR, 7z, dan Gz.

Tidak seperti file pada biasanya yang dapat Anda buka langsung dengan aplikasi yang kompatibel, file terkompresi harus tidak dikompresi sebelum Anda dapat melihat apa yang ada di dalamnya. Artinya Anda perlu membuka kompresi tersebut untuk melihat file-nya.

Cara Mengekstrak File ZIP Pada Ponsel Android:

Untuk meng-unzip atau mengekstrak file ZIP pada Android, Anda memerlukan aplikasi yang menyediakan fungsionalitas seperti itu. Tidak semua pengelola file pada Android dapat melakukannya. Dalam panduan kali ini Anda akan menggunakan Files by Google, yang bisa Anda instal dan download melalui Google Play Store. Namun aplikasi ini biasanya secara default akan terinstal pada Android One, perangkat Android GO, dan seri Pixel Google.

Sebelum Anda mengekstrak file, Anda harus memiliki ruang yang cukup untuk proses ini berlangsung. Tanpa penyimpanan yang memadai, Anda akan menerima pesan kesalahan “memori penuh” terutama jika file yang Anda ekstrak memiliki kapasitas besar.

  1. Download dan instal aplikasi Files by Google dari Play Store jika belum tersedia pada perangkat Anda.
  2. Setelah terinstal, silahkan buka aplikasi, lalu arahkan ke folder yang berisi file ZIP Anda (file ZIP memiliki ekstensi file .ZIP).
  3. Ketuk file ZIP dan pilih Ekstrak dari pop-up untuk memulai proses.
  4. Setelah ekstraksi selesai, aplikasi akan menampilkan daftar pratinjau semua file yang yang sudah Anda ekstrak.
  5. Jika Anda tidak lagi membutuhkan file ZIP, pilih kotak centang Hapus file ZIP dan ketuk Selesai.

Namun berbeda jika Anda menggunakan ponsel Apple, Anda dapat dengan mudah membuka file ZIP dan mengekstraknya langsung tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi Lain untuk Membuka File Zip Pada Ponsel Android

Selain Files by Google, Anda dapat menggunakan aplikasi lain untuk melakukan hal yang sama pada ponsel Android Anda. Berikut daftar aplikasi terbaik kami untuk membuka file ZIP pada Android Anda.

WinZip

WinZip adalah versi seluler dari rekan desktopnya yang terkenal. Aplikasi ini mendukung format file ZIP dan ZIPX, tetapi Anda dapat memilih versi Windows jika Anda memerlukan lebih banyak dukungan format file. Anda juga dapat mengompres dan mengenkripsi file ZIP menggunakan aplikasi, hanya saja fitur ini berbayar.

Fungsi kunci lain yang memberi WinZip keunggulan adalah integrasi dengan tiga solusi penyimpanan cloud paling umum. Mulau dari Google Drive, Dropbox, dan OneDrive. Integrasi ini memungkinkan Anda untuk membuka file ZIP yang tersimpan pada cloud, menyalin file dari cloud ke perangkat Anda, dan menyimpan file Anda ke cloud. Ikuti langkah-langkah ini untuk membuka file ZIP menggunakan aplikasi WinZip.

  1. Buka aplikasi dan pilih Semua File yang Diarsipkan pada layar beranda.
  2. Ketuk menu tiga titik yang berdekatan dengan arsip pilihan Anda dan pilih Unzip.

Download: WinZip

2. ZArchiver

ZArchiver adalah program luar biasa lainnya untuk membuka file ZIP pada ponsel Android Anda. Aplikasi ini mendukung banyak format file terkompresi, dari yang paling umum hingga format yang tidak terlalu umum. Beberapa format file tersebut termasuk 7zip, RAR, RAR5, BZIP2, GZIP, XZ, ISO, dan TAR.

ZArchiver memungkinkan Anda melihat konten arsip pada format tertentu tanpa membuka kompresi. Anda juga dapat membuat arsip yang terenkripsi dengan kata sandi jika Anda mau. Aplikasi ini juga menyertakan dukungan untuk arsip terpisah, meskipun ini tidak tersedia untuk banyak format file.

Proses ekstraksi file menggunakan aplikasi ZArchiver adalah sebagai berikut: tap file ZIP Anda, lalu pilih Extract here atau Extract to. Gunakan Ekstrak… untuk memilih lokasi file yang sudah Anda ekstrak.

Download: ZArchiver

3. RAR

RAR adalah program manajemen file all-in-one lainnya. Dibuat oleh pengembang yang sama dengan WinRAR, aplikasi juga dapat membuka RAR, ZIP, 7Z, ISO, dan jenis file lainnya. Anda juga dapat mengompres file, dalam format file tertentu. RAR dapat melihat arsip ZIP dan RAR tanpa membukanya, dan aplikasi ini ringan dan mudah digunakan.

Aplikasi RAR hadir dengan fungsionalitas tambahan, termasuk kemampuan untuk menguji dan memperbaiki arsip yang rusak. Tetapi seperti pada Windows, fitur perbaikan tidak terlalu dapat diandalkan. Untuk membuka file ZIP menggunakan aplikasi RAR, ketuk dan tahan arsip, pilih antara Ekstrak file ke…, Ekstrak file… atau Ekstrak di sini. Pilih Ekstrak file ke… untuk memilih lokasi pilihan Anda.

Download: RAR

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda dalam memilih aplikasi untuk membuka file ZIP pada ponsel Android Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.